Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Jamu Penambah Stamina Untuk Merpati Balap

gambar merpati balap juara nasional
Burung Merpati

Onkicau.com – Saat ini lomba burung Merpati semakin digemari masyarakat Indonesia, dari mulai anak kecil, remaja sampai orang tua banyak yang memiliki hobi memelihara burung Merpati, khususnya Merpati balap.

Setiap burung Merpati memiliki kemampuan terbang yang berbeda-beda, dan untuk memaksimalkan performanya para penggemar Merpati biasanya akan memberikan jamu atau suplemen khusus untuk meningkatkan stamina burung Merpati terutama pada saat dilombakan.

Kecepatan terbang burung Merpati sebetulnya tidak bisa ditambah lagi karena setiap burung Merpati pasti memiliki batas kemampuan untuk terbang.

Jika Merpati sedang dalam kondisi top perform (kondisi puncak) hanya mampu terbang dengan kecepatan mencapai 100 km/jam, maka kecepatan terbangnya tidak bisa ditambah lagi walaupun diberikan jamu atau suplemen tertentu.


Pemberian jamu dan suplemen serta pelatihan hanya untuk menjaga kondisi fisik burung Merpati agar selalu prima serta untuk meningkatkan staminanya saja, bukan untuk menambah kecepatan terbangnya.

Misalnya saja jika dalam kondisi normal seekor burung Merpati hanya sanggup terbang dengan kecepatan puncak mencapai 100 km/jam untuk 2 kali terbang, tapi jika diberikan jamu dan suplemen maka kemampuannya bisa bertambah menjadi 3 - 4 kali terbang dengan kecepatan yang sama.

Itu artinya, jamu dan suplemen hanya berfungsi untuk menambah stamina saja, bukan untuk menambah kecepatan terbangnya.

Tujuan pemberian jamu dan suplemen adalah untuk menambah tenaga supaya burung Merpati mampu mempertahankan kecepatan puncaknya walaupun sudah terbang beberapa kali.

Contohnya Merpati-A yang dalam kondisi puncak kalah sprint terbang dengan Merpati-B, maka meskipun diberikan jamu dan suplemen tetap akan kalah selama Merpati-B dalam kondisi prima atau top perform.

Yang bisa dilakukan oleh pemilik Merpati hanya menjaga agar performa burung Merpati tetap stabil. Salah satunya yaitu dengan memberikan jamu dan suplemen yang tepat, baik jenis maupun takarannya.

Jadi intinya, burung Merpati berbeda dengan motor balap yang bisa ditingkatkan kecepatannya dengan mengganti komponen-komponennya. Sedangkan burung Merpati hanya akan mentok pada kecepatan tertentu saja dan tidak bisa ditingkatkan lagi.

Pemberian jamu dan suplemen yang tepat serta latihan yang teratur hanya dapat meningkatkan stamina dan nafas panjangnya saja, bukan untuk meningkatkan kecepatan terbangnya.


Berikut ini beberapa jenis jamu dan suplemen untuk meningkatkan stamina Merpati balap:

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

- Telur bebek

- Madu klanceng

- Sarang burung walet

- Kunyit

- Rumput teki

- Jahe

- Kopi

Cara membuatnya:

- Semua bahan-bahan tersebut dihaluskan dan dicampur menjadi satu.

- Aduk-aduk semua bahan yang telah dihaluskan tadi sampai merata dan mengental menjadi adonan.

- Kemudian adonan tersebut dibentuk menjadi butiran-butiran kecil sebesar biji jagung lalu dijemur kira-kira selama 3 hari sampai benar-benar kering.

- Setelah kering kemudian masukkan butiran-butiran jamu tersebut kedalam toples sebagai persediaan dan beri silikon gel (anti jamur) agar jamu racikan tersebut bisa bertahan lama dan tidak berjamur.

- Berikan jamu tersebut ketika burung Merpati akan dilombakan.


Kelebihan jamu tradisional:

Jamu tradisional dibuat menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk burung Merpati walaupun digunakan dalam jangka panjang.

Selain itu, harga jamu tradisional biasanya juga lebih murah dan bisa dibuat sendiri karena bahan-bahannya mudah didapat.

Kekurangan jamu tradisional:

Meskipun sudah banyak yang membuktikan khasiatnya, tapi biasanya pembuatan jamu tradisional tidak melalui penelitian ilmiah dan uji coba di laboratorium, karena penggunaan jamu tradisional hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan biasanya merupakan resep turun-temurun.

Kelebihan suplemen buatan pabrik:

Sebagian penggemar burung Merpati balap lebih memilih menggunakan suplemen buatan pabrik karena lebih praktis dan biasanya juga lebih cepat terasa khasiatnya.

Selain itu, proses pembuatannya juga sudah melalui tahap uji coba di laboratorium sehingga takaran / dosis pemberiannya sudah terukur sesuai perhitungan yang ilmiah.

Kekurangan suplemen buatan pabrik:

Suplemen buatan pabrik kemungkinan mengandung bahan kimia tertentu dan jika digunakan dalam jangka panjang biasanya akan menimbulkan efek samping pada burung Merpati.

Manfaat jamu tradisional dan suplemen buatan pabrik sebetulnya sama saja, yaitu untuk menjaga kondisi fisik burung Merpati agar selalu prima dan untuk menambah stamina burung Merpati.

Bedanya, jamu tradisional dibuat dan diracik secara alami menggunakan bahan-bahan herbal alami tanpa bahan kimia. Sedangkan suplemen produksi pabrik biasanyan mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan efek samping dikemudian hari.


Demikian sedikit informasi tentang cara membuat jamu / suplemen untuk meningkatkan stamina burung Merpati balap yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Membuat Jamu Penambah Stamina Untuk Merpati Balap"