Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Burung Perkutut Sakit Flu (Pileren)

gambar burung perkutut sakit
Ilustrasi
Onkicau.com - Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini yang sebentar panas dan sebentar hujan (musim pancaroba) merupakan masa-masa rawan penyakit, terutama penyakit gangguan saluran pernafasan seperti flu, batuk dan pilek.

Bukan hanya Manusia saja yang banyak mengalami penyakit gangguan saluran pernafasan, tapi juga hewan peliharaan termasuk burung Perkutut.

Burung Perkutut yang terserang penyakit flu / pileren akan menunjukkan gejala awal sepert sering diam dan mengembangkan bulu-bulunya (nyekukruk). Gejala-gejala tersebut juga akan disertai dengan mata yang mengantuk dan hidungnya berlendir.

Jika tidak segera ditangani, kondisi burung Perkutut yang sakit tersebut akan semakin memburuk. Selain hanya diam dan mengantuk, burung Perkutut yang pileren / flu tersebut biasanya juga tidak mau makan dan minum sehingga tubuhnya menjadi kurus dan lemas.

Jika terus dibiarkan dan tidak segera di obati, biasanya dalam 3 atau 4 hari burung Perkutut yang terserang flu tersebut akan mati. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan memberikan kapsul terafit yang banyak dijual di pasar burung.


Berikut ini cara mengobati burung Perkutut pileren / sakit flu:

1. Rendam 5 - 7 butir kacang hijau dengan air panas atau direbus sampai menjadi agak lunak.

2. Setelah kacang hijau lunak kemudian ditiriskan dan direndam dalam mangkok kecil yang berisi bubuk kapsul terafit yang sudah dicairkan dengan 1 sendok makan air matang dan biarkan dulu selama kurang lebih 5 menit agar obatnya meresap ke dalan kacang hijau.

3. Kemudian lolohkan kacang hijau yang sudah direndam dengan obat terafit tersebut pada burung Perkutut yang sakit flu satu per satu secara perlahan-lahan agar burung tidak tersedak.

4. Pastikan setiap butir kacang hijau yang dilolohkan sudah masuk ke dalam tembolok burung Perkutut, kemudian sisa larutan terafit diminumkan pada burung Perkutut yang sakit sampai habis.

Tujuan dari pemberian kacang hijau dan air yang dicampur obat terafit adalah untuk mberikan asupan pakan, minum dan sekaligus sebagai obat karena burung Perkutut yang terserang penyakit pileren / flu biasanya tidak mau makan dan minum.

Jika hanya diberi obat saja maka kondisi tubuhnya akan semakin lemas dan mengalami dehidrasi karena tidak mendapatkan asupan pakan dan air minum.


5. Pada sore hari, burung Perkutut yang terserang flu sebaiknya diberikan juga 2 - 3 potongan kecil bawang merah dan bawang putih.

6. Bagian hidung, kaki dan badannya juga dibaluri dengan bawang merah yang sudah ditumbuk halus untuk menghangatkan tubuhnya.

7. Setelah diloloh bawang merah dan bawang putih, kemudian berikan juga 7 butir kacang hijau yang sudah direndam air hangat tapi tanpa dicampur obat terafit.

8. Letakkan kandangnya didalam rumah agar Perkutut tidak terkena angin malam, dan jika perlu dekatkan kandangnya pada bohlam lampu agar lebih hangat.

Lakukan cara pengobatan di atas selama 3 hari berturut-turut dan pada hari ke-4 sampai hari ke-7 pemberian obat terafit dihentikan karena biasanya kondisi Perkutut yang sakit flu tersebut sudah mulai membaik dan sudah mau makan dan minum sendiri.

Tapi pemberian bawang merah dan beberapa butir kacang hijau tetap dilakukan pada sore hari dengan tujuan untuk mempercepat proses pemulihan kondisi kesehatan burung Perkutut.


Cara mencegah agar Perkutut tidak terserang penyakit:

• Jaga kebersihan kandang, tempat pakan dan air minumnya agar tidak terjangkit kuman dan bakteri penyebab penyakit.

• Berikan pakan tambahan berupa ketan hitam dan sedikit godem pada saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut.

• Usahakan jangan sampai burung Perkutut terkena air hujan.

• Jangan memandikan burung Perkutut pada saat musim hujan, dan usahakan jika ada panas matahari segera dijemur meskipun hanya sebentar.

• Seminggu sekali berikan beberapa potong kecil bawang merah, bawang putih dan 5 butir kacang hijau yang sudah direndam sampai lunak untuk memperkuat daya tahan tubuh burung Perkutut.

• Segera pisahkan atau jauhkan burung Perkutut yang sakit dari burung Perkutut lain yang sehat untuk menghindari penularan penyakit.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati burung Perkutut yang sakit flu / pileren yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Mengobati Burung Perkutut Sakit Flu (Pileren)"