Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Efektif Untuk Mengawinkan Ayam Ketawa

gambar ayam ketawa
Ilustrasi Ayam Ketawa
Onkicau.com – Ayam Ketawa adalah sebutan untuk ayam jantan yang berasal dari wilayah timur Indonesia, tepatnya dari Kabupaten Sidrap - Sulawesi Selatan.

Ayam Ketawa memiliki keunikan tersendiri pada suara kokoknya yang berbeda dengan ayam lain pada umumnya. Suara ayam ini hampir mirip dengan suara orang tertawa. Karena keunikannya itulah yang membuat Ayam Ketawa banyak diminati dan sring dilombakan.

Pada zaman dulu ayam ini hanya dimiliki oleh kaum bangsawan saja karena di anggap sebagai simbol kejantanan, keberanian, kesuksesan dan kekayaan. Kaum bangsawan Bugis menamakannya sebagai “Manu Gaga”.

Adapun habitat asli dari Ayam Ketawa berada di Kabupaten Sidrap - Sulawesi Selatan. Didaerah asalnya ayam ini banyak diternakkan di daerah Beteng - Panca Rijang.


Saat ini penggemar Ayam Ketawa semakin banyak seiring popularitasnya yang terus menanjak, bahkan tidak hanya didaerah Sulawesi saja, tapi diluar Sulawesi komunitas pecinta Ayam Ketawa terus bermunculan.

Semakin banyaknya penggemar Ayam Ketawa tentunya menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan jika dapat menangkarkannya karena harga Ayam Ketawa yang kualitasnya bagus terbilang cukup mahal.

Budidaya Ayam Ketawa sebetulnya cukup mudah karena caranya hampir sama dengan ternak ayam pada umumnya. Yang terpenting pilihlah indukan Ayam Ketawa yang kualitasnya bagus agar dapat menghasilkan anakan yang berkualitas.

Untuk mengawinkan indukan Ayam Ketawa jantan dan betina, ada dua metode yang bisa dilakukan, yaitu:
gambar ayam ketawa jantan dan betina
Indukan Ayam Ketawa
1. Ayam Ketawa jantan dan betina disatukan didalam satu kandang agar proses perkawinan terjadi secara alami.

Ayam Ketawa jantan tidak akan mengusik Ayam Ketawa betina ketika sedang bertelur, bahkan terkadang malah ikut membantu mengami telur-telurnya.

2. Tempatkan Ayam Ketawa jantan dan Ayam Ketawa betina didalam kandang berbeda. Sebaiknya proses perkawinan dengan cara ini dimulai pada pagi hari dengan memasukkan Ayam Ketawa betina ke dalam kandang Ayam Ketawa jantan.

Setelah kedua indukan Ayam Ketawa dipastikan sudah melakukan perkawinan kemudian indukan Ayam Ketawa betina dimasukkan ke dalam kandang ternak atau kandang untuk bertelur, tentu saja kandang tersebut harus disediakan tempat untuk bertelur (sarang). Umumnya indukan Ayam Ketawa betina bisa bertelur sampai 12 butir.


Ayam Ketawa yang berusia di atas 7 bulan sudah bisa dijodohkan, tapi usia ideal Ayam Ketawa untuk dikawinkan yaitu setelah berumur 1 tahun atau lebih. Kondisi Ayam Ketawa yang akan dijadikan sebagai indukan harus sehat dengan warna bulu yang bagus dan jengger tegak berdiri.

Untuk indukan Ayam Ketawa yang sudah menetaskan telur-telurnya, sebaiknya sesegera mungkin di istirahatkan setelah sebelumnya dimandikan dengan obat antiseptic, setelah itu bersihkan kotak sarangnta sebelum digunakan kembali untuk tempat bertelur indukan.

Sementara itu anakan Ayam Ketawa segera dipindahkan ke dalam kandang khusus yang didalamnya diberikan penghangat menggunakan bolam lampu. Kandang untuk anakan Ayam Ketawa bisa menggunakan kardus atau kotak kayu.

Anakan Ayam Ketawa yang sudah berumur 1 bulan harus dirawat dengan baik dengan diberikan pakan yang berkualitas dan rutin dijemur setiap hari selama 10 - 20 menit saja.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengawinkan Ayam Ketawa agar cepat bertelur yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Ayam Ketawa, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "2 Cara Efektif Untuk Mengawinkan Ayam Ketawa"