Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakkan Burung Merpati Yang Terlalu Giras

gambar burung merpati giras
Burung Merpati

Onkicau.com – Burung Merpati merupakan jenis burung yang mudah dipelihara dan mudah jinak, bahkan banyak yang memelihara burung Merpati dengan cara dilepas liarkan karena bisa pulang sendiri ke kandangnya.

Tapi meskipun terkenal mudah jinak terkadang ada juga burung Merpati yang memiliki karakter sangat giras dan susah jinak karena setiap individu burung Merpati memang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Jika burung Merpati yang dipelihara terlalu giras tentunya akan merepotkan dalam merawat dan melatihnya karena Merpati tersebut akan selalu ketakutan setiap kali didekati.

Selain itu, burung Merpati yang terlalu giras juga akan mudah stress dan tentunya tidak mau giring, atau kalaupun giring tetap tidak bisa maksimal karena masih takut tangan dan tidak mau hinggap ke betinanya.

Burung Merpati yang terlalu giras biasanya juga akan menjadi kurus karena selalu tidak tenang dan nafsu makannya berkurang. Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan kesehatan burung Merpati terganggu.

Untuk menjinakkan burung Merpati yang sangat giras memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan serta trik-trik khusus agar burung Merpati tersebut bisa cepat jinak sehingga memudahkan dalam melatih dan merawatnya.


Berikut ini cara menjinakkan burung Merpati yang terlalu giras:

1. Perlakukan dengan lembut

Perlakukan burung Merpati dengan baik dan lembut, baik saat memegang atau menangkapnya agar Merpati tersebut tidak merasa takut dan terancam. Karena jika dikasari biasanya burung Merpati akan ingat dan trauma sehingga Merpati tersebut akan ketakutan setiap kali melihat kita karena mengira bahwa keberadaan kita merupakan ancaman.

2. Sering di mandikan

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjinakkan burung Merpati yang terlalu giras yaitu dengan sering memandikannya sampai basah kuyup seperti halnya cara menjinakkan burung ocehan atau burung anggungan.

Setelah selesai dimandikan kemudian berikan sedikit makanan kesukaannya sambil dielus-elus kepalanya dengan lembut agar burung  Merpati mengenal kita sebagai perawatnya, bukan sebagai ancaman.

Dengan sering dimandikan dan diperlakukan dengan penuh kasih sayang maka dalam waktu yang tidak terlalu lama burung Merpati yang tadinya sangat giras akan menjadi lebih jinak dan tidak ketakutan lagi ketika didekati.

Waktu untuk memandikan burung Merpati bisa dilakukan pada pagi atau sore hari, atau bisa juga pada malam hari untuk burung Merpati sangat giras.


3. Atur pola makannya

Untuk membuat burung Merpati cepat jinak, caranya yaitu dengan membuat burung Merpati percaya bahwa kita sebagai pemiliknya bukanlah ancaman, tapi merupakan perawatnya yang selalu memberikan makanan.

Salah satu cara agar burung Merpati percaya pada pemiliknya yaitu dengan selalu memberikan makan secara teratur pada jam-jam yang ditentukan. Atur pola makan burung Merpati sehari sekali pada sore hari.

Dengan begitu burung Merpati akan merasa lapar dan ketika pemiliknya datang untuk memberikan makanan setiap sore maka burung Merpati tersebut akan hafal dan mengenali pemiliknya yang selalu memberikan makanan. Dengan cara ini maka lama-kelamaan burung Merpati tersebut akan tergantung kepada pemiliknya / perawatnya.

Saat memberikan pakan usahakan untuk memberikan tanda atau kode khusus, misalnya dengan siulan, menggoyang-goyanggkan wadah pakan agar menimbulkan bunyi atau kode-kode lainnya agar burung Merpati hafal jika mendengar suara tersebut berarti sudah waktunya makan.

Setelah selesai diberikan pakan, jangan lupa untuk mengambil sisa makanan didalam kandang jika tidak habis. Dengan cara ini burung Merpati akan cepat mengenal kita sebagai perawatnya dan nantinya ketika mendengar suara (kode) dari kita maka burung Merpati akan langsung mendekat.

Untuk menjinakkan burung Merpati yang sangat giras memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Tidak ada patokan waktu berapa lama burung Merpati akan jinak karena setiap individu burung Merpati memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Jadi cepat atau lambatnya proses penjinakan burung Merpati juga dipengaruhi oleh karakternya, karena ada burung Merpati yang mudah jinak dan ada juga yang sulit jinak. Jadi, kunci kesuksesan dalam menjinakkan burung Merpati terletak pada pola perawatan yang diterapkan, ketelatenan dan konsistensi.

4. Pelihara lebih dari sepasang burung Merpati

Memelihara burung Merpati lebih dari satu pasang juga bisa mempercepat proses penjinakan, karena pada dasarnya burung Merpati merupakan salah satu jenis burung yang suka berkoloni sehingga ketika ada teman atau kelompoknya maka burung ini akan merasa lebih aman dan nyaman.


Demikian sedikit informasi tentang cara menjinakkan burung Merpati yang sangat giras yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Menjinakkan Burung Merpati Yang Terlalu Giras"