Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan anakan Ayam Bangkok jantan dan betina yang baru menetas

gambar anakan ayam bangkok
Anakan Ayam Bangkok
Onkicau.com – Ayam Bangkok sangat populer dikalangan penggemar ayam laga di Indonesia, karena ayam jenis ini memiliki kemampuan tarung yang mumpuni.

Banyaknya penggemar Ayam Bangkok tentunya bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan dengan cara menangkarkannya karena peminatnya cukup banyak dan harganya juga cukup mahal, terurama untuk Ayam Bangkok yang kualitasnya bagus.

Sebagian penggemar Ayam Bangkok biasanya lebih suka membeli Ayam Bangkok yang masih kecil (anakan) karena harganya lebih murah dan lebih mudah untuk dibentuk.

Tapi yang menjadi masalah bagi para penggemar Ayam Bangkok, terutama bagi para pemula yaitu untuk membedakan jenis kelaminnya cukup sulit, karena anakan Ayam Bangkok jantan dan betina memiliki penampilan yang hampir serupa.

Untuk membedakan jenis kelamin anakan Ayam Bangkok secara akurat bisa dilakukan dengan metode Feather Sexing dan Vent Sexing. Kedua metode tersebut memiliki tingkat akurasi yang tinggi untuk membedakan jenis kelamin anakan Ayam Bangkok usia satu sampai beberapa hari.


Berikut ini beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin anakan Ayam Bangkok yang baru menetas:
gambar anakan ayam bangkok jantan dan betina
Anakan Ayam Bangkok Jantan & Betina
1. Metode Vent Sexing

Metode Vent Sexing dapat dilakukan dengan cara memeriksa bagian kloaka anak ayam secara langsung dengan cara membukanya. Jika didalam lubang kloaka terdapat benjolan kecil meruncing maka dapat dipastikan jika anakan Ayam Bngkok tersebut berjenis kelamin jantan.

Tapi jika pada bagian dalam kloaka tidak terdapat benjolan dan hanya terlihat lubang kloaka saja maka dapat dipastikan jika anakan Ayam Bangkok tersebut berjenis kelamin betina.

Metode ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi, tapi hanya bisa dilakukan pada anak ayam usia 1 - 2 hari saja.

2. Metode Feather Sexing

Metode Feather Sexing cenderung lebih mudah dilakukan dari pada Vent sexing, karena hanya melihat pada bagian bulu sayap primer dan bulu sayap kecil anakan Ayam Bangkok.

Bulu sayap primer anakan Ayam Bangkok jantan cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat sehingga panjangnya sama dengan bulu sayap kecil (bulu sayap atas).

Sedangkan bulu sayap primer anakan Ayam Bangkok betina, pertumbuhannya cenderung lebih cepat sehingga lebih panjang dari bulu sayap kecil (bulu sayap atas).

Metode tersebut juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi jika dilakukan pada anak ayam usia 1 - 7 hari.


3. Metode lain

- Cara yang pertama

Pegang kulit bagian belakang leher anakan Ayam Bangkok dengan ibu jari dan jari telunjuk kemudian menggantungnya. Jika anakan Ayam Bangkok berontak dan meronta-ronta berarti anakan Ayam Bangkok tersebut berjenis kelamin betina dan jika hanya diam saja berarti anakan Ayam Bangkok tersebut berjenis kelamin jantan.

- Cara yang kedua

Letakkan anakan Ayam Bangkok ditelapak tangan dengan posisi terlentang, kemudian perhatikan apakah pada waktu dibalik (terlentang) anak ayam tersebut berusaha berontak atau hanya diam (menurut) saja.

Jika anakan Ayam Bangkok tersebut berusaha melawan / berontak maka dapat disimpulkan jika anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, tapi jika anak ayam tersebut hanya diam dan menurut berarti berjenis kelamin jantan.

- Cara yang ketiga

Pegang kedua kaki anakan Ayam Bangkok kemudian digantungkan dengan posisi kepala dibawah. Jika saat digantungkan hanya diam dan menurut berarti akanan Ayam Bangkok tersebut berjenis kelamin jantan, tapi jika berontak dan mengepak-ngepakkan sayapnya berarti anakan Ayam Bangkok tersebut berjenis kelamin betina.


Demikian sedikit informasi tentang cara membedakan jenis kelamin anakan Ayam Bangkok yang baru menetas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan anakan Ayam Bangkok jantan dan betina yang baru menetas"