Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Kekuatan dan Kecepatan Pukulan Ayam Bangkok

gambar orang sedang melatih ayam bangkok
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)
Onkicau.com – Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang paling populer di Indonesia. Ayam ini memiliki kelebihan pada mentalnya yang tangguh dan fisiknya yang kekar.

Banyak para pemain ayam laga yang memilih untuk merawat Ayam Bangkok karena memiliki banyak kelebihan dan terbukti banyak Ayam Bangkok yang menjadi jawara.

Sebagai ayam petarung tentunya Ayam Bangkok harus memiliki stamina yang prima dan pukulan yang mematikan agar bisa menang dalam pertarungan.

Semua penggemar ayam aduan pasti menginginkan ayamnya memiliki pukulan maut yang mematikan sehiggga bisa menang dalam setiap pertandingan.

Ayam aduan yang bisa menjadi jawara rata-rata pasti memiliki pukulan keras dan mematikan serta memiliki gerakan yang cepat sehingga dapat memukul lawan dengan telak.

Agar Ayam Bangkok aduan memiliki stamina yang prima dan pukulan yang mematikan tentunya harus sering dilatih untuk menguatkan nafas dan otot-ototnya serta ketajaman pukulannya.

Setiap pemain ayam aduan tentunya memiliki cara masing-masing untuk membentuk ayam jagoannya agar menjadi jawara, karena latihan yang rutin dan konsisten ditambah perawatan yang tepat merupakan kunci untuk menjadi jawara.


Berikut ini cara melatih kekuatan pukulan Ayam Bangkok agar keras dan mematikan:

1. Menyiapkan Fisik Ayam Bangkok

Sebelum mulai melatih pukulan Ayam Bangkok sebaiknya pastikan dulu kondisi fisik Ayam Bangkok yang akan dilatih tersebut dalam keadaan fit dan prima.

Lakukan perawatan harian secara rutin dan konsisten mulai dari pemberian pakan yang bernutrisi, pemberian vitamin, serta perawatan mandi dan penjemuran secara teratur.

Mandikan Ayam Bangkok setiap pagi sekitar jam 07.00 - 08.00 kemudian dijemur sampai bulu-bulunya kering. Setelah selesai dijemur selanjutnya masukkan Ayam Bangkok ke dalam kandang umbaran minimal selama 2 jam, tapi sebelumnya berikan dulu pakan berprotein tinggi untuk menjaga kondisi fisik dan staminanya.

Lakukan perawatan tersebut setiap hari agar Ayam Bangkok yang akan dilatih tersebut dalam kondisi yang fit dan memiliki stamina yang prima.

2. Pembentukan Otot

Setelah kondisi fisik Ayam Bangkok tersebut prima, tahap selanjutnya adalah membentuk otot-otot tubuhnya. Agar otot-otot tubuhnya lebih mudah dibentuk maka Ayam Bangkom tersebut harus selalu diberikan asupan pakan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Selain itu, Ayam Bangkok juga perlu diberikan vitamin khusus pembentuk otot agar tubuhnya menjadi lebih kekar.

Untuk membentuk otot-otot pada kaki Ayam Bangkok bisa menggunakan barbel khusus ayam yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan ayam. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengikatkan barbel pada kedua kaki Ayam Bangkok. Lakukan latihan beban ini sampai ayam terlihat lelah.

Setelah Ayam Bangkok terlihat kelelahan baru dimasukkan ke dalam kandang yang pendek kira-kira setinggi dadanya. Sandingkan Ayam Bangkok tersebut dengan ayam jago lain atau dengan ayam indukan agar selalu aktif bergerak dan tidak hanya diam dikandang saja.


3. Melatih Kecepatan Pukulan

Setelah otot-otot  Ayam Bangkok menjadi kekar dan keras, tahap selanjutnya yaitu melatih kecepatan pukulannya agar lebih gesit dan memiliki gerakan yang cepat saat menyerang lawan-lawannya.

Untuk melatih kecepatan pukulan Ayam Bangkok bisa dilakkukan dengan melatihnya berenang, jantur ataupun kiter. Latihan berenang sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan kaki dan sayapnya, selain itu juga akan membuat nafas Ayam Bangkok menjadi lebih panjang.

Latihan renang cukup dilakukan seminggu sekali saja, sedangkan untuk jantur maupun kiter bisa dilakukan setiap hari agar Ayam Bangkok memiliki kecepatan pukulan saat bertarung.

4. Melatih Lompatan

Sebelum Ayam Bangkok dibawa ke arena pertarungan sebaiknya latih dulu lompatannya dengan cara memasukkan Ayam Bangkok ke dalam kandang yang tidak ada tutupnya (atapnya) sehingga Ayam Bangkok tersebut bisa melompat keluar kandang. Lakukan terus menerus secara berulang-ulang agar Ayam Bangkok menjadi lincah dan gesit.

Selain dengan memasukkannya kedalam kandang terbuka, ada cara lain untuk melatih lompatan Ayam Bangkok, yaitu dengan melemparkannya ke udara. Lakukan lemparan beberapa kali dalam sekali latihan sampai Ayam Bangkok terlihat kelelahan.

Jika semua tahapan perawatan dan latihan tersebut dilakukan secara rutin dan konsisten, maka Ayam Bangkok yang dilatih tersebut akan memiliki stamina yang prima, daya tahan tubvuh yang kuat dan memiliki pukulan maut yang mematikan sehingga bisa mengalahkan lawan-lawannya di arena pertarungan.


Demikian sedikit informasi tentang cara melatih pukulan Ayam Bangkok aduan agar keras dan mematikan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Melatih Kekuatan dan Kecepatan Pukulan Ayam Bangkok "