Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ayam Bekisar Agar Suaranya Bagus

gambar ayam bekisar jantan
Ayam Bekisar
Onkicau.com – Ayam Bekisar merupakan hasil persilangan antara ayam hutan hijau atau ayam hutan merah sebagai pejantannya dengan ayam kampung sebagai indukan betinanya.

Ayam Bekisar cukup digemari karena memiliki suara yang khas serta memiliki penampilan dan warna bulu yang indah. Suara dan warna bulunya merupakan perpaduan antara ayam hutan dan ayam kampung.

Ayam Bekisar yang banyak dipelihara adalah yang berjenis kelamin jantan karena suara kokoknya bagus dan penampilannya juga lebih menarik. Sedangkan ayam Bekisar betina tidak bisa berkokok dan warna bulunya juga tidak menarik.

Awalnya ayam Bekisar hanya bisa dijumpai didaerah Kangean, sebuah pulau kecil disebelah timur Pulau Madura yang masih termasuk wilayah Kabupaten Sumenep. Kemudian ayam ini menyebar ke Pulau Madura dan semakin meluas ke berbagai daerah di Tanah Air.

Ayam Bekisar memiliki suara kokok melengking dan sangat keras, bahkan untuk ayam Bekisar yang kualitasnya bagus, suara kokoknya bisa terdengar sampai sejauh 1 mil. Itulah sebabnya kenapa ayam Bekisar memiliki banyak penggemar dan harganya juga tergolong cukup mahal.


Ayam bekisar yang bagus memiliki suara kokok berirama, lurus dan panjang. Suaranya terdiri dari dua bagian, yaitu kokok depan dan belakang.

Suara depan memiliki nada rendah, besar, tebal, panjang dan bersih, sedangkan suara kokok belakang memiliki nada tinggi, tebal, panjang, lurus dan bersih. Kelemahan ayam Bekisar yaitu mudah mengalami stress dan bisa berujung pada kematian.

Untuk menghasilkan ayam Bekisar yang kualitasnya bagus, maka indukannya harus berkualitas karena biasanya anakan ayam Bekisar akan mewarisi kemampuan indukannya.

Salah satu yang harus diperhatikan yaitu indukan betina harus steril atau tidak pernah dikawinkan dengan pejantan lain sebelumnya. Suara indukan betina harus berbunyi kukuruyuk panjang, lurus dan bersih. Hal yang sama juga berlaku untuk indukan ayam hutan jantan yang memiliki suara cekrikek.

Biasanya potensi suara ayam Bekisar akan mulai terlihat pada usia 5 - 6 bulan. Dan pada usia minimal 8 bulan ayam Bekisar bisa mulai dilombakan asalkan mental tarungnya sudah kuat. Suara ayam Bekisar akan mulai matang saat menginjak usia 3 tahun.

Sebetulnya suara asli ayam Bekisar yang alami tidak dapat dilatih tapi hanya dapat di maksimalkan. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten akan membuat kualitas suara ayam Bekisar menjadi lebih bagus.


Berikut cara memaksimalkan kualitas suara ayam Bekisar:

1. Berikan ayam Bekisar air minum secukupnya saja, kira-kira 2 - 3 sendok makan, karena jika air minumnya terlalu banyak bisa berdampak pada kualitas suaranya menjadi tidak jernih.

Suara ayam Bekisar yang tidak jernih ditandai dengan munculnya suara "R" yang dapat mengurangi penilaian pada saat dilombakan.

2. Berikan pakan utama berupa jagung pipilan dan berikan juga pakan tambahan seperti sayuran-sayuran sebagai campuran jagung.

3. Agar suaranya lebih bagus sebaiknya berikan madu murni yang dicampurkan pada air minumnya.

4. Ayam Bekisar juga perlu diberikan jamu atau ramuan dari bahan kencur dan gula Jawa untuk menghilangkan lendir pada tenggorokannya supaya suaranya menjadi lebih plong dan tidak serak.


Harga ayam Bekisar yang memiliki kualitas suara bagus, apalagi yang sudah berprestasi di arena lomba bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Oleh kerena itu, para penggemar ayam Bekisar biasanya akan mencari ayam Bekisar unggul untuk dilombakan.

Suara ayam Bekisar akan terdengar enak jika nada depannya rendah, panjang dan bersih. Suara depannya ditutup dengan nada akhir yang tinggi, panjang dan bersih.

Selain itu, irama lagunya jiga tidak boleh sumbang agar mendapatkan nilai saat dilombakan. Suara depan ayam Bekisar harus memiliki vokal "O", sedangkan suara belakangnya harus memiliki vokal "i".

Terkadang ayam Bekisar yang di unggulkan menjadi jawara belum tentu bisa menang, dan yang tidak di unggulkan terkadang justru menjadi juara. Hal itu disebabkan karena ayam Bekisar yang bersuara bagus dan di unggulkan ternyata tidak mau bunyi pada saat dilombakan.

Oleh karena itu, pemilik ayam Bekisar harus bisa menjaga kondisi ayamnya menjelang lomba agar kondisinya selalu prima, sehingga pada saat dilombakan bisa tampil maksimal.


Demikian sedkit informasi tentang cara merawat ayam Bekisar agar suaranya bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam Bekisar dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Merawat Ayam Bekisar Agar Suaranya Bagus"