Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat anakan burung Hantu Celepuk agar cepat besar dan jinak

On Kicau
Burung Hantu Celepuk

On Kicau – Sebagian orang pasti akan menganggap burung Hantu sebagai burung yang meyeramkan dan sering dihubungkan dengan hal-hal mistis. Selain namanya yang menyeramkan, burung ini juga memiliki penampilan dan suara yang menakutkan. Ditambah lagi burung ini hanya aktif pada malam hari.

Dibalik sosoknya yang menyeramkan, ternyata burung Hantu bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan hama, khususnya hama tikus yang sering merusak tanaman padi milik para petani. Tapi bagi para peternak ikan, burung Hantu sering di anggap sebagai hama yang merugikan karena burung ini suka berburu ikan dikolam atau tambak pada malam hari.

Akhir-akhir ini burung Hantu semakin diminati untuk dijadikan sebagai burung pelihara karena meskipun penampilannya menyeramkan, tapi burung ini memiliki keunikan tersendiri dan bisa dilatih menjadi jinak. Apalagi jika burung ini dipelihara dari anakan.

Baca juga: Cara Ternak Burung Hantu Tyto Alba Yang Benar Agar Cepat Produk

Berbeda dengan jenis burung ocehan yang memiliki daya tarik pada suara kicauannya yang merdu dan penampilannya yang indah, daya tarik burung Hantu justru pada penampilannya yang menyeramkan dan perilakunya yang berbeda dari burung-burung lain pada umumnya.

Burung Hantu memiliki bentuk muka seperti kucing dengan posisi mata menghadap ke depan berbeda dengan jenis burung pada umumnya yang matanya menghadap ke samping. Tapi burung Hantu memiliki leher yang sangat lentur sehingga kepalanya dapat berputar 180 derajat ke belakang sehingga meskipun matanya menghadap kedepan, burung ini dapat melihat kesekelilingnya dengan jelas.

Dengan semua keunikannya itu, burung Hantu mulai banyak diminati sebagai burung peliharaan yang unik dan jinak. Tapi untuk membuat burung Hantu menjadi jinak total, tentunya ada beberapa cara yang harus dilakukan, baik dalam perawatan maupun perlakuan sehari-harinya.

Prinsip utama untuk menjinakkan burung Hantu adalah dengan membuat burung merasa aman dan tergantung kepada pemiliknya, terutama dalam hal pakan. Agar burung Hantu bisa jinak total dan bisa akrab dengan pemiliknya sebaiknya burung Hantu dipelihara dari anakan.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Burung Cabak Dari Lolohan

Cara merawat anakan burung Hantu Celepuk:

Untuk merawat anakan burung Hantu Celepuk memang memerlukan kesabaran, tapi sebetulnya perawatan anakan burung Hantu lebih mudah dibanding perawatan anakan burung jenis lain.

Burung Hantu Celepuk adalah jenis burung pemakan daging. Di alam bebas burung ini biasa memakan hewan-hewan kecil seperti tikus, burung-burung kecil, katak, ikan, ular dan binatang-binatang kecil lainnya.

Tapi ketika kita pelihara, burung Hantu Celepuk bisa diberikan pakan berupa jangkrik yang banyak dijual dipasar burung atau dikios-kios pakan burung, jadi kita tidak perlu repot untuk menyediakan daging sebagai pakannya. Selain jangkrik, burung Hantu Celepuk juga bisa diberi pakan daging ayam, ikan atau burung emprit.

Burung Hantu hanya aktif pada malam hari, jadi burung ini cukup diberi makan pada sore dan malam hari saja sebetulnya sudah cukup karena pada siang hari burung ini akan menghabisakn waktunya untuk beristirahat.

Burung Hantu memiliki karakter yang berbeda dengan burung-burung lainnya, jadi cara merawat dan memperlakukannya juga harus berbeda.

Burung ini akan merasa lebih nyaman jika ditempatkan ditangkringan kayu tanpa kandang dengan diberi tali pengikat, karena jika ditempatkan didalam kandang yang sempit, burung ini cenderung akan mengalami stress. Akibatnya, burung Hantu menjadi sulit jinak dan tidak bisa akrab dengan pemiliknya.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan burung Tuwu jantan dan betina

Pemberian pakan untuk anakan burung Hantu Celepuk:

Anakan burung Hantu Celepuk yang belum bisa makan sendiri bisa diberi pakan berupa jangkrik sebanyak 5 - 7 ekor setiap kali pemberian pada pagi, siang dan sore hari. Tapi karena pada dasarnya burung Hantu adalah burung yang aktif pada malam hari, maka tidak ada salahnya jika pada malam hari juga diberi makan.

On Kicau
Anakan Burung Hantu Celepuk

Setelah burung Hantu dewasa dan bisa makan sendiri, burung ini juga bisa diberikan jenis pakan lain seperti: ikan kecil, katak, tikus kecil, burung emprit atau daging ayam mentah. Pemberian jenis pakan tersebut bisa diselang-seling setiap harinya.

Karena burung Hantu termasuk jenis hewan nokturnal yang hanya aktif di malam hari dan tidur di siang hari, jadi dalam perawatannya burung ini tidak perlu dijemur lama seperti burung kicauan atau burung anggungan. Sebab jika dijemur lama diterik matahari, burung ini justru akan stress karena tidak terbiasa beraktivitas disiang hari.

Pada malam hari sebaiknya burung Hantu juga ditempatkan ditempat yang gelap karena di alam bebas burung ini biasa beraktivitas dikegelapan dan bisa melihat dengan jelas meskipun dalam kegelapan.

Mandikan burung Hantu seminggu sekali agar bulu-bulunya tetap bersih dan bebas dari kutu. Jika perlu gunakan shampo khusus burung untuk menjaga bulu-bulunya tetap sehat, rapi dan mengkilap. Setelah dimandikan, burung Hantu tidak perlu dijemur diterik matahari secara langsung, tapi cukup di angin-anginkan saja.

Baca juga: Cara Merawat Anakan Burung Kedasih Dari Lolohan

Perlakuan pada burung Hantu agar bisa jinak:

Agar bisa jinak total dan akrab dengan pemiliknya, burung Hantu harus sering di ajak berinteraksi sejak kecil (anakan) dengan cara sering di elus-elus kepala atau badannya, sering di ajak berkomunikasi, sering diberikan pakan langsung dari tangan dan berikan nama yang mudah di ingat. Sering-seringlah memanggil namanya ketika bermain atau ketika meberikan makanan pada burung Hantu

On Kicau
Burung Hantu Celepuk Dewasa

Dengan sering di ajak berinteraksi dan diperlakukan dengan penuh kasih sayang, maka burung Hantu akan merasa nyaman dan merasa tergantung dengan pemiliknya. Nantinya setelah besar burung Hantu bisa di ajak bermain-main dan bahkan tidak akan mau pergi jauh meninggalkan pemiliknya meskipun tidak dikandang.

Baca juga: Cara menjinakkan dan melatih burung Hantu agar bisa di ajak bermain

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat anakan burung Hantu Celepuk agar cepat besar dan jinak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Hantu, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat anakan burung Hantu Celepuk agar cepat besar dan jinak"