Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan burung Perkutut saat musim hujan

gambar burung perkutut ombyokan
Burung Perkutut
Onkicau.com - Burung Perkutut merupakan jenis burung anggungan yang paling populer dan paling banyak penggemarnya, karena selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Perkutut juga dipercaya oleh sebagian orang sebagai burung pembawa hoki.

Mendengarkan suara anggungan burung Perkutut yang merdu memang bisa membuat suasana hati menjadi tentram dan adem ayem, apalagi ketika sedang bersantai dirumah.

Burung Perkutut termasuk jenis burung yang mudah dirawat, mudah jinak dan bisa cepat bunyi jika dirawat dengan baik. Dan jika sudah mapan, burung Perkutut bisa bisa manggung sepanjang hari.

Tapi pada saat musim hujan biasanya burung Perkutut akan menjadi kurang gacor dan lebih banyak diam mengembangkan bulu-bulunya (nyekukruk). Bahkan seringkali burung Perkutut juga bisa mengalami gangguan kesehatan jika tidak diberikan perawatan yang tepat.

Agar burung Perkutut tetap sehat dan rajin manggung pada saat musim hujan sebaiknya berikan perawatan extra untuk menjaga kondisi fisiknya, dari mulai pemberian pakan, penjemuran, kebersihan kandang dan juga pemberian jamu berbahan rempah-rempah untuk menghangatkan tubuhnya.


Berikut ini tips perawatan dan pemberian jamu untuk burung Perkutut pada saat musim hujan:

1. Pemberian pakan

Jika pada musim kemarau burung Perkutut baisanya diberikan pakan berupa campuran biji-bijian seperti milet putih, jewawut dan gabah bangkok, maka ketika musim hujan tambahkan godem dan ketan hitam yang sudah ditumbuk untuk menghangatkan tubuhnya.

2. Penjemuran

Jika pada musim kemarau burung Perkutut biasa dijemur secara rutin setiap hari, tentunya ketika musim hujan hal itu tidak bisa dilakukan karena matahari tidak muncul setiap hari.

gambar menjemur burung perkutut

Oleh karena itu, jika matahari muncul, baik pagi, siang, maupun sore hari usahakan untuk segera menjemur burung Perkutut meskipun hanya sebentar, dan segera masukkan ke dalam rumah jika hujan mulai turun. Dan jika hujan turun terus menerus setiap hari sebaiknya burung Perkutut tidak usah dimandikan.


3. Pemberian jamu

Untuk membantu menghangatkan tubuh burung Perkutut sebaiknya berikan juga jamu dari bahan rempah-rempah. Jamu untuk burung Perkutut bisa diracik sendiri dari bahan-bahan herbal seperti kunyit, kencur, temu lawak, madu murni dan jahe.

Semua bahan-bahan tersebut dikupas kulitnya dulu kemudian dicuci sampai bersih dan ditumbuk sampai halus.

Setelah halus kemudian diperas dan air perasannya dicampurkan dengan kuning telur ayam kampung lalu di aduk sampai tercampur rata.

Campuran rempah-rempah, madu murni dan kuning telur tersebut kemudian dicampur dengan pakan biji-bijian seperti milet putih, jewawut, gabah bangkok, godem dan ketan hitam.

Setelah semua bahan tercampur rata kemudian dijemur atau disangrai sampai benar-benar kering sebelum diberikan pada burung Perkutut.

Selain dicampurkan pada pakannya, jamu rempah-rempah juga bisa diberikan dengan cara dilolohkan langsung pada burung Perkutut setiap sore menjelang tidur.

Untuk jamu yang dilolohkan bisa menggunakan jamu kemasan yang bisa dibeli dikios-kios pakan burung, atau bisa juga dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami seperti rimpang kencur, kuning telur ayam kampung, madu murni, kunyit, bawang putih, jahe dan daun saga.

Cara membuatnya, yaitu dengan menghaluskan semua bahan-bahan tersebut kemudian dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil lalu dikeringkan. Berikan jamu tersebut setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali sebanyak 3 - 5 butir.

4. Kebersihan kandang

Pada musim hujan kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan agar burung Perkutut selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Usahakan untuk membersihkan kandangnya setiap hari agar kotoran tidak menumpuk karena bisa menjadi sarang virus dan bekteri penyebab penyakit.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Perkutut saat musim hujan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan burung Perkutut saat musim hujan"