Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Perkutut putih jantan dan betina paling akurat

gambar burung perkutut putih lurik jantan dan betina
Perkutut Putih Lurik Jantan & Betina
Onkicau.com – Perkutut putih merupakan salah satu jenis burung Perkutut yang paling istimewa dan cukup digemari karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung Perkutut.

Selain karena keindahan bulunya yang berwarna putih bersih, Perkutut putih juga dipercaya sebagai burung pembawa keberuntungan.

Hal itu tentunya tidak terlepas dari mitos yang selama ini beredar dimasyarakat tentang Perkutut putih yang dipercaya memiliki kekuatan ghaib.

Pada jaman dahulu, Perkutut putih hanya boleh dipelihara oleh para Raja dan para pejabat tinggi Kerajaan atau kalangan ningrat saja, sebab burung ini di anggap memiliki derajad yang lebih tinggi dari burung Perkutut lainnya.

Tapi sekarang siapa saja bisa memelihara burung Perkutut putih asal memiliki uang untuk membelinya. Harga Perkutut putih, terutama Perkutut putih kapas lebih mahal dari Perkutut biasa.

Perkutut putih yang banyak dijual dipasar-pasar burung merupakan Perkutut hasil penangkaran, bukan Perkutut lokal alam seperti yang dipelihara oleh para Raja jaman dahulu yang dipercaya memiliki yoni.

Banyak yang menyebut Perkutut putih ternak sebagai Perkutut albino. Ada dua jenis Perkutut putih yang sekarang ini banyak ditangkarkan oleh para peternak burung Perkutut, yaitu Perkutut putih lurik dan Perkutut putih kapas.

Perkutut putih kapas lebih digemari oleh para penggemar burung Perkutut dan harganya juga lebih mahal dari Perkutut putih lurik.

gambar burung perkutut putih kapas jantan dan betina
Perkutut Putih Kapas Jantan & Betina
Perkutut putih kapas memiliki warna bulu putih cerah dan tidak terdapat lurik pada bulu-bulunya (putih polos). Sedangkan Perkutut putih lurik meiliki warna bulu putih yang kurang cerah (kusam) dan masih ada lurik pada bulu-bulunya.

Jika tujuan memelihara Perkutut putih untuk dijadikan burung anggungan, sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin manggung dan suaranya juga lebih bagus dibanding Perkutut betina.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Perkutut putih memang cukup sulit karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang serupa sehingga sulit dibedakan.

Untuk membedakan jenis kelamin Perkutut putih memang perlu kejelian dan pengalaman tentunya. Tapi jika di amati dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut putih jantan dan betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Perkutut putih jantan dan betina:

Ciri-ciri Perkutut putih jantan:

1. Seperti halnya burung Perkutut jenis lainnya, Perkutut putih jantan memiliki raut muka yang terlihat garang / sangar.

2. Selaput kulit disekitar mata burung Perkutut putih jantan lebih tebal dan bulat.

3. Mata burung Perkutut putih jantan tampak lebih besar dan melotot dengan sorot mata yang tajam.

4. Kepala burung Perkutut putih jantan lebih besar dan agak pipih.

5. Ukuran tubuh Perkutut putih jantan rata-rata lebih besar dan panjang dibanding Perkutut putih betina. Postur tubuhnya juga terlihat lebih tegap dan gagah.

6. Supit udang (tulang pubis) Perkutut putih jantan terasa lebih keras jika ditekan dengan jari. Biasanya para Kung Mania lebih memilih burung Perkutut jantan yang jarak supit udangnya agak lebar karena kebanyakan suaranya lebih besar dibanding Perkutut jantan yang jarak supit udangnya rapat.

7. Seperti halnya burung Perkutut jenis lainnya, Perkutut putih jantan yang sudah dewasa dan sudah birahi akan menunjukkan perilaku yang khas jika didekatkan dengan Perkutut betina, yaitu berbunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala (mbekur).

Ciri-ciri Perkutut putih betina:

1. Raut muka burung Perkutut putih betina terlihat sayu.

2. Selaput kulit disekitar kelopak mata burung Perkutut putih betina lebih tipis.

3. Bola matanya lebih kecil dengan sorot mata sayu.

4. Ukuran tubuh perkutut putih betina lebih kecil dan lebih pendek dibanding Perkutut putih jantan.

5. Kepala burung Perkutut putih betina lebih kecil dan bentuknya membulat.

6. Supit udang (tulang pubis) Perkutut putih betina jaraknya lebih lebar dan terasa lunak / lembek jika ditekan dengan jari.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung Perkutut putih dari supit udangnya kita harus menangkapnya. Kemudian pegang tubuh burung Perkutut dengan tangan kanan lalu raba tulang supitnya (dibagian perut didekat dubur) menggunakan jari telunjuk atau ibu jari tangan kiri.

Jika bagian tulang supitnya terasa agak keras berarti jantan, tapi jika terasa lunak / lembek dan jaraknya renggang berarti betina.

Tapi cara ini baru bisa dilakukan setelah burung Perkutut berumur 4 bulan keatas. Karena sebelum berumur 4 bulan, supit udang pada burung Perkutut jantan biasanya masih renggang dan lunak sehingga untuk orang yang masih awam tentang burung Perkutut akan kesulitan untuk menentukan jenis kelamin burung Perkutut dengan cara ini.

Setelah anakan burung Perkutut putih berumur 4 bulan lebih, terutama yang sudah berumur di atas 6 bulan, maka secara alami supit udang Perkutut putih jantan akan menyempit dan mengeras sehingga lebih mudah dibedakan dengan Perkutut putih betina.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Perkutut putih jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Perkutut putih jantan dan betina paling akurat"