Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Burung Merpati Sakit Tetelo

gambar burung merpati sakit tetelo
Burung Merpati Sakit Tetelo

Onkicau.com – Ada banyak jenis penyakit yang sering menyerang unggas, terutama pada musim pancaroba dimana kondisi cuaca sedang tidak menentu.

Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang unggas, termasuk burung Merpati adalah penyakit tetelo. Penyakit ini disebabkan oleh virus ND dan termasuk jenis penyakit yang berbahaya karena sering menyebabkan kematian pada unggas.

Burung Merpati yang kena penyakit tetelo biasanya akan mengalami gangguan pernafasan dan suaranya menjadi serak. Biasanya setelah 1 - 2 hari burung Merpati yang terserang penyakit tetelo akan mengalami kelumpuhan dimulai dari kakinya kemudian sayapnya tidak bisa digerakkan.

Tapi gejala penyakit tetelo yang paling menonjol yaitu kepala burung Merpati akan melintir karena syaraf otot lehernya terserang virus ND.


Penyakit tetelo juga bisa menular pada burung Merpati lain yang masih sehat. Jadi sebaiknya burung Merpati yang sakit tetelo dipisahkan dengan Merpati lainnya yang masih sehat.

Meskipun cukup berbahaya tapi penyakit ini bisa disembuhkan, baik menggunakan obat kimia maupun dengan pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan herbal.

Untuk mengobati burung Merpati yang kena tetelo caranya dengan melakukan terapi secara rutin dan konsisten sampai kondisi burung Merpati membaik.

Penyakit tetelo sebetulnya bisa dicegah dengan beberapa cara, salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan kandang burung Merpati karena kandang yang kotor bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit.

Virus ND dapat menular melalui air liur atau sperma burung Merpati yang telah terjangkit. Pada Merpati betina, jika sudah terjangkit bisa menulari anak-anaknya melalui air liur saat meloloh.


Sedangkan pada Merpati jantan yang sudah terjangkit dapat menulari Merpati betina melalui spermanya. Ketika sperma membuahi sel telur Merpati betina maka telur-telurnya akan membawa benih penyakit tersebut.

Selain menjaga kebersihan kandangnya, upaya pencegahan penyakit tetelo pada burung Merpati bisa dilakukan dengan memberikan vaksinasi ND.

Selain menjaga kebersihan kandangnya, penyakit tetelo dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi atau dengan ramuan tradisional.

Vaksin tetelo khusus untuk burung Merpati harganya memang cukup mahal. Untuk mensiasatinya kita bisa menggunakan vaksin ND untuk ayam dengan merk dagang Medivac ND Lasota.

Pada umur satu minggu vaksin diberikan melalui tetes mata, kemudian pada umur satu bulan vaksin diberikan melalui air minum dan pada umur enam bulan divaksin lagi lalu selanjutnya vaksin diberikan lagi setiap enam bulan sekali.


Berikut ini cara paling mudah untuk mengobati burung Merpati yang terserang penyakit tetelo:

1. Jemur burung Merpati yang terserang penyakit tetelo setiap pagi secara rutin dan sebaiknya dijauhkan dari burung Merpati lain yang dalam kondisi sehat.

2. Cabut bulu-bulu pada bagian lehernya kemudian pada malam harinya oleskan balsem dibagian leher yang sudah dicabuti bulunya.

gambar burung merpati terserang penyakit tetelo
Ilustrasi

3. Lolohkan kencur yang sudah dibakar sebanyak 2 butir dibuat seukuran biji kacang tanah.

4. Setiap pagi sebelum dijemur sebaiknya bersihkan dulu bagian leher yang sudah dicabuti bulunya dengan air hangat lalu dipijat secara perlahan.

5. Setelah selesai dipijat kemudian berikan jahe sebanyak 2 butir dibuat seukuran biji kacang tanah dengan cara dilolohkan langsung ke dalam paruhnya.

6. Pada siang harinya berikan madu murni sebanyak satu sendok teh pada Merpati yang kena tetelo tersebut dengan cara dispet menggunakan pompa jarum suntik ke dalam tenggorokannya.

7. Berikan juga antibiotik seperti amoksilin 2x sehari dengan dosis 250cc untuk mempercepat kesembuhannya.

8. Berikan pakan yang berkualitas pada pagi dan sore hari seperti biasa, tapi jika burung Merpati tersebut tidak bisa makan harus diloloh agar burung Merpati yang terserang penyakit tetelo tersebut bisa bertahan hidup dan sembuh.

Karena jika tidak dipaksa untuk makan maka lama-kelamaan kondisinya akan semakin lemah dan sulit untuk bertahan hidup.

Lakukan terapi pengobatan tersebut secara rutin dan konsisten setiap hari sampai burung Merpati yang terserang penyakit tetelo tersebut sembuh total.


Demikian sedikit informasi tentang cara mudah mengobati burung Merpati sakit tetelo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Mengobati Burung Merpati Sakit Tetelo"