Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Perkutut Mencret

gambar burung perkutut mencret
Perkutut Lokal
Onkicau.com - Pada musim penghujan dimana hujan turun sepanjang hari tentunya akan membuat suhu udara menjadi dingin karena tidak ada sinar matahari. Hal itu juga dapat berdampak buruk pada kesehatan burung Perkutut karena tidak pernah terkena sinar matahari untuk menghangatkan tubuhnya.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan burung Perkutut mengalami masuk angin dan bisa menyebabkan mencret. Gejalanya bisa dilihat dari kotorannya yang cair dan berwarna kehijauan.

Jika burung Perkutut menunjukkan gejala tersebut sebaiknya harus segera ditangani agar tidak bertambah parah.


Ada beberapa cara untuk mengobati burung Perkutut mencret, antara lain:

1. Berikan bawang putih yang dipotong kecil-kecil seukuran kacang hijau dengan cara dilolohkan 3 kali sehari sampai kondisinya membaik, yaitu jika kotorannya terlihat sudah padat.

2. Jika mencretnya sudah parah bisa juga diberikan pakan tambahan berupa kacang hijau mentah dengan cara dilolohkan sebanyak 3 - 5 butir setiap hari. Hentikan pemberian kacang hijau setelah kotorannya terlihat solid.

3. Jika burung Perkutut sudah tidak mau makan maka harus rutin diloloh milet pada pagi, siang dan sore hari sampai temboloknya terisi agar burung Perkutut tidak lemas dan bisa bertahan hidup.

Lakukan ketiga cara tersebut sampai kondisi burung Perkutut membaik dan sehat lagi seperti semula. Setelah burung Perkutut sembuh sebaiknya berikan perawatan yang tepat karena pada saat musim hujan burung Perkutut rawan terserang penyakit.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengobati Perkutut mencret yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Mengobati Perkutut Mencret"