Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Anakan Ayam Bekisar Agar Cepat Besar

gambar ayam bekisar jawara
Ayam Bekisar
Onkicau.com – Ayam Bekisar merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan hijau jantan dan ayam kampung betina sehingga menghasilkan keturunan yang merupakan perpaduan dari kedua jenis ayam tersebut, baik dari fisiknya maupun suaranya.

Ayam Bekisar memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan ayam kampung jantan tapi lebih besar dari ayam hutan jantan. Ayam ini memiliki kelebihan pada bulu-bulunya yang indah serta memiliki suara kokok yang halus dan khas tersusun dari dua nada.

Karena kelebihannya itulah yang membuat ayam Bekisar menjadi sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Para penghobi ayam Bekisar banyak yang lebih memilih untuk memelihara ayam Bekisar dari anakan karena selain harganya lebih murah juga ada kepuasan tersendiri jika bisa merawat ayam Bekisar dari anakan sampai dewasa.


Untuk merawat anakan ayam Bekisar tentunya kita harus cermat dalam memilih anakan ayam Bekisar yang sehat, tidak memiliki cacat fisik dan tentunya yang berjenis kelamin jantan karena hanya ayam Bekisar jantan yang bisa berkokok.

Pilihlah anakan ayam Bekisar yang sudah berumur 1 bulan karena secara fisik sudah agak besar dan sudah cukup kuat dan sebaiknya jangan membeli anakan ayam Bekisar pada saat musim pancaroba karena sangat rawan terserang penyakit.

Meskipun ayam Bekisar merupakan hasil dari penangkaran, tapi ayam ini masih memiliki karakter ayam hutan yang diwarisi dari indukan ayam hutan jantan, sehingga tingkah lakunya masih mirip ayam hutan yang mudah terkejut dan bisa terbang jauh.

Oleh karena itu, ayam Bekisar memerlukan perlakuan khusus dalam perawatan sehari-harinya sejak anakan sampai dewasa.


Berikut ini cara merawat anakan ayam Bekisar agar sehat dan cepat besar:
gambar anakan ayam bekisar
Anakan Ayam Bekisar
1. Menyiapkan Kandang

Pastikan anakan ayam Bekisar yang akan dipelihara sudah divaksin. Sebelum membeli sebaiknya tanyakan dulu pada penjualnya apakah anakan ayam Bekisar tersebut sudah divaksin atau belum. Jika belum divaksin, kita bisa membeli vaksin di toko peternakan / pet shop.

Tempatkan anakan ayam Bekisar didalam box khusus, bisa menggunakan triplek atau kardus. Pasang bohlam lampu 5 atau 10 watt (bohlam kuning) didalam box sebagai penghangat. Box yang digunakan harus berdinding rapat dan bagian atasnya bisa dibuka.

Lampu yang digunakan sebaiknya bisa diatur suhunya dengan cara dijauhkan atau didekatkan. Jika anakan ayam Bekisar tampak menepi dan menempel pada dinding box, berarti anakan ayam Bekisar tersebut merasa kepanasan, jadi sebaiknya lampunya dijauhkan (dinaikkan posisinya).

Dan jika anakan ayam Bekisar tampak bergerombol atau berdesak-desakan dibawah lampu berarti anakan ayam Bekisar tersebut merasa kedinginan, jadi sebaiknya posisi lampunya lebih didekatkan lagi (diturunkan posisinya).

Jika menggunakan box dari kardus, ketika alasnya basah sebaiknya segera diganti dengan yang baru agar anakan ayam Bekisar tetap nyaman dan terhindar dari serangan penyakit. Tapi jika menggunakan box dari triplek cukup dibersihkan saja atau bagian dasarnya dilapisi kertas koran untuk menampung kotoran, jadi jika alasnya kotor atau basah bisa langsung diganti.

Setelah anakan ayam Bekisar berumur 1 bulan bisa mulai dipindahkan ke kandang yang lebih luas agar tidak berdesak-desakan dan agar lebih leluasa bergerak.

Untuk memindahkan anakan ayam Bekisar ke kandang yang baru memerlukan adaptasi dengan mengurangi suhu lampu penghangat sedikit demi sedikit sampai tidak menggunakan lampu penghangat lagi.

Kandang yang baru harus dilengkapi dengan tempat pakan, tempat air minum dan tempat untuk menampung kotoran. Pada malam hari sebaiknya kandangnya dikrakap.

Setelah anakan ayam Bekisar berusia 3 bulan sebaiknya kandangnya mulai dipisah dengan yang lain karena ayam Bekisar memiliki sifat kanibal jika merasa lapar.

Kandang yang akan digunakan harus dalam kondisi bersih dan bebas dari bibit penyakit. Krakap yang digunakan juga harus bersih untuk mencegah masuknya bibit penyakit yang bisa membahayakan anakan ayam Bekisar.


2. Pemberian Pakan dan Air Minum

Untuk anakan ayam Bekisar yang berusia 1 hari sampai usia 2 bulan bisa diberikan pakan berupa voer 521 dengan cara diseduh air hangat. Usahakan tempat yang digunakan untuk menyeduh voer tidak berbahan plastik dan lebih bagus jika menggunakan tempurung kelapa.

Tunggu sampai adonan voer menjadi dingin dulu baru diberikan pada anakan ayam Bekisar. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari sesuai jadwal yang telah ditentukan dan tidak boleh terlambat.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anakan ayam Bekisar bisa diberikan madu murni seminggu dua kali (diminumkan melalui pipet), pisang kepok dan pepaya yang dicacah lalu dicampurkan pada makanannya.

Berikan juga jangkrik sebagai extra fooding (EF) setiap hari sebanyak 3 - 5 ekor. Hindari pemberiaan beras merah sebelum ayam Bekisar mulai berkokok.

Setiap dua hari sekali ayam Bekisar dimandikan dan dijemur selama 30 menit sampai 1 jam atau jika ayam Bekisar sudah terlihat kepanasan segera diteduhkan.

Biasanya pada usia 7 - 8 bulan ayam Bekisar akan mulai belajar berkokok. Pada usia ini hindari pemberian beras merah.

Pemberian beras merah memang akan meningkatkan volume suara ayam Bekisar, tapi jika diberikan secara berlebihan justru bisa berdampak negatif pada pita suara ayam Bekisar dan bisa menyebabkan suaranya pecah / nyeter. Lebih baik berikan pakan campuran voer BR1 dan jagung dengan perbandingan 1:1.

Setelah ayam Bekisar beumur 1 tahun, baru boleh diberikan beras merah dengan perbandingan 1 bagian voer BR1 dengan 1 bagian beras merah (masing-masing setengah genggam).

Agar ayam Bekisar selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit sebaiknya air minumnya selalu menggunakan air yang bersih dan lebih bagus lagi jika menggunakan air matang. Bisa juga ditambahkan suplemen seperti Vitachick.

3. Sanitasi

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam merawat anakan ayam Bekisar karena berkaitan dengan kesehatan ayam Bekisar yang dipelihara.

Jadi sebaiknya bersihkan tempat pakan dan tempat air minumnya setelah digunakan. Selain itu, kotorannya juga harus rutin dibersihkan pada pagi dan sore hari.

Jika ada anakan ayam Bekisar yang sakit atau mati harus segera di ambil dan anakan ayam Bekisar yang masih hidup segera dipindahkan ke kandang lain yang steril.

Kemudian bersihkan dan cuci kandang lama tersebut dengan desinfektan atau air gamping lalu dijemur dibawah terik matahari untuk membasmi virus dan bibit penyakit yang ada dikandang tersebut agar tidak menulari ayam yang masih sehat.


Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan anakan ayam Bekisar agar sehat dan cepat besar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam Bekisar dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips Perawatan Anakan Ayam Bekisar Agar Cepat Besar"