Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan Murai Batu pada saat musim hujan

gambar burung murai batu terbang didalam kandang umbaran
Burung Murai Batu

Onkicau.com - Musim hujan adalah masa-masa rawan penyakit. Bukan hanya Manusia saja yang sering terserang berbagai macam penyakit pada musim hujan, tapi juga hewan peliharaan termasuk burung Murai Batu (MB).

Saat musim hujan, burung Murai Batu sangat rawan terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Oleh karena itu, pada musim hujan burung Murai Batu perlu diberikan perawatan ekstra agar terhindar dari serangan penyakit.


Berikut ini perawatan yang tepat untuk burung Murai Batu pada saat musim hujan agar terhindar dari serangan penyakit:

1. Jika pada musim kemarau burung Murai Batu biasa dimandikan setiap hari, maka pada musim hujan tidak perlu dimandikan, atau cukup dimandikan seminggu sekali saja ketika ada panas matahari.

2. Porsi pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik perlu ditambah 2 - 3 ekor setiap pagi dan sore. Selain jangkrik, berikan juga ulat hongkong untuk menghangatkan tubuh burung dan kroto juga tetap diberikan seperti biasanya.

3. Berikan multivitamin seminggu sekali yang dicampurkan pada air minumnya untuk menjaga daya tahan tubuh burung Murai Batu agar lebih tahan terhadap serangan penyakit.

4. Usahakan pada saat ada sinar matahari segera jemur burung Murai Batu meskipun hanya sebentar, dan segera masukkan kedalam rumah jika hujan turun.

5. Full kerodong pada saat hujan turun terus menerus agar burung Murai Batu tidak kedinginan. Jika perlu dekatkan kandangnya dengan lampu bolam agar suhu didalam kandang lebih hangat.

6. Perhatikan juga voer dan air minumnya, karena pada musim hujan kelembapan udara menjadi lebih tinggi dan hal itu bisa menyebabkan voer cepat berjamur. Jadi sebaiknya berikan voer secukupnya saja agar habis sehari dan kalau ada sisa sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak berjamur.

Air minumnya juga perlu diganti setiap hari agar tidak terjangkit bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada burung Murai Batu.

7. Bersihkan kandangnya setiap hari, karena kotoran yang menumpuk dan sisa-sisa pakan serta extra fooding (EF) yang berceceran didasar kandang bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit.


Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung Murai Batu saat musim hujan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Tetima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan Murai Batu pada saat musim hujan"