Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina paling akurat

gambar burung perkutut jantan dan betina
Burung Perkutut Jantan & Betina
Onkicau.com - Memelihara burung Perkutut memang menyenangkan karena bisa menjadi sarana hiburan dirumah. Selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Perkutut juga mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan yang merepotkan.

Burung Perkutut yang rajin manggung dan memiliki suara bagus rata-rata adalah Perkutut jantan, meskipun ada juga Perkutut betina yang suaranya bagus tapi itu sangat jarang.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Perkutut memang agak sulit karena antara Perkutut jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat mirip.

Tanpa pengamatan yang seksama memang cukup sulit untuk membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina, terutama bagi yang masih pemula. Tapi jika di amati dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina:
gambar perkutut jantan dan perkutut betina
Ciri-ciri Perkutut Jantan & Betina
Ciri-ciri Perkutut jantan:

1. Jika diperhatikan raut muka Perkutut jantan terlihat garang / sangar.

2. Selaput kulit disekitar kelopak mata Perkutut jantan terlihat lebih tebal dan bulat dengan sorot mata yang tajam.

3. Bola mata Perkutut jantan lebih besar dan melotot.

4. Garis belahan paruh Perkutut jantan kebanyakan sejajar dengan matanya.

5. Pupur (bulu yang berwarna putih keabu-abuan dibagian kepala) lebih dari separuh bagian kepala sehingga warna bulu kepala Perkutut jantan terlihat lebih cerah dibanding Perkutut betina.

6. Kepala Perkutut jantan lebih besar dan pipih.

7. Ukuran tubuh Perkutut jantan rata-rata lebih besar dari Perkutut betina dengan postur tubuh yang lebih tegak dan gagah.

8. Supit udang (tulang pubis) Perkutut jantan terasa keras jika ditekan dengan jari. Kebanyakan para Kung Mania yang sudah berpengalaman akan memilih Perkutut jantan yang jarak supit udangnya agak lebar karena biasanya memiliki suara yang lebih besar dibanding Perkutut jantan yang jarak supit udangnya lebih rapat.

9. Perkutut jantan yang sudah dewasa kelamin akan menunjukkan perilaku yang khas jika berdekatan dengan Perkutut betina, yaitu berbunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala (mbekur).


Ciri-ciri Perkutut betina:

1. Raut muka Perkutut betina terlihat sayu.

2. Selaput kulit disekitar kelopak mata Perkutut betina lebih tipis.

3. Bola mata Perkutut betina lebih kecil dengan sorot mata yang sayu.

4. Garis belahan paruh Perkutut betina kebanyakan berada pada posisi dibawah mata.

5. Ukuran tubuh Perkutut betina rata-rata lebih kecil dari Perkutut jantan.

6. Pupurnya tidak lebih dari separuh bagian kepala sehingga warna bulu kepala Perkutut betina tampak kusam.

7. Bentuk kepala Perkutut betina kecil dan bulat serta warnanya terlihat lebih gelap dibanding Perkutut jantan.

8. Supit udang (tulang pubis) Perkutut betina jaraknya lebih lebar dan terasa lunak / lembek jika ditekan dengan jari.


Cara mengetahui jenis kelamin burung Perkutut dari supit udangnya:

Pegang tubuh burung Perkutut dengan tangan kanan, lalu raba tulang supitnya (dibagian perut dekat dubur) menggunakan jari telunjuk atau ibu jari tangan kiri.

Jika bagian supitnya terasa keras berarti kemungkinan besar Perkutut tersebut berjenis kelamin jantan, dan jika jarak supit udangnya lebar dan terasa lunak / lembek berarti kemungkinan besar Perkutut tersebut berjenis kelamin betina.

Tapi cara ini baru bisa dilakukan setelah piyik / anakan burung Perkutut berumur 4 bulan keatas. Karena sebelum berumur 4 bulan, supit udang pada piyik / anakan Perkutut jantan relatif renggang sehingga untuk orang yang masih awam tentang Perkutut akan kesulitan untuk menentukan jenis kelamin burung Perkutut dengan cara ini.

Setelah piyik Perkutut berumur 4 bulan lebih, apalagi jika sudah berumur di atas 6 bulan maka secara alami supit udang Perkutut jantan akan menyempit sehinga lebih mudah untuk membedakannya dengan Perkutut betina.

Supit udang pada burung Perkutut dikatakan sempurna jika panjangnya sama dan letaknya sejajar. Perlu diketahui juga bahwa tidak jarang ditemui burung Perkutut yang memiliki supit udang panjang sebelah (salah satu tulang supitnya lebih pendek dan letaknya kurang sejajar).

Burung Perkutut dengan supit udang seperti itu walaupun suaranya bagus umumnya kurang disukai oleh para Kung Mania karena di anggap cacat secara katuranggan.

Untuk mendapatkan burung Perkutut dengan kualitas suara yang bagus sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan dengan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan di atas.

Karena rata-rata Perkutut jantan memiliki suara anggungan yang lebih keras dan lebih merdu jika dibandingkan dengan Perkutut betina. Walaupun Perkutut betina juga bisa manggung dan gacor tapi kebanyakan suaranya cenderung kecil dan cempreng.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina paling akurat"