Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pakan Yang Cocok Untuk Merpati Kolong

gambar merpati kolong / tinggian
Burung Merpati

Onkicau.com – Merpati balap tinggian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Merpati Kolong merupakan salah satu dari beberapa jenis Merpati balap yang cukup digemari oleh para pecinta burung Merpati di Indonesia.

Lomba Merpati Kolong memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lomba Merpati balap lainnya karena menggunankan empat tiang yang membentuk kubus dan di atasnya dihubungkan dengan tali yang menjadi area perlombaan sebagai syarat sahnya Merpati balap memasuki area finish.

Lomba Merpati Kolong lebih mengutamakan kemampuan Merpati jantan untuk adu turun yang diterbangkan dari kejauhan, sedangkan Merpati betina dipegang untuk memancing Merpati jantan agar turun dari udara dan mendarat.


Hobi Merpati Kolong juga bisa menghasilkan cuan jika ditekuni karena hadiah yang disediakan oleh panitia lomba biasanya cukup menggiurkan.

Burung Merpati yang menjuarai lomba bisa mendapatkan hadiah sampai ratusan juta rupiah. Selain itu, jika sudah berprestasi harga jualnya juga akan melambung.

Tapi tidak mudah untuk menghasilkan Merpati juara karena harus melakukan perawatan yang tepat dan latihan yang konsisten. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi performa Merpati Kolong adalah jenis makanan yang diberikan.

Pakan yang berkualitas mutlak diberikan untuk Merpati Kolong karena merupakan sumber energi untuk menunjang performanya ketika dilombakan, karena asupan pakan yang sesuai akan memperkuat daya tahan tubuh dan stamina Merpati kolong.


Berikut ini beberapa jenis pakan yang bagus untuk menunjang kinerja Merpati Kolong:

1. Jagung

Pada umumnya burung Merpati sangat menyukai biji-bijian seperti jagung. Jagung yang bagus untuk Merpati Kolong adalah jenis jagung Madura atau jagung kristal.

Sepintas jagung ini mirip dengan jagung lain pada umumnya tapi ukurannya lebih kecil. Jenis jagung ini sangat cocok untuk makanan burung Merpati karena ukurannya sesuai dengan paruh burung Merpati.

Jagung bisa diberikan sebagai pakan harian burung Merpati. Lebih bagus lagi jika dicampur dengan jenis pakan lainnya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung Merpati.

2. Voer

Voer atau pelet Merpati terbuat dari biji-bijian yang di olah dengan cara dihancurkan menjadi serbuk lalu dipadatkan kembali. Karena biji-bijian merupakan pakan utama burung Merpati sebaiknya voer hanya diberikan dengan porsi 15 - 25% saja dari asupan pakan hariannya.

3. Beras merah

Beras merah memiliki kandungan vitamin B1 yang berguna untuk meningkatkan stamina, menguatkan organ dan membuat Merpati tidak cepat kelelahan. Burung Merpati yang mengkonsumsi beras merah cenderung lebih aktif dan bertenaga.

4. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, ada juga beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat diberikan sebagai makanan burung Merpati, antara lain:

- Kacang kedelai memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin E.

- Kacang hijau memiliki kandungan protein, mineral dan sumber serat alami.

- Kacang tanah memiliki kandungan protein, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin K.

Porsi pemberian pakan untuk burung Merpati juga harus disesuaikan dengan kebutuhannya karena masing-masing burung Merpati memiliki kebutuhan makan yang berbeda-beda.


Berikut ini kebutuhan pakan burung Merpati sesuai tahapan usianya:

- Untuk Merpati dewasa setidaknya membutuhkan asupan pakan sebanyak 37 gram setiap hari per ekornya.

- Untuk Merpati remaja setidaknya membutuhkan asupan pakan sebanyak 25 gram setiap hari per ekornya.

- Untuk Merpati anakan setidaknya membutuhkan asupan pakan sebanyak 5 - 10 gram setiap hari per ekornya.

Pakan diberikan pada pagi dan sore hari setelah latihan. Jika ada jagung yang terkena kotoran harus diganti karena bisa menyebabkan penyakit pada burung Merpati.

Berikan juga grit atau asinan dicampurkan pada makanannya untuk membantu proses pencernaan sekaligus sebagai asupan mineral dan kalsium. Bisa juga menggunakan cangkang telur atau tulang sotong yang telah dihancurkan.


Vitamin dan mineral juga perlu diberikan agar Merpati Kolong selalu dalam kondisi prima, terutama setelah melakukan latihan, pada saat menjelang lomba dan setelah dilombakan atau ketika nafsu makan Merpati sedang menurun.

Untuk jenis vitamin yang berbentuk tablet bisa langsung dilolohkan, sedangkan vitamin yang berbentuk serbuk bisa dicampurkan pada air minum burung Merpati.

Para pemain Merpati juga sering menggunakan bahan-bahan tradisional untuk menjaga vitalitas Merpati Balap andalannya.

Misalnya saja kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan penambah nafsu makan. Caranya, kunyit dipotong kecil-kecil kemudian disangrai (sangan) dan dilolohkan pada burung Merpati. Agar khasiatnya lebih bagus bisa dicampur dengan telur dan madu.

Tapi seringkali perlakuan dan perawatan istimewa lebih banyak diberikan pada Merpati pejantan saja, sedangkan Merpati betina klepekan hanya dirawat seadanya saja. Padahal Merpati betina klepekan juga membutuhkan asupan nutrisi yang bagus untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya.

Jika Merpati betina tidak diberikan perlakuan dan perawatan yang sama dengan pejantannya, maka lama-kelamaan kesehatnnya bisa terganggu dan menyebabkan nafsu kawinnya menurun.


Demikian sedikit informasi tentang jeni-jenis pakan yang cocok untuk Merpati Kolongan / tinggian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis Pakan Yang Cocok Untuk Merpati Kolong"