Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Fisik Ayam Aduan Tipe Jalu dan Tipe Pukul Yang Bagus

gambar ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul
Ilustrasi
Onkicau.com – Bagi para penghobi ayam aduan tentunya sudah tidak asing dengan istilah ayam pukul dan ayam jalu (jalon) yang sering digunakan untuk membedakan tipe tarung ayam laga. Untuk membedakan kedua tipe ayam aduan tersebut bisa dilihat dari cara bertarungnya, terutama dari bekas pukulannya.

Pukulan ayam tipe jalu akan meninggalkan bekas luka ditubuh lawannya akibat tusukan jalunya, sedangkan ayam tipe pukul mampu memberikan pukulan telak dibagian vital tubuh lawan seperti kepala, leher, bahu dan persendian sampai menjadi tidak berfungsi atau melemah tanpa menyebabkan luka dari tusukan jalu.

Baik ayam tipe jalu maupun ayam tipe pukul masing-masing memiliki kelebihan dari kemampuan dasarnya tersebut. Keduanya juga sama-sama memiliki potensi besar untuk menjadi petarung yang mematikan sesuai karakter tarung yang dimilikinya.

Untuk memilih ayam aduan yang bagus, baik ayam aduan tipe pukul maupun tipe jalu bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya atau katuranggannya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri ayam tipe pukul yang bagus:

1. Postur tubuh

Ayam aduan tipe pukul harus memiliki tubuh yang kekar dan pukulan yang keras untuk menunjang karakter tarungnya agar dapat menjadi ayam aduan yang mematikan.

2. Bentuk kaki

Ayam tipe pukul juga harus memiliki kaki yang kecil dan pendek serta berpaha panjang. Ketika berdiri tegap kaki ayam terlihat menekuk dengan kuda-kuda yang siap melompat ke atas.

Selain itu, jari-jarinya juga harus berukuran kecil agar pukulannya dapat menembus sampai ke tulang lawan sehingga dapat melumpuhkan lawan dengan cepat.

Sedangkan untuk ayam tipe jalu (jalon) atau yang sering  disebut ayam taji biasanya akan lebih banyak menyerang bagian kepala dan sekitarnya untuk melumpuhkan lawannya dengan cepat. Ayam aduan tipe jalu akan selalu berusaha memukul bagian-bagian vital untuk menjatuhkan lawanya.

Ada tipe ayam jalu superior yang sering memukul lawan meskipun pukulannya tidak selalu akurat (ayam tipe ini banyak ditemui), dan ada juga ayam asor yang hanya memukul sesekali ketika bertarung tapi pukulannya selalu akurat dan sangat mematikan (ayam tipe ini jarang dijumpai).


Berikut ini beberapa ciri-ciri ayam tipe jalu yang bagus:

1. Posisi jalu

Jalu yang di anggap bagus jika posisinya berdekatan dan sejajar dengan jari kelingking, karna ayam aduan pada umunya ketika memukul lawan akan menggunakan bagian tersebut.

Selain itu, jalu ayam aduan yang bagus bentuknya harus lurus, melengkung kebawah atau melengkung kedepan. Jadi sebaiknya jangan memilih ayam aduan yang jalunya mengarah ke atas atau ke belakang.

2. Bentuk jalu

Ayam tipe jalu yang bagus atau yang super biasanya memiliki jalu yang genjah atau subur jalu. Jadi dalam memilih ayam aduan juga perlu mempertimbangkan kekuatan jalunya, jangan memilih ayam aduan yang jalunya terlalu kecil karna biasanya akan mudah lepas ketika terkena benturan keras dan jangan memilih ayam aduan yang jalunya berbentuk pipih.

Jalu ayam aduan yang bagus berbentuk bulat dengan struktur keras dan kokoh serta berukuran sedang atau panjang.

3. Bentuk paha

Ayam aduan tipe jalu cenderung memiliki pukulan ke arah dalam, dan untuk menunjang kemampuannya tersebut ayam tipe jalu harus memiliki pangkal paha yang ramping agar dapat memukul menggunting atau bisa tepat mendaratkan jalunya dengan telak dibagian vital lawan.

4. Tehnik pukulan

Tehnik bertarung ayam tipe jalu dengan ayam tipe pukul sangat berbeda, ayam jalu umumnya selalu memukul menggunakan batang kaki sedangkan ayam pukul umumnya selalu memukul memggunakan jari atau telapak kaki.

Pukulan ayam tipe jalu yang baik adalah pukulan menggunting yang tidak bertabrakan antara kaki karena dapat merusak kakinya atau melukai ayam itu sendiri.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri ayam Bangkok tipe jalu dan tipe pukul yang bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri Fisik Ayam Aduan Tipe Jalu dan Tipe Pukul Yang Bagus"