Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Merpati Kolong yang bagus dan prospek

gambar merpati kolong prestasi
Ilustrasi Merpati Kolong
Onkicau.com – Sekarang ini burung Merpati semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama Merpati Kolong (Tinggian), karena selain bisa menjadi sarana hiburan yang positif, hobi Merpati Kolong juga bisa menghasilkan uang jika ditekuni.

Lomba Merpati Kolong lebih mengutamakan kemampuan Merpati jantan untuk adu turun yang diterbangkan dari kejauhan, sedangkan Merpati betina klepekan dipegang untuk memancing Merpati jantan agar turun dari udara.

Burung Merpati yang bisa menjuarai lomba akan mendapatkan berbagai macam hadiah berupa barang-barang mewah dan uang tunai sampai ratusan juta rupiah. Selain itu, harga Merpati yang sudah prestasi juga akan semakin mahal.

Karena alasan itulah yang membuat para penggemar Merpati banyak yang mencoba peruntungan dengan melombakan burung Merpati peliharaannya karena berharap bisa juara dan bisa mendapatkan hadiah.


Tapi tidak mudah untuk menghasilkan Merpati juara karena harus melakukan perawatan yang tepat dan latihan yang konsisten. Selain itu, kualitas burung Merpati juga akan sangat menentukan kesuksesan dalam bermain Merpati Kolong.

Semakin maraknya lomba Merpati Balap Kolongan belakangan ini membuat banyak orang mencari Merpati Balap yang prospek dengan harapan bisa memenangkan lomba.

Tapi masalahnya harga burung Merpati yang sudah prestasi pasti sangat mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Bahkan untuk anakan Merpati trah juara yang masih piyik saja harganya cukup fantastis.

Oleh karena itu sebelum membeli Merpati Balap Kolongan sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri fisik atau katuranggan Merpati Kolong yang bagus agar nantinya tidak mengecewakan.


Berikut ini beberapa ciri-ciri Merpati Kolong yang bagus dan prospek:

1. Pilihlah Merpati Kolong yang bentuk kepalanya panjul (mengerucut) atau bisa juga yang njambe dan ukurannya tidak terlau besar. Bentuk kepala Merpati Kolong yang bagus berbeda dengan Merpati Balap Sprint karena yang bagus justru yang kepalanya besar.

2. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki leher panjang melengkung kedepan atau carilah yang lehernya berukuran sedang tapi sepadan dengan anggota tubuh lainya (proporsional), kokoh dan ketika dipegang akan melongok / memanjang.

3. Pilihlah Merpati Kolong yang matanya berwarna kuning, kuning kemerahan, merah menyala atau mata Jawa dan liplap maupun mata pilo, asal teleng hitam pada mata / pupil kecil bening dan bulat pada saat mbekur, pupilnya akan semakin mengecil juga pada saat terkena cahaya matahari.

Untuk teleng hitam yang pudar, carilah yang warna hitamnya jelas. Tipe Merpati seperti ini biasanya selain bagus untuk Player juga bagus untuk dijadikan pacekan atau materi ternak. Pelupuk mata atau alisnya tipis dan tidak kasar dengan warna segar tidak merah tebal.

4. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki paruh ramping (tipis) seperti paruh burung Derkuku atau Perkutut.

5. Pilihlah Merpati Kolong yang pipi atau mukanya tipis, tidak tembem dan bulu jenggotnya tipis.

6. Pilihlah Merpati Kolong yang hidungnya kecil / pesek, kering, tipis dan memiliki lubang hidung yang kecil serta agak rapat.


7. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki postur tubuh panjang / oval seperti bentuk telur dan saat dipegang terasa empuk. Jika dilihat dari pundak sampai ke pangkal ekornya seperti membentuk segitiga.

8. Pilihlah Merpati Kolong yang punggungnya tegap dengan dada mbilah / membelah berisi gupalan otot, dan pada ujung dada bagian belakang melengkung ke dalam bagian perut.

9. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki sayap rapi dan penjawat panjang seperti bilah pedang serta sejajar dengan ujung ekornya. Bagian tulang sayapnya tebal seimbang kanan dan kiri.

10. Pilihlah Merpati Kolong yang otot sayapnya terasa besar dan elastis saat diraba. Hal itu menandakan jika Merpati tersebut memiliki power yang kuat dalam mengepakkan sayapnya.

11. Pilihlah Merpati Kolong yang ekornya pendek dan jika disejajarkan bulu ekornya menyatu seperti sendok. Untuk burung Merpati yang memiliki ekor panjang, carilah yang sejajar juga dengan sayapnya dan saat digenggam ujung ekor temungkul (rapat). Cari yang ujung ekornya menunjuk ke bawah atau sedikit menyeret / menyentuh tanah.

12. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki kaki kering dengan jari-jari panjang, lentik dan kokoh serta memiliki kuku seperti cakar burung Elang.

13. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki supit udang panjang melengkung, tebal dan menonjol. Jarak antara kedua ujung tulang supit tidak melebihi ruas jari telunjuk dan jika digenggam ujung tulang supitnya akan terasa menempel ditelapak tangan.

14. Pilihlah Merpati Kolong yang memiliki bulu-bulu lembut, halus dan tebal (nyutra). Bulu-bulunya terlihat kering mengkilap seperti berminyak dan jika digenggam terasa licin.

15. Pilihlah Merpati Balap Kolongan yang ketika berjalan tampak seperti mentok atau bebek dan sedikit jinjit dengan telapak kaki belakangnya tidak menempel ke tanah.

16. Pilihlah Merpati Balap Kolongan yang kepakan sayapnya ketika diumbar berbunyi seperti kepakan ayam jago yang akan berkokok walaupun tidak sekeras kepakan ayam jago. Hal itu menandakan kepakan sayap Merpati tersebut bertenaga.


Demikian sedikit informasi tentang tips memilih Merpati Kolong yang bagus dan prospek yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Merpati Kolong yang bagus dan prospek"