Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengolah Rumput Teki Untuk Doping Merpati Balap

gambar burung merpati dan rumput teki
Ilustrasi
Onkicau.com – Merpati balap harus memiliki stamina yang prima agar bisa tampil maksimal ketika dilombakan. Biasanya para pemain Merpati akan memberikan jamu atau suplemen khusus pada burung Merpati andalannya, baik suplemen buatan pabrik maupun suplemen dari bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai doping untuk Merpati balap adalah umbi rumput teki yang banyak tumbuh liar dihalaman rumah, dipinggir jalan, dikebun atau disawah.

Tidak banyak yang mengetahu tentang khasiat dan manfaat rumput teki karena tumbuhan ini justru sering di anggap sebagai gulma (hama) karena sering tumbuh disekitar tanaman pertanian dan dihalaman rumah.

Walaupun kelihatannya tidak berharga tapi sebetulnya rumput teki memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan Manusia, terutama umbinya. Selain bermanfaat untuk kesehatan Manusia, umbi rumput teki juga bisa dijadikan sebagai jamu untuk menambah stamina Merpati balap.

Umbi rumput teki berwarna hitam dengan tekstur yang agak keras dan ditumbuhi akar dengan aroma yang sangat khas seperti aroma bahan-bahan jamu tradisional.

Kandungan nutrisi pada umbi rumput teki dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk Merpati balap sehingga banyak yang menggunakannya sebagai doping untuk Merpati balap.


Cara mengolah umbi rumput teki menjadi jamu untuk Merpati balap:
gambar umbi rumput teki
Rumput Teki
1. Siapkan umbi rumput teki yang sudah dipisahkan dari batang dan akar-akarnya.

2. Setelah bersih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik sinar matahari atau bisa juga disangrai.

3. Setelah umbi rumput teki kering, kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti ginseng, jahe atau bawang putih.

4. Setelah dihaluskan kemudian dicampur dengan kuning telur bebek lalu di aduk sampai tercampur rata.

5. Setelah adonan tercampur rata kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil agar mudah saat dilolohkan pada burung Merpati.

Jamu rumput teki ini bisa digunakan sebagai suplemen alami untuk menjaga kesehatan burung Merpati dan untuk meningkatkan stamina burung Merpati saat dilombakan.

Ramuan tradisional ini sudah digunakan oleh para pemain Merpati balap sejak jaman dulu dan sudah terbukti khasiatnya untuk mendongkrak stamina Merpati balap sekaligus menjadikan nafas burung Merpati menjadi lebih panjang.


Demikian sedkikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan umbi rumput teki untuk mendongkrak stamina Merpati balap yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Merpati dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Mengolah Rumput Teki Untuk Doping Merpati Balap"