Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet

gambar perkutut cemani majapahit dan perkutut cemani kol buntet
Perkutut Cemani Kol Buntet & Perkutut Cemani Majapahit
Onkicau.com – Saat ini Perkutut warna cukup diminati oleh para penggemar burung Perkutut karena memiliki keunikan tersendiri, salah satunya yang paling populer adalah Perkutut Cemani (Perkutut Hitam).

Perkutut Cemani merupakan jenis burung Perkutut yang cukup unik karena bulu-bulu disekujur tubuhnya berwarna hitam, berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya yang bulu-bulunya berwarna coklat abu-abu.

Ada beberapa jenis Perkutut Cemani yang dikenal oleh para penggemar burung Perkutut, yaitu Perkutut Cemani Majapahit, Perkutut Cemani Kol Buntet dan Perkutut Cemani biasa.

Sebagian orang beranggapan bahwa Perkutut Cemani Majapahit lebih bagus dan lebih mahal dibanding Perkutut Cemani Kol Buntet.

Padahal sebetulnya yang disebut Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet itu sama, yaitu sama-sama Perkutut Cemani Majapahit.


Keduanya juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama, bulu-bulunya berwarna hitam dan luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur. Perbedaannya hanya terletak pada warna bulu dibagian perut dan duburnya.

Bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Majapahit berwarna putih, sedangkan bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Kol Buntet berwarna hitam.
gambar perkutut cemani kol buntet dan cemani majapahit
Ciri Perkutut Cemani Kol Buntet & Perkutut Cemani Majapahit
Sedangkan Perkutut Cemani yang luriknya hanya sebatas dada (Pedaringan Kebak) adalah Perkutut Cemani biasa, bukan termasuk Cemani Majapahit ataupun Cemani Kol Buntet. Tapi anehnya justru banyak yang menganggap bahwa Perkutut Cemani tersebut sebagai Perkutut Cemani Kol Buntet.

Menurut para peternak senior, Perkutut Cemani yang paling langka dan paling mahal adalah Perkutut Cemani Kol Buntet yang luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur dan warna bulu dibagian perut / duburnya berwarna hitam. Hal itu disebabkan karena cukup sulit untuk mencetak Perkutut Cemani jenis ini.

Di urutan kedua adalah Perkutut Cemani Majapahit yang luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur dan warna bulu dibagian perut / duburnya berwarna putih. Sedangkan Perkutut Cemani yang luriknya hanya sebatas dada harganya paling murah karena lebih mudah mencetaknya.
gambar perkutut cemani pedaringan kebak
Perkutut Cemani Biasa

Dari segi suara tidak bisa dipastikan bahwa Perkutut Cemani jenis tertentu memiliki suara anggungan yang lebih bagus, karena yang mempengaruhi kualitas suara burung Perkutut adalah indukannya.

Jika indukannya memiliki suara anggungan yang bagus maka kemungkinan besar anakannya juga akan memiliki suara anggungan yang bagus.

Jadi baik itu Perkutut Cemani Majapahit, Perkutut Cemani Kol Buntet atau Perkutut Cemani Pedaringan Kebak bisa saja memiliki suara anggungan yang bagus atau sebaliknya.

Ada tiga kategori penggemar Perkutut Cemani, ada yang suka dengan warna bulunya yang eksotis, ada yang suka dengan suara anggungannya dan ada juga yang tertarik dengan Perkutut Cemani karena percaya pada tuahnya.

Dikutip dari YouTube Harta Langit Channel, konon Perkutut Cemani memiliki tuah ghaib untuk penolak bala dari serangan ilmu hitam, tapi hanya Perkutut Cemani lokal alam yang memiliki tuah ghaib atau yoni. Sedangkan Perkutut Cemani ternak, baik itu Perkutut Cemani Majapahit, Cemani Kol Buntet atau Cemani biasa tidak memiliki yoni.

Tapi tidak mudah untuk mendapatkan Perkutut Cemani lokal alam karena sangat langka dan sangat pemilih. Rata-rata Perkutut Cemani yang ada saat ini merupakan Perkutut ternak hasil kawin silang.


Video Mitos Perkutut Cemani:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet"