Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengobati Ayam Bangkok Ngorok Menggunakan Bahan Alami

gambar ayam bangkok ngorok
Ayam Bangkok
Onkicau.com – Memelihara Ayam Bangkok memang menyenangkan karena selain bisa menjadi sarana hiburan juga bisa menghasilkan uang, baik dengan cara menangkarkannya atau melombakannya.

Tapi adakalanya juga timbul berbagai masalah ketika merawat Ayam Bangkok. Salah satu masalah yang sering terjadi pada Ayam Bangkok adalah ngorok. Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya inveksi bakteri pada saluran pernafasan Ayam Bangkok.

Penyakit ngorok tidak bisa di anggap sepele karena dapat menurunkan performa Ayam Bangkok aduan di gelanggang pertarungan.

Ayam Bangkok yang menderita penyakit ini akan menjadi mudah lelah karena sulit bernafas akibat adanya lendir didalam kerongkongannya yang menghambat aliran keluar masuknya udara.


Jika Ayam Bangkok mengalami gejala ngorok sebaiknya segera ditangani dengan pengobatan khusus untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan lainnya pada Ayam Bangkok.

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara alami menggunakan obat-obatan tradisional atau menggunakan obat kemasan produksi pabrik.

Resep obat tradisional untuk ayam ngorok ini sudah digunakan sejak jaman dulu oleh para penghobi ayam aduan. Tapi sekarang ini tidak banyak para penghobi ayam aduan yang menggunakan obat tradisional untuk mengobati penyakit ngorok.

Sebagian besar penghobi ayam aduan lebih memilih untuk menggunakan obat kemasan pabrik karena di anggap lebih praktis, padahal khasiat obat tradisional juga tidak kalah dengan obat kemasan pabrik.

Meskipun reaksinya lebih lama dibanding obat buatan pabrik tapi obat tradisional lebih aman digunakan karena tidak menimbulkan efek samping.


Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati Ayam Bangkok ngorok:

1. Daun Sirih
gambar daun sirih
Daun Sirih
Sejak jaman dulu daun sirih memang sudah dikenal sebagai obat untuk menghilangkan lendir, termasuk untuk mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok.

Cara membuatnya:

- Siapkan 5 lembar daun sirih yang masih segar, lebih bagus lagi jika menggunakan daun sirih merah kemudian direbus dengan 1 gelas air bersih.

- Siapkan 1 buah jeruk nipis yang sudah matang kemudian diperas dan di ambil airnya.

- Saring air rebusan daun sirih kemudian dicampur dengan air perasan jeruk nipis.

- Tunggu sampai ramuan tersebut menjadi hangat baru diminumkan pada Ayam Bangkok yang ngorok 2x sehari setiap pagi dan sore.

2. Bawang Putih
gambar bawang putih
Bawang Putih
Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada Manusia dan juga pada hewan, termasuk untuk mengobati ayam ngorok.

Cara membuatnya:

- Siapkan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya kemudian diparut sampai halus dan diperas untuk diambil sarinya.

- Air perasan bawang putih tersebut kemudian diminumkan pada Ayam Bangkok yang menderita sakit ngorok.

- Selain berkhasiat untuk mengobati penyakit ngorok, sari bawang putih juga dipercaya dapat mengobati cacingan dan dapat meningkatkan nafsu makan Ayam Bangkok aduan.


3. Buah Getehan
gambar buah getehan
Buah Getehan
Getehan adalah sejenis tanaman perdu yang banyak tumbuh di semak belukar. Tanaman ini berdaun lebar dan buahnya berwarna merah.

Para penghobi ayam aduan sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati masalah ngorok pada ayam jagoannya karena tanaman ini memang sangat ampuh untuk mengobati penyakit ngorok pada Ayam Bangkok.

Jika buah dari tanaman getehan diberikan pada Ayam Bangkok pada sore hari maka pada pagi harinya Ayam Bangkok yang sakit ngorok akan sembuh. Tapi sayangnya sekarang ini tanaman getehan cukup sulit ditemukan.

Bagian tanaman getehan yang berkhasiat sebagai obat ngorok adalah buahnya yang sudah matang dan berwarna merah darah.

Cara membuatnya:

- Siapkan beberapa butir buah getehan yang sudah matang kemudian ditumbuk sampai halus.

- Setelah ditumbuk sampai menjadi halus kemudian diperas dan diambil sarinya.

- Minumkan sari dari buah getehan tersebut pada Ayam Bangkok yang sakit ngorok.

- Jika belum sembuh, ulangi pemberian ramuan ini sehari sekali pada malam hari.

4. Jahe, Kunyit dan Kencur
gambar jahe, kunyit dan kencur
Kunyit - Jahe - Kencur
Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal jahe, kunyit dan kencur sebagai tanaman obat yang sering digunakan sebagai campuran jamu.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Manusia, bahan-bahan tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati hewan yang sakit termasuk ayam ngorok.

Cara membuatnya:

- Siapkan jahe 1/2 ruas, kencur 1 ruas dan kunyit 1 ruas kemudian ketiga bahan tersebut ditumbuk sampai halus.

- Lolohkan ramuan tersebut pada Ayam Bangkok yang sakit ngorok dan jangan diberikan air minum dulu selama beberapa saat.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati Ayam Bangkok ngorok dengan ramuan herbal yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Mudah Mengobati Ayam Bangkok Ngorok Menggunakan Bahan Alami"