Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Merpati Menclok

gambar burung merpati menclok
Ilustrasi Merpati Menclok
Onkicau.com – Burung Merpati yang sering menclok ketika dilombakan tentunya menjadi masalah serius bagi para pemain Merpati. Perilaku negatif tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang terkadang tidak disadari oleh joki atau pemiliknya.

Banyak pemain Merpati khususnya para pemula yang sering melakukan hal-hal yang mungkin di anggap sepele tapi sebetulnya dapat berdampak negatif pada burung Merpati, salah satunya yaitu memegang Merpati yang baru saja terbang dan masih dalam kondisi kelelahan.


Jadi sebaiknya burung Merpati yang baru pulang dalam kondisi kelelahan jangan langsung dipegang karena suhu tubuhnya masih sangat panas dan perlu didiamkan terlebih dulu selama beberapa saat agar suhu tubuhnya menurun.

Atau bisa juga dengan menyemprot kaki dan tulang badan bagian bawah burung Merpati yang baru terbang tersebut agar suhu tubuhnya lebih cepat stabil.

Jika kebiasaan memegang burung Merpati yang suhu tubuhnya masih panas setelah terbang terus dilakukan maka maka hal itu dapat menyebabkan Merpati sering nemplok jika dilepas kembali.

Meskipun ada yang beranggapan bahwa hal itu tidak ada hubungannya tapi nyatanya banyak pemain Merpati yang pernah mengalaminya.


Penurunan suhu tubuh burung Merpati bisa berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lambat tergantung dari metabolisme tubuh dan kekuatan fisik burung Merpati.

Oleh karena itu, jangan segan untuk melarang jika ada orang yang ingin memegang burung Merpati milik kita yang baru saja terbang dengan alasan apapun.

Kerena biasanya Merpati yang bagus akan menarik perhatian orang-orang yang melihat untuk langsung memegangnya karena ingin mengetahui postur tubuh dan rabaannya. Agar mereka tidak tersinggung katakan saja untuk memegangnya nanti jika suhu tubuhnya sudah stabil.

Tapi jika burung Merpati sudah terlanjur memiliki kebiasaan menclok sebaiknya segera di atasi agar kebiasaan buruk tersebut tidak berlanjut.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung Merpati yang suka menclok sewaktu di lepas, antara lain:

1. Ketika burung Merpati sedang giring keras sebaiknya dibiasakan untuk latihan naik - turun.

2. Pasangkan Merpati yang suka menclok dengan Merpati yang tidak memiliki kebiasaan menclok.

3. Sebaiknya hindari melepas Merpati dilokasi yang terdapat banyak pepohonan atau bangunan.

4. Sering mengganti pasangannya.

5. Ludahi kakinya sebelum diterbangkan.


Demikian sedikit informasi tentang penyebab Merpati menclok dan cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Merpati Menclok"