Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis pakan dan extra fooding yang cocok untuk ayam bekisar

gambar ayam bekisar kangean madura
Ayam Bekisar
Onkicau.com – Ayam Bekisar cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak penggemar fanatik. Suara kokoknya yang khas dan warna bulunya indah membuat banyak orang ingin memeliharanya, baik untuk klangenan dirumah atau untuk dilombakan.

Ayam Bekisar merupakan hasil perkawinan silang antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina, dimana induk ayam betina akan lebih mendominasi warna bulu pada anakan hasil persilangan, sedangkan suara dan postur tubuhnya lebih didominasi oleh indukan jantan.

Jadi secara umum warna bulu ayam kampung betina akan menentukan warna bulu ayam Bekisar yang akan dihasilkan.


Berikut ini beberapa warna bulu ayam Bekisar yang paling disukai:

1. Ayam Bekisar Kangean (Madura)

Ayam Bekisar jenis ini merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan jantan dengan indukan ayam kampung betina yang warna bulunya satu macam, contohnya: hitam, merah, putih, kuning dan abu-abu.

2. Ayam Bekisar Putih (Jogya)

Ayam Bekisar jenis ini merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan jantan dengan indukan ayam kampung betina yang berwarna putih polos mulai dari paruh hingga telapak kakinya, kecuali bagian jengger, pial dan cupingnya berwarna merah.

3. Ayam Bekisar Hitam (Parakan)

Ayam Bekisar jenis ini merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan jantan dengan ayam kedu hitam betina atau ayam cemani. Ayam Bekisar Parakan biasanya memiliki postur tubuh tinggi, besar, tegap dan berbulu hitam.

4. Ayam Bekisar Multiwarna (Solo)

Ayam Bekisar jenis ini merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan jantan dengan indukan ayam kampung betina berbagai warna yang dipilih sesuai selera sehingga warna bulunya lebih bervariasi dan suaranya sangat nyaring dengan ujung suara meninggi.

Memiliki ayam Bekisar memang menyenangkan, apalagi jika ayam Bekisar yang dipelihara memiliki bulu-bulu yang bagus dan rajin bunyi.

Agar ayam Bekisar selalu sehat dan rajin berkokok tentunya harus diberikan perawatan yang tepat dan konsisten, dari mulai mandi, penjemuran, pemberian pakan dan air minum serta pemberian extra fooding (EF).

Selain diberikan biji-bijian sebagai pakan utamanya, ayam Bekisar juga perlu diberikan extra fooding (EF) untuk memenuhi kebutuhan proteinnya supaya staminanya selalu prima dan rajin berkokok.


Berikut ini perawatan yang tepat untuk ayam Bekisar agar rajin bunyi:

1. Jenis pakan yang bagus untuk ayam Bekisar adalah biji-bijian seperti jagung, beras merah, ketan hitam dan biji-biji lainnya. Selain biji-bijian sebaiknya berikan juga pakan tambahan berupa sayuran-sayuran seperti daun pepaya, tauge dan kangkung untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam Bekisar.

2. Setiap hari ayam Bekisar dimandikan dan dijemur mulai jam 07.00 pagi sampai jam 11.00 siang, dan lebih bagus jika dikerek agar ayam Bekisar terbiasa ketika dilombakan.

3. Berikan extra fooding (EF) berupa jangkrik sebanyak 7 - 10 ekor setelah selesai dijemur.
Jangkrik sangat bermanfaat untuk memaksimalkan performa ayam Bekisar karena berdasarkan penelitian jangkrik mengandung hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. Jangkrik mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya.

Kandungan protein jangkrik juga cukup tinggi, yaitu sekitar 57,32 %. Selain itu, jangkrik juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami.

Sedangkan minyak jangkrik mengandung DHA, ARA, Omega 3 dan Omega 6 yang berfungsi sebagai suplemen untuk membantu dalam pertumbuhan kecerdasan otak.

Karena kandungan gizinya yang tinggi itulah sehingga jangkrik banyak digunakan sebagai pakan tambahan untuk berbagai jenis hewan peliharaan seperti burung ocehan, ayam aduan, ayam hutan, ayam Bekisar, ikan hias dan hewan-hewan peiharaan lainnya. Selain itu jangkrik juga mudah didapatkan dan harganya juga cukup murah.


4. Sediakan tempat untuk kipu (mandi pasir) setidaknya seminggu sekali agar ayam Bekisar mendapatkan mineral alami.

5. Agar suara kokoknya bagus, sebaiknya berikan madu murni yang dicampurkan pada air minum ayam Bekisar seminggu sekali.

6. Agar suara ayam Bekisar lebih nyaring dan jernih, sebaiknya berikan jamu / ramuan dari bahan kencur dan gula Jawa untuk menghilangkan lendir pada tenggorokannya.

Ayam Bekisar perlu diberikan perawatan yang tepat dan konsisten agar selalu sehat dan rajin berkokok. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten maka ayam Bekisar akan selalu sehat dan memiliki stamina yang prima sehingga bisa mengeluarkan suara dengan maksimal.

Suara ayam Bekisar akan terdengar enak jika nada depannya rendah, panjang dan bersih. Suara depannya ditutup dengan nada akhir yang tinggi, panjang dan bersih.

Untuk bisa berkokok seperti itu ayam Bekisar membutuhkan energi yang besar. Agar stamina ayam Bekisar selalu prima, salah satu caranya adalah dengan rutin dijemur dan rutin diberikan jangkrik setiap hari sebagai extra fooding (EF) karena selain bermanfaat untuk membuat ayam Bekisar rajin berkokok, pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan juga dapat menjadikan bulu-bulu ayam Bekisar lebih sehat dan mengkilap.


Demikian sedikit informasi tentang jenis pakan dan extra fooding yang cocok untuk ayam Bekisar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam Bekisar dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis pakan dan extra fooding yang cocok untuk ayam bekisar"