Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulihkan Performa Merpati Lomba Yang Menurun

gambar merpati lomba juara nasional
Burung Merpati

Onkicau.com – Para pemain burung Merpati pasti ada yang pernah mengalami saat-saat dimana performa Merpati andalannya menurun. Hal itu sebetulnya wajar terjadi karena burung Merpati adalah mahluk hidup yang kondisi tubuhnya bisa menurun karena tidak fit atau karena sebab-sebab lainnya.

Untuk memulihkan kondisi burung Merpati agar performanya kembali maksimal maka kita perlu mengetahui dulu apa yang menyebabkan performa burung Merpati tersebut menurun agar bisa ditangani dengan tepat dan agar kejadian tersebut  tidak terulang lagi dikemudian hari.

Setelah diketahui faktor penyebabnya, maka kita bisa mulai melakukan terapi dan perawatan khusus untuk mengembalikan kondisi burung Merpati agar kinerjanya kembali maksimal.


Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan performa Merpati lomba menurun:

1. Kualitas pakan yang buruk

Merpati lomba memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap fit dan prima serta untuk menunjang kinerjanya dilapangan.

Jika Merpati lomba diberikan jenis pakan yang kualitas buruk maka akan menyebabkan kondisi fisiknya menjadi kurang prima dan akan mengakibatkan performanya terus menurun.

Khusus untuk Merpati lomba sebaiknya diberikan jagung yang berkualitas baik dan sudah dicuci bersih sebagai pakan hariannya.

Berikan juga pakan tambahan berupa kacang tanah setiap hari minimal 10 butir untuk menambah stamina dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, berikan juga grit untuk membantu proses pencernaannya sekaligus sebagai sumber mineral.

2. Porsi latihan yang tidak tepat

Setiap individu burung Merpati memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh karena itu cara melatihnya dan porsi latihannya juga harus dibedakan sesuai dengan karakternya masing-masing.

Hal itu perlu diperhatikan karena jika porsi latihannya kurang akan menyebabkan stamina burung Merpati menjadi kendor, dan jika porsi latihannya terlalu berlebihan dapat menyebabkan burung Merpati kelelahan dan menyebabkan performanya menurun.

Porsi latihan untuk Merpati lomba memang harus tepat, tidak kurang dan tidak berlebihan agar staminanya tetap terjaga dan performanya bisa maksimal.

Jadi yang perlu dilakukan adalah mengatur porsi latihan dalam setiap set terbangan, jika Merpati sudah kelelahan maka harus segera di istirahatkan dan jangan terlalu di forsir karena dapat menyebabkan staminanya drop.


3. Perawatan yang tidak tepat

Merpati lomba harus mendapatkan perawatan yang tepat dan konsisten untuk menjaga performanya agar tetap stabil. Karena jika perawatannya asal-asalan maka lama-kelamaan performanya akan terus menurun dan bahkan bisa rusak.

Biasanya hal itu sering di alami oleh para pemain pemula yang belum berpengalaman dan belum terlalu paham tentang cara merawat Merpati lomba yang benar, sehingga perawatan yang dilakukan cenderung asal-asalan dan tidak konsisten.

Selain itu, burung Merpati yang tidak pernah di istirahatkan atau selalu dikondisikan giring terus-menerus tanpa pernah istirahat atau bertelur juga akan mengalami penurunan performa karena bagaimanapun juga burung Merpati memiliki siklus giring dan waktu istirahat.

4. Kurang suplemen

Merpati lomba memerlukan asupan nutrisi yang lengkap untuk menunjang kinerjanya, oleh karena itu khusus untuk Merpati lomba perlu diberikan nutrisi tambahan untuk menjaga kondisi kesehatan dan staminanya agar performanya tetap maksimal.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Merpati lomba, salah satu caranya yaitu dengan memberikan suplemen tambahan seperti jamu herbal, vitamin B komplek dan probiotik.


5. Faktor umur

Merpati lomba akan mencapai performa terbaiknya pada usia 2 - 3 tahun dan setelah itu performanya akan terus menurun.

Untuk masalah ini tentunya tidak bisa ditanggulangi karena merupakan kodrat alam. Yang bisa dilakukan hanya memberikan perawatan yang baik dan konsisten serta selalu diberikan pakan bernutrisi untuk menjaga kondisi burung Merpati agar selalu prima.

Dan jika memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilombakan maka burung Merpati yang sudah lanjut usia bisa dijadikan sebagai indukan.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan menurunnya performa Merpati lomba. Tapi selain faktor-faktor tersebut bisa saja ada faktor lain yang menjadi penyebab menurunnya kinerja Merpati dilapangan.

Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab menurunnya performa burung Merpati agar bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.


Terapi untuk memulihkan performa Merpati lomba yang menurun:

gambar merpati balap jawara nasional
Burung Merpati

1. Istirahat total

Jika kondisi burung Merpati sudah terlanjur rusak atau kinerjanya sudah menurun drastis maka untuk memulihkan kondisinya, burung Merpati tersebut harus istirahat total dan di sendirikan (jangan diberikan jodoh atau pasangan) selama satu bulan.

Berikan suplemen tambahan seperti vitamin B komplek, minyak ikan dan probiotik pada burung Merpati yang sedang diterapi tersebut.

Jemur atau umbar burung Merpati tersebut setiap pagi dan setelah selesai segera di masukkan lagi kedalam kandangnya. Biarkan sampai burung Merpati tersebut mulai brancah mencari betina.

2. Meloloh anakan

Meloloh anakan merupakan naluri alami setiap burung Merpati, karena untuk mencapai dewasa biasanya burung Merpati perlu meloloh anakan. Untuk Merpati lomba yang rusak biasanya akan kembali normal setelah meloloh anakan dan beristirahat total.

Waktu yang diperlukan untuk terapi pemulihan ini memang cukup lama karena harus melalui dua tahapan, yaitu meloloh anakan kemudian mengistirahatkannya selama beberapa minggu.

Pada saat meloloh anakan bisa dibiarkan sampai anakannya mandiri atau hanya sampai anakannya berusia 1 - 2 minggu saja. Setelah itu, pisahkan Merpati tersebut dan disendirikan selama satu bulan seperti cara pertama (istirahat total).

Setelah menjalani masa istirahat selama satu bulan dan kondisinya sudah membaik maka Merpati tersebut bisa mulai dijodohkan dengan Merpati betina yang disukainya.


Demikian sedikit informasi tentang cara memulihkan kinerja Merpati lomba yang menurun (rusak) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Memulihkan Performa Merpati Lomba Yang Menurun"