Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat dan Menjinakkan Burung Kadalan Birah Bakalan

gambar burung kadalan birah
Burung Kadalan Birah
Onkicau.com – Burung Kadalan Birah memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang indah. Tapi burung ini tidak begitu populer dan kurang diminati oleh para Kicau Mania karena memang tidak termasuk burung ocehan.

Burung Kadalan Birah jarang bersuara dan suaranya juga tidak merdu. Burung ini bisa dikategorikan sebagai burung hias karena memiliki penampilan dan warna bulu yang indah.

Ukuran tubuh burung Kadalan Birah termasuk cukup besar dengan panjang keseluruhan tubuhnya mencapai 49 - 50 cm. Paruhnya cukup besar berwarna hijau tosca dan memiliki bulu ekor yang panjang menjuntai berwarna merah karat.

Warna bulu dibagian atas kepala (mahkota) dan tengkuknya berwarna abu-abu, bulu-bulu dibagian punggungnya berwarna hijau pucat, sedangkan bulu-bulu dibagian bawah tubuhnya berwarna merah karat.

Selaput kulit disekitar matanya berwarna merah. Iris mata burung Kadalan Birah jantan berwarna biru, sedangkan iris mata burung Kadalan Birah betina berwarna kuning.

Di Indonesia burung Kadalan Birah bisa dijumpai di wilayah Sumatera, Kalimantan, Bangka, Mentawai, Jawa dan Bali.

Di alam bebas burung Kadalan Birah sering berkeliaran di pepohonan atau semak-semak untuk mencari makan dengan pasangannya atau dalam kelompok kecil, dan terkadang juga bersama dengan burung-burung jenis lain.

Makanan alami burung Kadalan Birah di alam bebas adalah binatang-binatang kecil seperti kadal, cicak, ular kecil, ulat, serangga, katak dan binatang-binatang kecil lainnya.

Ketika dipelihara, burung Kadalan Birah bisa diberi pakan jangkrik dan ulat hongkong karena lebih mudah didapatkan. Tapi jika ada memang lebih bagus jika diberikan jenis pakan seperti di habitat aslinya.


Berikut ini perawatan yang tepat untuk burung Kadalan Birah bakalan agar cepat jinak dan rajin bunyi:

1. Penempatan

Setelah mendapatkan burung Kadalan Birah segera tempatkan didalam kandang yang ukurannya cukup besar agar burung bisa leluasa bergerak dan bulu ekornya yang panjang tidak rusak karena terkena jeruji sangkar.

Jika yang dipelihara adalah burung bakalan tangkapan hutan sebaiknya pertama kali dipelihara ditempatkan dilokasi yang sepi agar burung tidak glabrakan dan stress.

2. Pemberian pakan

Berikan jangkrik dan ulat hongkong dengan porsi yang cukup banyak agar burung Kadalan Birah bakalan bisa makan sepuasnya untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Nantinya burung ini juga bisa dilatih makan voer dengan cara mencampurkan ulat hongkong dengan voer setiap hari. Meskipung memerlukan waktu cukup lama tapi jika dilakukan secara rutin setiap hari lama-kelamaan burung Kadalan Birah akan terbiasa dan mau makan voer.


3. Perawatan mandi dan jemur

Mandikan burung Kadalan Birah setiap hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup. Selain bermanfaat untuk membersihkan bulu-bulunya, jika sering dimandikan burung Kadalan Birah bakalan yang tadinya sangat giras akan lebih cepat menjadi jinak.

Setelah selesai dimandikan, kemudian berikan jangkrik langsung dari tangan agar burung cepat mengenali pemiliknya dan tidak takut lagi ketika didekati.

Setelah diberikan jangkrik, kemudian jemur burung Kadalan Birah selama kurang lebih satu jam setiap hari agar burung selalu sehat dan aktif.

4. Penjinakan

Setelah beberapa hari dipelihara, mulailah untuk menempatkan kandangnya dilokasi yang ramai lalu lalang orang dan kendaraan agar burung Kadalan Birah terbiasa dengan lingkungan Manusia.

Awalnya burung Kadalan Birah bakalan tersebut mungkin akan glabrakan dan ketakutan ketika ada orang yang mendekati kandangnya, tapi setelah beberapa hari burung akan lebih tenang dan tidak glabrakan lagi ketika didekati. Cara ini sangat efektif untuk menjinakkan semua jenis burung bakalan yang masih liar.

5. Kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga harus diperhatikan karena burung ini makannya banyak sehingga kotorannya juga banyak.

Bersihkan kandangnya secara rutin agar burung merasa nyaman dan sehat, karena kotoran yang menumpuk dan sisa-sisa makanan yang berceceran didasar kandang bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Kadalan Birah bakalan agar cepat jinak dan gacor yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Merawat dan Menjinakkan Burung Kadalan Birah Bakalan"