Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya

gambar burung kadalan birah jantan dan betina
Burung Kadalan Birah Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Kadalan Birah memang kurang diminati oleh para Kicau Mania karena suarannya cenderung monoton dan tidak merdu. Burung ini biasanya dipelihara sebagai burung hias karena memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang cantik.

Burung Kadalan Birah merupakan burung lokal Indonesia dengan wilayah persebaran meliputi wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Ukuran tubuh burung Kadalan Birah termasuk cukup besar dengan panjang keseluruhan tubuhnya mencapai 49 - 50 cm. Paruhnya cukup besar berwarna hijau tosca dan memiliki bulu ekor yang panjang menjuntai berwarna merah karat.

Warna bulu dibagian atas kepala (mahkota) dan tengkuknya berwarna abu-abu, bulu-bulu dibagian punggungnya berwarna hijau pucat, sedangkan bulu-bulu dibagian bawah tubuhnya berwarna merah karat.


Jika dilihat sekilas antara burung Kadalan Birah jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang hampir sama karena burung ini termasuk jenis burung monomorfik.

Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama sebetulnya terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara burung Kadalan Birah jantan dan burung Kadalan Birah betina. Jadi meskipun burung ini termasuk jenis burung monomorfik tapi cukup mudah untuk membedakan jenis kelaminnya.

Ciri-ciri paling mencolok yang membedakan antara burung Kadalan Birah jantan dan betina adalah pada bagian iris matanya.

Iris mata burung Kadalan Birah jantan berwarna kebiruan, sedangkan iris mata burung Kadalan Birah betina berwarna putih kuning.

Musim berkembang biak burung Kadalan Birah di alam bebas tergantung dari habitatnya. Misalnya saja di Kalimantan, musim kawin burung Kadalan Birah berlangsung antara bulan Agustus hingga bulan Desember. Tapi di wilayah lain burung Kadalan Birah akan berkembang biak mulai bulan Januari hingga bulan September.

Burung Kadalan Birah jantan dan betina akan membangun sarang bersama dengan menggunakan bahan sarang dari ranting pohon dan dedaungan kering.

Burung Kadalan Birah betina akan bertelur sebanyak 2 - 3 butir dan akan di erami secara bergantian dengan pejantannya selama kurang lebih 13 hari sampai menetas.


Burung Kadalan Birah terdiri atas enam subspesies (ras) dengan wilayah persebaran yang berbeda-beda, antara lain:

- Phaenicophaeus curvirostris singularis (Parrot, 1907)

Wilayah persebarannya meliputi wilayah selatan Myanmar (Tenasserim), wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia dan Sumatera.

- Phaenicophaeus curvirostris oeneicaudus (J. & E. Verreaux, 1855)

Wilayah persebarannya meliputi wilayah kepulauan Mentawai (termasuk wilayah Provinsi Sumatera Barat).

- Phaenicophaeus curvirostris curvirostris (Shaw, 1810)

Jenis burung Kadalan Birah ini merupakan burung endemik di wilayah barat dan tengah Pulau Jawa.

- Phaenicophaeus curvirostris deningeri (Stresemann, 1913)

Jenis burung Kadalan Birah ini merupakan burung endemik di wilayah timur Pulau Jawa dan Bali.

- Phaenicophaeus curvirostris microrhinus (Berlepsch, 1895)

Jenis burung Kadalan Birah ini bisa dijumpai dibeberapa wilayah di Bangka dan Kalimantan.

- Phaenicophaeus curvirostris harringtoni (Sharpe, 1877)

Jenis burung Kadalan Birah ini merupakan burung endemik di wilayah barat daya Filipina (Balabac, Palawan dan Calamianes).


Dari ke enam ras tersebut, lima di antaranya terdapat di Indonesia dan ada empat ras burung Kadalan Birah yang merupakan burung lokal yang hanya dijumpai diwilayah Indonesia.

Perbedaan antar ras burung Kadalan Birah biasanya terletak pada warna bulu dibagian kerongkongan, pipi dan perutnya serta pada ukuran bulu ekornya.

Di Indonesia terdapat tujuh spesies burung Kadalan, termasuk burung Kadalan Birah. Berikut ini enam spesies yang menjadi kerabat dekat burung Kadalan Birah:

1. Kadalan Kulawesi / yellow-billed malkoha (Phaenicophaeus calyorhynchus)

2. Kadalan Selaya / raffles’s malkoha (Phaenicophaeus chlorophaeus)

3. Kadalan Saweh / chestnut-bellied malkoha (Phaenicophaeus sumatranus)

4. Kadalan Kera / green-billed malkoha ( Phaenicophaeus tristis)

5. Kadalan Kembang / red-billed malkoha  (Phaenicophaeus javanicus)

6. Kadalan Beruang / black-bellied malkoha (Phaenicophaeus diardi)


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kadalan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kadalan Birah jantan dan betina beserta gambarnya"