Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Stamina dan Nafas Merpati Lomba

gambar merpati lomba terbang
Burung Merpati

Onkicau.com – Stamina yang prima dan nafas panjang merupakan faktor penting bagi Merpati balap untuk bisa menjuarai lomba. Pada saat terbang, terutama pada saat dilombakan tentunya burung Merpati membutuhkan energi yang besar untuk bisa terbang lebih cepat dan juga untuk menjaga otot-ototnya dari kerusakan akibat kelelahan.

Pada saat kelelahan dan kekurangan oksigen, burung Merpati akan membuka paruhnya dan bernafas lebih cepat karena pada kondisi tersebut burung Merpati membutuhkan asupan energi pada otot-ototnya sehingga memerlukan oksigen yang lebih banyak. Jadi sangat penting untuk melatih nafas burung Merpati agar performanya lebih maksimal.

Jika tujuan merawat burung Merpati untuk dilombakan sebaiknya pilihlah yang memiliki kualitas bagus dan bakat dari lahir, termasuk yang memiliki nafas panjang.

Untuk memilih burung Merpati yang memiliki nafas panjang bisa dilihat dari pangkal lehernya yang besar serta memiliki pinggang besar dan berisi.

Pangkal leher yang besar dan pinggang yang berisi merupakan ciri-ciri Merpati yang bagus karena hal itu menandakan jika burung Merpati tersebut memiliki ukuran kantong udara yang besar.

Kantong udara adalah organ yang dimiliki burung untuk membantu dalam bernafas ketika terbang. Burung Merpati yang memiliki kantong udara besar tentu akan lebih kuat ketika terbang.


Nafas yang kuat, panjang dan tahan lama tentunya sangat penting bagi Merpati lomba karena semakin panjang dan kuat nafasnya maka akan semakin besar pula asupan energi untuk terbang.

Dengan begitu, jarak terbangnya bisa semakin jauh, frekuensi lepasan bisa bertambah dan diharapkan bisa menambah kecepatan terbangnya sehingga peluang untuk menjadi juara ketika dilombakan semakin besar.

Kualitas burung Merpati, termasuk kekuatan nafasnya juga dipengaruhi oleh faktor genetik (bakat) yang diturunkan oleh kedua indukannya.

Merpati yang memiliki bakat nafas bagus biasanya ditandai dengan bentuk tubuh yang njantung dengan pinggang yang lebar dan berisi. Ciri fisik tersebut menandakan besarnya pundi-pundi udara pada burung Merpati tersebut.

Pundi-pundi udara atau air sac merupakan salah satu organ yang digunakan burung untuk membantu bernafas ketika terbang. Organ pundi-pundi udara yang besar, sehat dan baik tentunya akan membantu proses pernafasan burung Merpati sehingga bisa lebih kuat dan panjang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih nafas Merpati agar lebih kuat dan panjang, mulai dari memberikan perawatan yang tepat seperti pemberian pakan yang berkualitas, pemberian suplemen tambahan atau jamu serta melakukan latihan secara rutin dan konsisten.


Berikut ini cara melatih nafas burung Merpati agar lebih panjang dan kuat:
1. Latihan fisik

Salah satu cara untuk melatih nafas panjang Merpati adalah dengan latihan fisik. Latihan fisik perlu dilakukan secara rutin dan bertahap untuk melatih stamina dan nafas Merpati balap, karena semakin kuat otot-otot tubuhnya maka akan semakin efisien oksigen yang digunakan dalam pembakaran energi, sehingga burung Merpati tidak akan cepat lelah karena sudah terbiasa melakukan latihan fisik.

Untuk melatih nafas Merpati balap bisa dimulai dari jarak dekat terlebih dahulu, kemudian mundur sedikit demi sedikit sampai jarak tertentu. Dalam melakukan latihan sebaiknya jangan terlalu diforsir karena jika terlalu dipaksakan dapat mengakibatkan kerusakan pada otot-otot Merpati.

2. Penjemuran

Penjemuran sangat bermanfaat untuk kesehatan burung Merpati. Selain itu, penjemuran juga bermanfaat untuk melatih ketahanan fisik dan melatih nafasnya.

Waktu terbaik untuk menjemur burung Merpati yaitu pada pagi hari sebelum jam 11 karena jika sudah lewat jam 11 siang sinar matahari sudah sangat terik.

Jika rutin dijemur maka ketika dimainkan dilapangan saat cuaca panas Merpati tersebut sudah terbiasa dan tidak merasa kepanasan lagi sehingga performanya bisa lebih maksimal.

Menjemur burung Merpati secara rutin setiap pagi pada terik matahari juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darahnya, karena jika peredaran darahnya lancar maka distribusi oksigen keseluruh tubuhnya menjadi lebih optimal sehingga nafasnya akan semakin panjang dan kuat. Selain itu, sinar matahari pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tulangnya.


3. Pemberian suplemen dan jamu

Selain latihan fisik dan penjemuran, untuk menguatkan nafas Merpati balap juga perlu diberikan suplemen tambahan, bisa menggunakan jamu herbal atau suplemen penambah darah yang banyak tersedia dipasaran seperti sangobion, livron, atau yang lainnya.

Berikan suplemen penambah darah pada saat burung Merpati istirahat (mengeram). Berikan suplemen 2 - 3 kali seminggu secara rutin selama Merpati mengeram. Efek dari suplemen penambah darah ini cukup lama karena menungu matangnya hemoglobin.

Suplemen penambah darah cukup penting untuk diberikan pada burung Merpati karena hemoglobin berperan penting dalam sistem pernafasan, yaitu untuk mengangkut oksigen yang akan disalurkan keseluruh tubuh.

Jika kekurangan hemoglobin biasanya burung Merpati akan cepat lemas, kurang gairah dan tidak bertenaga karena kurangnya asupan oksigen.

Oleh karena itu, suplemen penambah darah termasuk suplemen wajib yang perlu diberikan pada Merpati lomba. Selain suplemen penambah darah, Merpati lomba juga perlu diberikan jamu herbal untuk menambah staminan dan membuka jalur nafasnya.

Jamu merupakan salah satu suplemen yang sering digunakan untuk menunjang kinerja Merpati lomba. Jamu biasanya diberikan sebagai suplemen tambahan agar performa burung Merpati lebih maksimal.

Meskipun sifatnya tidak wajib tapi pemberian jamu pada Merpati lomba dapat menunjang kinerjanya menjadi lebih maksimal. Karena jamu terbuat dari bahan-bahan herbal (alami) sebaiknya diberikan secara rutin dan teratur agar khasiatnya bisa terasa.

Jamu berbeda dengan doping yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Cara kerja doping adalah “memaksa” fisik burung Merpati untuk bekerja keras melebihi batas normalnya. Doping sifatnya instan, begitu diminumkan akan langsung bereaksi, tapi efeknya akan menyebabkan ketergantungan dan akan merusak Merpati secara perlahan.

Jadi sebaiknya hindari penggunaan doping untuk burung Merpati karena akan berdampak negatif dikemudian hari. Untuk memaksimalkan performa Merpati lomba sebaiknya gunakan suplemen yang terbuat dari bahan-bahan alami.


Berikut ini beberapa jenis tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai jamu untuk Merpati lomba agar nafasnya lebih panjang dan staminanya lebih kuat:

1. Temu Kunci

gambar temu kunci
Umbi Temu Kunci

Umbi temu kunci merupakan salah satu bahan herbal alami yang bisa digunakan untuk melonggarkan jalur pernafasan karena dapat meluruhkan dahak, meredakan batuk dan membuka jalur nafas sehingga akan membuat nafas burung Merpati menjadi semakin kuat dan panjang.

Selain itu, temu kunci juga bermanfaat sebagai analgetik dan antipiretik, yaitu pereda nyeri pada sendi atau badan pegal-pegal serta menjaga fungsi ginjal.

2. Cakar Ayam

gambar tanaman cakar ayam
Tanaman Cakar Ayam

Cakar ayam merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki khasiat untuk memperkuat dan memperpanjang nafas burung Merpati.

Tanaman ini berkhasiat untuk menghilangkan panas dan lembab, melancarkan aliran darah, antitoksik, antineoplasma dan menghilangkan bengkak.

Semakin lancar aliran darahnya maka akan semakin bagus pula suplai oksigen keseluruh tubuh burung Merpati sehingga nafasnya menjadi semakin efisien dan lebih panjang.

Cara membuatnya:

Umbi temu kunci atau cakar ayam diparut sampai halus kemudian di ambil airnya. Kemudian air perasan tersebut diberikan pada burung Merpati 1 - 4 kali dalam seminggu. Atau bisa juga dengan dikeringkan dulu kemudian digiling halus untuk digunakan sebagai campuran jamu glintiran yang dicampur dengan bahan lain sesuai kebutuhan.

Pemberian jamu pada burung Merpati fungsinya hanya untuk mengoptimalkan nafas burung Merpati agar lebih kuat dan panjang. Merpati lomba tetap harus diberikan perawatan dan pelatihan secara rutin dan konsisten agar performanya lebih maksimal.

Meskipun suplemen dan jamu sifatnya tidak wajib tapi tetap perlu diberikan untuk mengoptimalkan keseluruhan dari hasil latihan yang telah dilakukan dan mengoptimalkan bakat yang ada pada burung Merpati.

Karena jika Merpati sehat maka peredaran darahnya juga menjadi lancar. Jika peredaran darahnya lancar maka proses pengangkutan oksigen dalam darah juga menjadi lancar sehingga nafas burung Merpati menjadi lebih efisien.


Demikian sedikit informasi tentang cara melatih stamina dan nafas burung Merpati agar lebih kuat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Melatih Stamina dan Nafas Merpati Lomba"