Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Perkutut lokal yang suaranya besar

gambar burung perkutut njembe nom
Perkutut Lokal
Onkicau.com – Perkutut adalah burung klasik yang sejak jaman dulu sudah menjadi burung klangenan untuk di nikmati suara anggungannya yang merdu.

Para penggemar burung Perkutut (Kung Mania) rata-rata akan memilih burung Perkutut yang suaranya besar karena lebih enak didengar.

Tapi saat ini sangat sulit untuk mencari burung Perkutut lokal yang suaranya besar karena indukan Perkutut liar di alam bebas yang suaranya besar sudah habis ditangkap, sehingga tidak ada lagi indukan Perkutut liar yang suaranya Kung seperti jaman dulu.

Untuk memilih burung Perkutut yang suaranya besar tentunya kita harus mengetahui ciri-cirinya, karena jika membeli Perkutut bahan / ombyokan, tentunya kita belum tahu kualitas suaranya seperti apa sebab burung tersebut belum bunyi. Jadi untuk memilih Perkutut bahan yang suaranya besar, kita bisa melihat dari ciri-ciri fisiknya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri Perkutut lokal yang suaranya besar:

1. Kepala

Pilihlah burung Perkutut yang kepalanya berbentuk lonjong seperti buah pinang. Perkutut yang kepalanya berbentuk seperti buah pinang rata-rata memiliki volume suara yang besar dan tahan lama manggungnya.

2. Paruh

Pilihlah burung Perkutut yang paruhnya tebal, simetris dan tidak terlalu panjang karena biasanya burung Perkutut dengan ciri tersebut memiliki suara yang besar.

Perhatikan juga garis tengah pada paruhnya. Jika garisnya terlihat tebal biasanya suara ujung yang dihasilkan cenderung pendek, dan jika garisnya terlihat tipis biasanya suara ujungnya lebih panjang.

3. Leher

Pilihlah burung Perkutut yang lehernya panjang karena suara yang dihasilkan biasanya lebih besar dibanding burung Perkutut yang lehernya pendek.

Ketika Perkutut manggung, maka bagian tenggorokan (leher) akan membesar untuk memompa udara dari paru-paru, sehingga ukuran leher Perkutut juga sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.


4. Mata

Pilihlah burung Perkutut yang matanya terlihat jernih dengan ukuran titik hitam pada bola matanya berukuran besar dan menonjol.

5. Hidung

Pilihlah burung Perkutut yang bentuk hidungnya menonjol seperti burung Merpati, karena biasanya burung Perkutut dengan ciri tersebut memiliki suara yang besar dan nyaring.

6. Lidah

Pilihlah burung Perkutut yang lidahnya berukuran kecil, karena biasanya burung Perkutut dengan ciri tersebut memiliki suara yang bagus.

7. Kaki

Pilihlah burung Perkutut yang kakinya terlihat kokoh, tegap dengan posisi tulang paha lebih rapat. Bagian sisiknya juga terlihat rapi dengan warna hitam kemerahan dan telapak kakinya berwarna putih.

8. Dada

Pilihlah burung Perkutut yang bagian dadanya terlihat padat dan lebar, karena biasanya suara yang dihasilkan besar dan jernih.

9. Ekor

Pilihlah burung Perkutut yang bulu ekornya panjang dan menumpuk serta memiliki ukuran brutu yang besar.

10. Supit udang

Pilihlah burung Perkutut yang tulang supitnya tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang serta ujungnya besar dan tumpul.

Jika jarak tulang supitnya terlalu rapat dan ujungnya runcing maka suara yang dihasilkan cenderung kecil dan pendek, dan jika jarak tulang supitnya terlalu lebar biasanya suaranya noklak.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Perkutut lokal bersuara besar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Perkutut lokal yang suaranya besar"