Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Merpati Agar Cepat Mengenali Kandang Barunya

gambar burung merpati
Burung Merpati
Onkicau.com – Merpati termasuk jenis burung yang cukup cerdas dan memiliki beberapa keistimewaan. Salah satu keistimewaan burung Merpati yaitu memiliki ingatan yang kuat pada kandangnya (homing) sehingga ketika dipelihara burung ini bisa dilepas diluar kandang karena bisa kembali sendiri ke rumah / kandangnya.

Tapi meskipun Merpati memiliki ingatan yang bagus, burung ini tetap perlu dilatih agar dapat mengenali dan ingat dengan kandangnya, terutama burung Merpati yang baru dipelihara.

Burung Merpati yang baru dipelihara perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kandang barunya. Oleh karena itulah burung Merpati yang bari dibeli atau baru dipelihara perlu mendapatkan perawatan dan perlakuan khusus agar cepat mengenali dan mengingat kandang barunya.

Bagi para penggemar Merpati yang sudah berpengalaman tentunya hal itu tidak menjadi masalah, tapi bagi para pemula seringkali menemui kendala dan bahkan burung Merpati yang baru dipelihara tidak kembali lagi ke kandang / paguponnya.


Berikut ini cara melatih burung Merpati agar cepat mengenali kandang barunya:

1. Siapkan kandang yang nyaman untuk burung Merpati yang baru dipelihara, karena jika kandangnya tidak memadai bisa membuat burung Merpati yang menempatinya merasa tidak nyaman berada didalamnya dan sulit beradaptasi dengan kandang barunya tersebut.

2. Masukkan burung Merpati yang baru dibeli kedalam kandang tersebut dan sediakan pakan serta air minum didalamnya.

3. Sesekali keluarkan burung Merpati tersebut dari kandangnya dan di umbar diluar kandang menggunakan kandang terbuka atau bisa juga menggunakan kandang dongdang, kandang ayam, kandang burung lovebird atau kandang terbuka lainnya. Tujuannya agar burung Merpati yang baru dipelihara tersebut bisa mengenal dan hafal dengan lingkungan diluar kandangnya.

4. Lakukan cara ini selama 3 - 7 hari tergantung dari karakter burung Merpati yang dipelihara karena setiap burung Merpati memiliki daya ingat yang berbeda-beda.

5. Jika burung Merpati tersebut dirasa sudah hafal dengan rumah / kandangnya, maka bisa mulai dilepaskan. Untuk pelepasan pertama sebaiknya dilakukan pada sore hari sebelum burung Merpati diberi makan agar tidak terbang jauh.

Terkadang burung Merpati akan terbang berputar-putar pada saat dilepaskan pertama kalinya untuk beradaptasi dan mengamati keadaan dilingkungan barunya.


Ciri-ciri burung Merpati yang sudah giring kandang:

1. Bekur jika dimasukkan kedalam kandangnya.

2. Tidak panik / glabrakan saat berada didalam kandangnya.

3. Jika diletakkan didepan pintu kandangnya akan langsung masuk ke dalam kandang dan bekur-bekur memutar.

Setiap individu burung Merpati memiliki daya ingat yang berbeda-beda, jadi waktu yang diperlukan untuk mengingat dan mengenali kandang barunya juga akan berbeda-beda untuk setiap burung Merpati.

Tapi rata-rata burung Merpati biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 - 7 hari untuk mengenali lingkungan dan kandang barunya.

Selama masa adaptasi sebaiknya burung Merpati yang baru dipelihara diberikan perawatan yang baik, mulai dari pemberian pakan dan air minum yang cukup, perawatan harian yang tepat dan perlakuan yang baik agar burung Merpati tetap sehat dan merasa nyaman.

Cara di atas berlaku untuk burung Merpati yang biasa di mainkan (Merpati balap). Sedangkan untuk jenis Merpati hias dan Merpati pos biasanya memerlukan waktu pengenalan kandang yang lebih lama.


Demikian sedikit informasi tentang cara melatih burung Merpati agar cepat mengenali kandang barunya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Melatih Merpati Agar Cepat Mengenali Kandang Barunya"