Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan yang tepat untuk Ayam Bangkok pada saat musim hujan

gambar ayam bangkok super
Ayam Bangkok
Onkicau.com – Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang paling populer dan memiliki banyak penggemar, karena selain memiliki kemampuan tarung yang bagus, Ayam Bangkok juga mudah dirawat dan tidak mudah sakit.

Tapi pada saat musim hujan Ayam Bangkok aduan membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit, karena saat musim hujan banyak sekali penyakit musiman yang sering menyerang unggas.


Berikut beberapa tips perawatan untuk Ayam Bangkok aduan pada saat musim hujan:

1. Perawatan mandi dan penjemuran

Pada saat musim hujan Ayam Bangkok aduan tidak perlu dimandikan setiap hari, tapi cukup dimandikan 3 hari sekali jika tidak turun hujan.

Sedangkan untuk penjemuran mutlak dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina Ayam Bangkok aduan. Tapi pada saat musim hujan tentunya hal itu tidak bisa dilakukan setiap hari karena matahari tidak muncul setiap saat.

Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk menjemur Ayam Bangkok pada saat matahari muncul meskipun hanya sebentar dan segera dimasukkan ke dalam rumah ketika hujan turun.

2. Kerodong

Agar Ayam Bangkok aduan tidak kedinginan dan agar bisa istirahat dengan tenang terutama pada malam hari sebaiknya kandangnya di tutup dengan kerodong.

Selain untuk menjaga agar Ayam Bangkok tidak kedinginan, pengerodongan juga dapat mencegah masuknya serangga dan nyamuk.

3. Pemberian pakan dan air minum

Pada saat musim hujan, Ayam Bangkok aduan perlu diberikan pakan tambahan yang dapat menghangatkan tubuhnya, seperti ketan hitam yang sudah ditumbuk agar lebih mudah dicerna dan merica bubuk yang dicampurkan pada pakan utamanya.

Air minumnya juga perlu diganti setiap hari agar tidak terjangkit bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada Ayam Bangkok aduan.


4. Pemberian vitamin

Pada saat musim hujan banyak sekali penyakit musiman yang muncul dan dapat membahayakan kesehatan Ayam Bangkok. Untuk mencegah agar Ayam Bangkok tidak terserang penyakit sebaiknya berikan juga vitamin khusus untuk ayam agar daya tahan tubuh Ayam Bangkok tetap terjaga.

5. Kebersihan kandang

Baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau kebersihan kandang merupakan hal yang harus diperhatikan. Tapi pada saat musim hujan kebersihan kandang perlu lebih diperhatikan karena kelembaban udara yang tinggi akan membuat bakteri, virus dan parasit lebih cepat berkembang jika kandangnya kotor.

Jadi sebaiknya pada saat musim hujan kandang Ayam Bangkok dibersihkan setiap hari agar bersih dan tidak lembab a sehingga Ayam Bangkok yang menempatinya merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit.

6. Pemberian jamu

Untuk menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh Ayam Bangkok aduan pada musim hujan sebaiknya berikan juga jamu tradisional seminggu sekali.

7. Penempatan

Pada saat musim hujan sebaiknya tempatkan Ayam Bangkok aduan didalam rumah atau didalam ruangan tertutup, terutama pada malam hari agar tidak kedinginan.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Ayam Bangkok aduan pada saat musim hujan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan yang tepat untuk Ayam Bangkok pada saat musim hujan"