Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Jenis Ayam Aduan Terbaik

gambar ayam aduan terbaik
Ilustrasi
Onkicau.com – Ada cukup banyak jenis ayam aduan yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Maraknya hobi ayam laga mengharuskan para peternak terus bereksperimen untuk menghasilkan ayam aduan terbaik yang lebih unggul dari ayam aduan yang sudah ada.

Dulu ayam petarung terbaik adalah jenis ayam Bangkok, tapi sekarang predikat ayam laga terbaik telah bergeser sedikit demi sedikit.

Saat ini ayam aduan terbaik yang di anggap lebih sempurna dibandingkan dengan ayam aduan sebelumnya rata-rata adalah jenis ayam aduan yang dihasilkan dari perkawinan silang dari beberapa trah ayam aduan yang sudah ada sebelumnya.

Contohnya seperti ayam aduan jenis Magon yang merupakan percampuran antara darah ayam Pama dan Saigon, sedangkan ayam Pama merupakan percampuran antara darah ayam Bangkok dan Birma.

Dengan banyaknya persilangan darah seperti ini maka keaslian dari ayam aduan jenis Bangkok mulai luntur, walaupun darah jenis Bangkok masih di anggap sebagai ayam petarung unggul.

Ayam aduan terbaik hasil perkawinan silang yang ada saat ini seperti ayam Magon, ayam Pama dan ayam Pakhoy ternyata semuanya menggunakan darah ayam Bangkok. Maka tidak herah jika kebanyakan orang awam masih menyebut ayam-ayam petarung modern tersebut sebagai ayam Bangkok.

Ayam aduan yang paling diminati oleh para penghobi ayam laga adalah ayam yang dihasilkan dari darah ayam Pama karena memiliki akurasi pukulan dan ketangguhannya yang luar biasa.

Bahkan sebagian besar peternak di Thailand sekarang ini menggunakan darah ayam Pama yang di kawin silangkan dengan berbagai trah sehingga dapat menghasilkan berbagai jenis ayam aduan yang memiliki tehnik bertarung lebih baik dari ayam aduan yang sudah ada sebelumnya.


Berikut ini beberapa contoh pergeseran ciri fisik dan karakter dari jenis ayam Bangkok asli ke ayam-ayam aduan modern yang ada saat ini:

1. Tehnik bertarung

Untuk menghasilkan ayam aduan terbaik yang tangguh tentunya berbagai eksperimen telah dilakukan oleh para peternak untuk mencetak ayam aduan yang sempurna dari segala aspek.

Seiring dengan perkembangan hobi ayam aduan saat ini, ayam aduan yang sulit dikalahkan rata-rata adalah ayam yang memiliki tehnik bertarung yang sulit didekati lawan, karena ayam tersebut akan selalu menjaga jarak dengan lawan sehingga sulit dipukul, tapi begitu ada kesempatan ayam  tersebut akan meluncurkan pukulan cepat dengan akurasi yang tinggi.

Tehnik seperti ini akan sangat merepotkan ayam aduan jenis Bangkok asli yang memiliki gaya bertarung main rapat, pukul rapat, tengok kanan kiri dan nyayap, sehingga banyak ayam Bangkok jawara yang tumbang dalam arena saat berhadapan dengan ayam-ayam laga modern.

2. Bentuk dan warna kaki

Ayam aduan jenis Bangkok asli memiliki jari kaki yang panjang dan kering. Ciri tersebut merupakan tanda ayam Bangkok yang bagus secara umum. Tapi sekarang ini sudah banyak bermunculan ayam aduan dengan bentuk dan sisik kaki yang beragam.

Ayam aduan yang dinilai bagus sekarang ini sudah tidak mementingkan bentuk kaki ataupun sisik kaki lagi, karena banyaknya percampuran darah yang melahirkan ayam unggul akan memunculkan beragam warna dan bentuk sisik kaki.

3. Bentuk dan warna paruh

Secara umum ayam Bangkok asli memiliki paruh yang tebal dan melengkung kebawah dengan warna yang sama dengan warna kakinya.

Tapi sekarang ini banyak ayam Bangkok yang merupakan hasil percampuran dari beberapa trah ayam aduan memiliki bentuk paruh yang sedikit berbeda dari ayam Bangkok asli, yaitu berbentuk lebih lurus dan sedikit meruncing.

Dari banyaknya persilangan berbagai trah ayam aduan tersebut secara umum dapat dilihat adanya perbedaan warna, karakter dan ukuran tubuh.


Berikut ini 9 jenis ayam aduan terbaik yang paling diminati:

1. Ayam Bangkok

Dari sekian banyak ayam aduan yang ada, ayam Bangkok merupakan ayam aduan yang paling populer dikalangan penggemar ayam laga di Indonesia.

Salah satu keunggulan yang dimiliki ayam Bangkok adalah pada mental tarungnya yang sangat tangguh dan berani bertarung sampai mati.

2. Ayam Birma (Burma)

Ayam Birma merupakan jenis ayam laga yang berasal dari Burma (Myanmar). Belakangan ini ayam Birma menjadi sangat populer dan banyak dicari oleh penggemar ayam laga karena ayam ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh ayam laga jenis lainnya.

Dengan ukuran tubuh yang relatif kecil sekitar 2,8 - 3 kg, ayam Birma mampu mengungguli ayam Bangkok dalam teknik bertarung.

Ukuran tubuhnya yang kecil juga sangat berguna ketika berada di arena pertarungan karena dapat bergerak lebih lincah dan gesit untuk menyerang maupun ketika hendak menghindar dari serangan lawan.

3. Ayam Saigon

Ayam Saigon merupakan ayam laga yang dikembangkan di Negara Vietnam melalui proses persilangan. Ayam ini sering disebut juga ayam Bangkok Vietnam.

Ayam Saigon mulai masuk ke Indonesia setelah ayam Bangkok, tapi ayam ini tidak sepopuler ayam Bangkok dan ayam Birma karena peminatnya terbilang sangat sedikit.

Hal itu dikarenakan ayam Saigon memiliki kelemahan saat menyerang lawan, kurang lincah dalam mencari peluang untuk menyerang dan memukul lawan serta memiliki gerakan yang lambat.

Tapi meskipun memiliki banyak kelemahan yang membuat ayam ini kurang diminati, ayam Saigon juga memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam laga jenis lain.

Salah satu keunggulan ayam Saigon yaitu memiliki fisik yang sangat kuat, mulai dari struktur otot-otot tubuhnya dan juga struktur tulang yang sangat kokoh sehingga ayam ini lebih tahan pukul.

Ciri utama dari ayam Saigon yaitu pada bagian leher dan kepalanya tidak ditumbuhi bulu sebagaimana ayam lain pada umumunya.

Selain itu, ayam Saigon juga memiliki bulu ekor yang pendek meskipun bulu dibagian tubuhnya lebat dan panjang seperti halnya ayam-ayam pada umumnya.


4. Ayam Shamo

Ayam ini berasal dari Thailand dan ada juga yang dari Jepang. Di Indonesia ayam Shamo yang berasal dari Thailand lebih populer dibandingkan ayam Shamo yang berasal dari Jepang.

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya,  ayam Shamo bisa dikatakan sebagai ayam super dengan ukuran tubuh mencapai 7 kg dan tingginya bisa mencapai 80 cm. Sedangkan ukuran tubuh ayam laga jenis lain rata-rata hanya sekitar 4 - 5 kg.

5. Ayam Brazil

Ayam Brazil merupakan ayam aduan yang cukup populer dikalangan penggemar ayam laga. Ayam ini sebetulnya merupakan keturunan ayam Shamo asal Jepang yang kemudian dikembangbiakkan di daerah Amerika Selatan.

Dari segi postur tubuh ayam Brazil mirip dengan ayam Pelung yang memiliki postur tubuh tinggi besar. Selain gesit dan lincah ayam ini juga memiliki keunikan dalam hal tehnik bertarung, tapi yang paling menonjol dari ayam Brazil adalah keakuratan serta kecepatan dalam melancarkan pukulan pada lawannya.

6. Ayam Filipina

Ayam Filipina termasuk salah satu jenis ayam aduan yang disukai oleh para penghobi ayam laga. Selain bertubuh kekar, ayam ini juga memiliki bulu yang lebat dengan warna bervariasi, mulai dari merah, hijau, putih, abu-abu dan kuning.

Ada lima jenis ayam Filipina yang banyak dibudidayakan di Indonesia, antara lain:

- Black Bonanza dengan ciri khas memiliki bulu berwarna hitam hampir diseluruh tubuhnya.

- White Claret dengan ciri khas memiliki bulu berwarna putih hampir disekujur tubuhnya.

- Grey Cockfight yang memiliki bulu indah dan dikenal juga sebagai jagoan dalam bertarung.

- Alba dengan ciri khas memiliki bulu berwarna merah hampir disekujur tubuhnya.

- Sweater Roundhead yang memiliki postur tubuh paling tegap dan padat.

7. Ayam Taiwan

Ayam Taiwan memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Bobot tubuh ayam jantan bisa mencapai 7 kg, sedangkan bobot tubuh ayam betina bisa mencapai 5 kg dan tingginya bisa mencapai 85 cm dengan penampilan mirip ayam Shamo tapi lebih besar dan berat.

8. Ayam Pama

Ayam Pama berasal dari Burma yang kemudian dikawin silangkan dengan trah ayam Thailand, ayam Saigon, ayam Pakhoy dan ayam Brazil.

Dari hasil persilangan tersebut setidaknya menghasilkan 5 jenis ayam Pama, yaitu ayam Pama Gostan, ayam Pama Rambong, ayam Pama Mabin, ayam Pama Malow dan ayam Pama Kradungtong.

9. Ayam Pakhoe

Bentuk fisik ini sangat mirip dengan ayam Bangkok Thailand. Ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam asli Malaysia dengan ayam Myanmar, ayam Thailand dan ayam Brazil.

Ayam Pakhoe memiliki postur tubuh yang panjang dengan tulangan yang mendatar dan cenderung menunduk berbeda dengan ayam Bangkok yang memiliki postur tubuh tegap dan gagah. Sedangkan warna bulunya kebanyakan seperti ayam Bangkok.


Demikian sedikit informasi tentang 9 jenis ayam laga terbaik yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "9 Jenis Ayam Aduan Terbaik"