Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan anakan ayam Bekisar jantan dan betina

gambar anakan / kutuk ayam bekisar jantan dan betina
Anakan Ayam Bekisar
Onkicau.com – Ayam Bekisar merupakan hasil perkawinan silang antara ayam hutan hijau jantan dan ayam kampung betina. Ayam ini cukup digemari karena memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang indah serta memiliki suara kokok yang khas.

Postur tubuh ayam Bekisar lebih kecil dibanding ayam kampung jantan tapi lebih besar dari ayam hutan hijau (induk jantannya). Warna bulu dan suaranya merupakan perpaduan antara ayam hutan hijau dan ayam kampung.

Karena merupakan hasil persilangan antara dua jenis ayam yang berbeda, kebanyakan ayam Bekisar mandul (tidak bisa menghasilkan keturunan). Tapi ada juga beberapa ayam Bekisar yang tidak mandul, baik ayam jantan maupun ayam betina jika dikawinkan dengan ayam kampung bisa menghasilkan keturunan.


Ciri-ciri yang paling menonjol dari ayam Bekisar terdapat pada bulu-bulu dilehernya, yaitu pada ujung-ujungnya berbentuk bulat / lonjong (tidak lancip). Jika dibandingkan dengan jago ayam kampung maka akan terlihat jelas sekali perbedaannya.

Ayam jenis lain yang mirip dengan ayam Bekisar adalah hasil persilangan antara ayam Bekisar dengan ayam kampung yang dinamakan Bekikuk.Postur tubuh dan penampilan fisiknya hampir serupa, tapi terkadang pial dan bulu-bulu lehernya saja yang berbeda.

Untuk membedakan ayam Bekisar jantan dan betina dewasa juga sangat mudah karena keduanya memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat berbeda. Yang agak sulit untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam Bekisar karena bentuk fisik dan warna bulunya sekilas masih sama.

Karena tidak mudah untuk membedakan jenis kelaminnya maka banyak yang ragu saat hendak membeli ayam Bekisar anakan (kutuk) karena takut salah beli.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara anakan ayam Bekisar jantan dan betina:
gambar kaki anakan ayam bekisar jantan dan betina
Warna Kaki Anakan Ayam Bekisar Jantan dan Betina
1. Bagian kaki anakan ayam Bekisar jantan berwarna putih (bisa juga putih semu hijau atau kekuningan). Sedangkan kaki anakan ayam Bekisar betina berwarna kehitaman, terutama pada bagian lututnya.

Warna kaki ini merupakan tanda fisik yang paling mudah dikenali untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam Bekisar, tapi cara ini tidak bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam Bekisar hitam karena warna kakinya cenderung sama.

2. Garis dibelakang mata anakan ayam Bekisar yang berjenis kelamin jantan terlihat lebih memanjang kebelakang.

3. Bagian jengger anakan ayam Bekisar yang berjenis kelamin jantan terlihat sempit dan menyembul.

4. Salah satu metode yang cukup efektif untuk mengetahui jenis kelamin anakan ayam Bekisar adalah dengan melihat kloaka (bagian luar dubur), tapi cara ini tentunya membutuhkan pengalaman dan juga perlu perbandingan.

Cara ini dilakukan setelah anakan ayam Bekisar menetas atau paling lambat 36 jam setelah menetas karena pada saat itu anakan ayam Bekisar belum diberi makan dan minum sehingga kloakanya belum mengeras sehingga lebih mudah untuk melakukan seleksi jenis kelamin.

Organ kelamin anakan ayam Bekisar jantan terlihat sangat kecil dan berbentuk seperti kepala jarum. Ciri tersebut dapat terlihat dengan penerangan yang cukup. Sedangkan anakan ayam Bekisar betina tidak memiliki ciri tersebut.


Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam Bekisar melalui kloaka adalah sebagai berikut:
gambar kloaka anakan ayam bekisar jantan dan betina
Ilustrasi
- Pegang anakan ayam Bekisar yang baru menetas dengan tangan kanan.

- Jepit bagian lehernya dengan jari tengah dan jari manis tangan kiri.

- Raba perut bagian bawah dengan ibu jari dan jari kelingking tangan kiri. Jika terasa keras sebaiknya bagian anusnya diletakkan pada wadah penampung kotoran, kemudian punggung anak ayam Bekisar diketuk-ketuk perlahan dengan jari tengah tangan kiri sampai kotoran keluar dan jatuh ke wadah penampung kotoran.

- Kemudian bagian bawah lubang anusnya ditekan dengan ibu jari mengarah ke atas dan jari telunjuk tangan kanan juga diletakkan pada anus.

- Kemudian ketiga jari, yaitu jari telunjuk tangan kanan, ibu jari kanan dan ibu jari tangan kiri digerakkan bersama-sama sehingga anus anakan ayam Bekisar terbuka dan kloaka bagian dalam menonjol keluar.

- Amati bagian kloaka dibawah lampu dan lihat jenis kelaminnya. Jika ada tonjolan sebesar kepala jarum berarti anakan ayam Bekisar tersebut berjenis kelamin jantan.

Untuk mengetahui jenis kelamin anakan ayam Bekisar memang cukup sulit dan merepotkan terutama bagi pemula.

Agar lebih aman sebaiknya belilah anakan ayam Bekisar pada penjual atau peternak yang terpercaya yang berani memberikan garansi pada ayam Bekisar yang dijualnya.

Biasanya penjual yang terpercaya dan bertanggung jawab akan memberikan garansi selama satu bulan karena pada usia tersebut perbedaan fisik antara anakan ayam Bekisar jantan dan betina sudah terlihat cukup jelas.


Demikian sedikit informasi tentang cara membedakan jenis kelamin anakan ayam Bekisar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam Bekisar dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan anakan ayam Bekisar jantan dan betina"