Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Tuwu jantan dan betina

gambar burung tuwu jantan dan betina dewasa
Burung Tuwu Jantan & Betina Dewasa
Onkicau.com – Burung Tuwu atau burung Kulik merupakan burung parasit seperti halnya burung Kedasih yang tidak mau membuat sarang sendiri dan tidak mau mengerami telurnya.

Bedanya, burung Kedasih suka menitipkan telurnya disarang burung-burung Kecil, sedangkan burung Tuwu hanya mau menitipkan telurnya disarang burung-burung besar seperti burung Gagak.


Saat ini populasi burung Tuwu di alam bebas sudah semakin langka dan jarang dijumpai, bahkan bisa dikatakan langka karena sering ditangkap untuk diperjual belikan sebab harga burung ini dipasaran termasuk cukup mahal.

Selain itu, burung Tuwu juga sulit berkembang biak karena populasi burung Gagak di alam bebas sudah sangat langka sehingga burung Tuwu kesulitan untuk menitipkan telurnya.

Perilaku unik burung Tuwu:

Perilaku burung Tuwu sangat sangat unik ketika akan menitipkan telurnya di sarang burung Gagak. Burung tuwu betina akan bersembunyi didekat sarang burung Gagak, sedangkan burung Tuwu jantan akan mengganggu/menantang burung Gagak sehingga burung Gagak akan terusik dan mengejar burung Tuwu jantan.

Ketika burung Gagak meninggalkan sarangnya untuk mengejar burung Tuwu jantan, maka burung Tuwu betina akan menggunakan kesempatan itu untuk bertelur didalam sarang burung Gagak.

Ini adalah strategi yang luar biasa dari pasangan burung Tuwu untuk mengecoh burung Gagak. Semua seperti sudah direncanakan dengan matang oleh pasangan burung Tuwu, karena hanya dalam hitungan menit tugas mereka selesai tanpa diketahui oleh burung Gagak bahwa telur yang ada didalam sarangnya adalah telur burung Tuwu.

Setelah bertelur, burung Tuwu betina akan langsung keluar dari sarang burung Gagak dan memanggil burung Tuwu jantan untuk memberitahu jika misi mereka sudah berhasil.

Burung Gagak betina yang tidak mengetahui tipu muslihat dari burung Tuwu akan kembali mengerami telur-telur yang ada didalam sarangnya termasuk telur burung Tuwu sampai menetas dan akan merawatnya sampai dewasa.


Makanan burung Tuwu:

Meskipun sejak kecil diloloh dan dirawat oleh burung Gagak yang lebih menyukai pakan hewani daripada buah-buahan, tapi setelah dewasa burung Tuwu lebih suka memakan buah-buahan sebagai makanan utamanya, sedangkan serangga hanya sebagai pakan selingan saja.

Bahkan burung ini sering menjaga pohon buah yang disukainya dan akan mengusir jika ada burung lain yang mencoba mendekati pohon tersebut.

Mitos burung Tuwu:

Burung Tuwu di anggap sebagai burung yang penuh misteri dan mitos seperti halnya burung Gagak dan burung Kedasih.

Suara burung Tuwu sangat lantang, bahkan bisa terdengar hingga beberapa kilometer, dan jika suara burung ini terdengar pada malam hari, hal itu sering di anggap sebagai pertanda buruk akan terjadinya suatu musibah didaerah tersebut.

Burung Tuwu memiliki suara yang unik dengan nada tuwuuu.... yang menggema dan di ulang-ulang terus-menerus. Terkadang burung ini hanya terdengar suaranya saja dari kejauhan tapi tidak terlihat wujud burungnya.


Ciri-ciri burung Tuwu jantan dan betina:

Burung Tuwu memiliki penampilan yang khas dan terkesan menyeramkan. Bulu-bulu disekujur tubuh burung Tuwu jantan berwarna hitam polos dengan mata berwarna merah terang.

Sedangkan bulu-bulu burung Tuwu betina berwarna coklat dan pada tubuh bagian bawah berwarna abu-abu dengan motif bintik-bintik atau lurik hitam.

Jadi untuk membedakan jenis kelamin burung Tuwu cukup dengan melihat warna bulunya saja, tidak perlu lagi melihat ciri-ciri lainnya.

Dan untuk membedakan jenis kelamin anakan burung Tuwu juga bisa dilihat dari warna bulunya. Anakan burung Tuwu jantan memiliki bulu-bulu disekujur tubugnya yang berwarna hitam polos.

Sedangkan anakan burung Tuwu betina memiliki bulu-bulu berwarna coklat dengan kombinasi warna hitam pada bagian kepala dan dibawah paruh, serta warna putih berbintik hitam pada bagian bawah tubuhnya seperti pada gambar dibawah ini.
gambar anakan burung tuwu jantan dan betina
Burung Tuwu Jantan & Betina Muda / Anakan

Demikian sedikit informasim tentang ciri-ciri perbedaan burung Tuwu jantan dan betina serta mengenal perilakunya di alam bebas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Tuwu, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Tuwu jantan dan betina"