Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Penting Jangkrik Untuk Ayam Laga

gambar ayam bangkok f1 juara
Ayam Bangkok
Onkicau.com – Selama ini jangkrik sudah umum digunakan sebagai extra fooding (EF) untuk burung ocehan karena mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau.

Selain itu, jangkrik juga memiliki banyak manfaat karena kandungan proteinnya cukup tinggi dan tanpa efek samping sehingga bisa menjadikan burung lebih sehat, aktif dan rajin berkicau.

Selain menjadi pakan tambahahan untuk burung kicauan, jangkrik juga sering digunakan sebagai pakan tambahan untuk hewan peliharaan lainnya seperti ikan hias, ayam hutan dan ayam aduan (ayam laga).

Banyak para penghobi ayam aduan dan para botoh yang meyakini bahwa jangrik memiliki banyak manfaat untuk ayam aduan. Oleh karena itulah jangkrik menjadi salah satu menu pakan tambahan yang cocok untuk semua jenis ayam aduan seperti ayam bangkok, ayam birma, ayam saigon dan ayam aduan jenis lainnya.


Berikut ini beberapa manfaat jangkrik untuk ayam aduan:
gambar jangkrik broiler
Jangkrik
1. Mengoptimalkan pertumbuhan

Pemberian jangkrik untuk ayam aduan yang masih berusia muda akan membuat pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Otot-otot dan tulangnya akan cepat mengeras sehingga bobot tubuh ayam akan menjadi lebih ideal dan pembentukan otot-ototnya akan lebih cepat.

Menurut para pemain ayam aduan, jangkrik sangat cocok digunakan sebagai pakan tambahan untuk ayam aduan tipe taji atau tipe jalu.

2. Sebagai sumber protein

Ayam aduan memerlukan energi yang besar untuk menjalani latihan dan pertarungan. Jadi agar kondisi fisik dan staminanya selalu prima tentunya ayam aduan membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, dan salah salah satunya adalah protein hewani yang bisa didapatkan dari jangkrik.

Jangkrik sangat bagus diberikan sebagai pakan tambahan untuk ayam aduan karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan tanpa efek samping.


3. Menjaga stamina ayam aduan

Jangkrik dipercaya banyak mengandung berbagai macam hormon seperti hormon progesterone, estrogen dan testoteron. Hormon-hormon tersebut sangat berguna untuk menjaga stamina, mental dan kondisi fisik ayam aduan.

4. Merangsang mental fighter ayam aduan

Dikalangan penggemar ayam aduan ada kepercayaan jika ayam sering diberi pakan berupa binatang hidup maka akan menjadi lebih galak dan agresif. Jadi sebaiknya jangkrik diberikan pada ayam aduan dalam keadaan hidup agar ayam berusaha untuk mengejar dan memakannya. Hal itu dapat merangsang naluri berburunya agar menjadi lebih agresif dan dapat menghilangkan stress.

5. Menguatkan tulang serta menyehatkan kulit dan bulu

Jangkrik juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang ayam aduan. Selain itu, kandungan minyaknya juga dapat membuat kulit ayam menjadi lebih sehat dan bulu-bulunya menjadi lebih mengkilap.

Pemberian jangkrik secara teratur akan membuat ayam aduan menjadi lebih sehat dan kuat serta memiliki stamina yang prima sehingga performanya akan lebih maksimal ketika bertanding.


Demikian sedikit informasi tentang manfaat jangkrik untuk ayam aduan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat Penting Jangkrik Untuk Ayam Laga"