Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Perkutut Cemani jantan dan betina paling akurat

gambar perkutut cemani jantan dan betina
Perkutut Cemani Jantan & Betina
Onkicau.com – Perkutut Cemani merupakan jenis burung Perkutut yang cukup unik karena bulu-bulu disekujur tubuhnya berwarna hitam, berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya yang bulu-bulunya berwarna coklat abu-abu.

Perkutut Cemani / Perkutut hitam lokal alam merupakan jenis burung Perkutut yang langka dan dipercaya memiliki tuah ghaib. Tapi saat ini sangat sulit untuk menjumpai Perkutut Cemani di alam bebas.

Perkutut Cemani yang banyak dijual dipasar burung merupakan Perkutut ternak yang tidak memiliki tuah apapun seperti halnya Perkutut Putih, Perkutut Silver, Perkutut Udan Mas dan Perkutut warna hasil penangkaran lainnya.

Ada beberapa jenis Perkutut Cemani yang dikenal oleh para penggemar burung Perkutut, yaitu Cemani Majapahit, Cemani Kol Buntet dan Cemani biasa. Sebetulnya yang disebut Perkutut Cemani Majapahit dan Cemani Kol Buntet itu sama, yaitu sama-sama Perkutut Cemani Majapahit.

Keduanya juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama, bulunya berwarna hitam dan luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur. Perbedaannya hanya terletak pada warna bulu dibagian perut dan duburnya saja.

Bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Majapahit berwarna putih, sedangkan bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Kol Buntet berwarna hitam.


Kalau menurut para peternak senior, Perkutut Cemani yang luriknya hanya sebatas dada atau Pedaringan Kebak adalah Perkutut Cemani biasa. Bukan termasuk Cemani Majapahit ataupun Cemani Kol Buntet. Tapi sekarang ini justru banyak yang menganggapnya sebagai Perkutut Cemani Kol Buntet.

Jadi sebaiknya tidak usah mempermasalahkan tentang jenisnya, apakah Cemani Majapahit, Cemani Kol Buntet atau Cemani biasa karena semuanya hanya burung biasa hasil penangkaran yang tidak memiliki tuah apapun.

Yang terpenting Perkutut Cemani yang dipelihara bisa menjadi sarana hiburan yang positif dan bisa menyenangkan hati, jadi tidak perlu diharapkan tuahnya.

Jika tujuan memelihara Perkutut Cemani untuk dijadikan burung anggungan sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin manggung dan rata-rata suaranya lebih bagus dibanding Perkutut betina.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin Perkutut Cemani / Perkutut hitam memang cukup sulit karena Perkutut Cemani jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang nyaris serupa.

Tapi meskipun tampak sama, jika di amati dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut Cemani jantan dan Perkutut Cemani betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut Cemani Majapahit / Kol Buntet jantan dan betina:

Ciri-ciri Perkutut Cemani jantan:

1. Seperti halnya burung Perkutut jenis lainnya, Perkutut Cemani jantan juga memiliki raut muka yang terlihat garang / galak.

2. Selaput kulit disekitar mata Perkutut Cemani jantan lebih tebal dan bulat.

3. Mata Perkutut Cemani jantan tampak lebih besar dan melotot dengan sorot mata yang tajam.

4. Kepala Perkutut Cemani jantan lebih besar dan bentuknya agak pipih.

5. Ukuran tubuh Perkutut Cemani jantan rata-rata lebih besar dan panjang dibanding Perkutut Cemani betina. Postur tubuhnya juga terlihat lebih gagah.

6. Supit udang (tulang pubis) Perkutut Cemani jantan terasa lebih keras jika ditekan dengan jari dan jaraknya agak renggang. Biasanya para Kung Mania lebih memilih burung Perkutut jantan yang jarak supit udangnya agak lebar karena kebanyakan suaranya lebih besar dibanding Perkutut jantan yang supit udangnya rapat.

7. Seperti halnya burung Perkutut jenis lainnya, Perkutut Cemani jantan yang sudah dewasa dan sudah birahi akan menunjukkan perilaku yang khas jika didekatkan dengan Perkutut betina, yaitu berbunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala (mbekur).


Ciri-ciri Perkutut Cemani betina:

1. Raut muka Perkutut Cemani betina terlihat sayu.

2. Selaput kulit disekitar mata Perkutut Cemani betina lebih tipis.

3. Mata Perkutut Cemani betina lebih kecil dan sorot matanya terlihat sayu.

4. Ukuran tubuh Perkutut Cemani betina rata-rata lebih kecil dan pendek (buntet).

5. Kepala Perkutut Cemani betina rata-rata lebih kecil dan bentuknya agak membulat.

6. Supit udang (tulang pubis) Perkutut Cemani betina jaraknya lebih lebar dan terasa lunak / lembek jika ditekan dengan jari.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung Perkutut dari supit udangnya, kita harus memegangnya lalu raba tulang supitnya (dibagian perut didekat dubur) menggunakan jari telunjuk atau ibu jari.

Jika tulang supitnya terasa agak keras berarti kemungkinan besar burung Perkutut Cemani tersebut berjenis kelamin jantan, tapi jika supitnya terasa lunak / lembek dan jaraknya renggang berarti kemungkinan besar Perkutut Cemani tersebut berjenis kelamin betina.

Tapi cara ini baru bisa dilakukan setelah burung Perkutut berumur 4 bulan keatas. Karena sebelum berumur 4 bulan, supit udang pada burung Perkutut jantan biasanya masih renggang dan lunak sehingga untuk orang yang masih awam tentang burung Perkutut akan kesulitan untuk menentukan jenis kelaminnya dengan cara ini.

Setelah anakan Perkutut Cemani berumur 4 bulan lebih, terutama yang sudah berumur di atas 6 bulan maka secara alami supit udang Perkutut Cemani jantan akan menyempit dan mengeras sehingga lebih mudah dibedakan dengan yang betina.


Demikian sedikit informasi tentang cara membedakan Perkutut Cemani jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Video Mitos Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Perkutut Cemani jantan dan betina paling akurat"