Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menguak Mitos Burung Perkutut Berubah Jadi Ular

Onkicau.com - Perkutut lokal seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Banyak mitos-mitos tentang burung Perkutut yang telah menjadi cerita turun-temurun di masyarakat sejak jaman dulu.

Bahkan karena adanya mitos-mitos dan cerita-cerita mistis tentang Perkutut lokal sampai membuat banyak orang enggan untuk memelihara burung Perkutut, terutama Perkutut karena takut akan terjadi hal-hal buruk dalam kehidupannya dan juga keluarganya.

Tapi bagi sebagian orang lainnya justru menganggap burung Perkutut sebagai burung pembawa hoki / keberuntungan, terutama bagi mereka yang percaya pada katuranggan atau ciri mathi Perkutut.


Dari banyaknya mitos-mitos tentang Perkutut lokal, ada mitos yang paling terkenal dan sering kita dengar dari cerita orang-orang tua jaman dulu, yaitu tentang Perkutut yang bisa berubah menjadi ular.
gambar burung perkutut dan ular
Ilustrasi
Secara logika tentunya hal itu mustahil terjadi karena burung Perkutut dan ular adalah dua hewan yang berbeda species dan jika dilihat dari bentuk fisiknya saja sudah jauh berbeda. Tapi jika bicara tentang hal-hal ghaib tentunya hal itu mungkin saja terjadi.

Jika kita mengamati corak bulu pada burung Perkutut atau luriknya dan juga warna bulunya, memang ada sedikit kemiripan dengan bentuk sisik ular.

Kemungkinan warna dan lurik pada burung Perkutut tersebut memang diciptakan atau didesain oleh Tuhan sebagai senjata andalan burung Perkutut untuk melindungi dirinya, yaitu untuk berkamuflase menjadi serupa ular pada saat-saat tertentu.

Kemungkinan Perkutut tersebut sebetulnya tidak berubah menjadi ular, tapi hanya mengelabuhi pandangan mata Manusia dengan kemampuannya berkamuflase sehingga terlihat seperti ular.

Menurut orang-orang tua jaman dulu, jika mendapatkan burung Perkutut yang saat ditangkap tiba-tiba berubah menjadi ular, segeralah gosok-gosokkan tubuh ular tersebut ke tanah yang berdebu atau siram dengan air, maka beberapa saat kemudian efek kamuflasenya akan hilang dan ular tersebut akan berubah (terlihat) menjadi burung Perkutut lagi.

Jika yang berubah menjadi ular adalah burung Perkutut yang dipelihara didalam kandang, maka untuk menghilangkan efek kamuflasenya yaitu dengan menutup kandangnya menggunakan kain batik.

Menurut cerita orang-orang tua dulu, konon setelah kandangnya ditutup dengan kain batik maka beberapa saat kemudian ular tersebut akan berubah kembali menjadi burung Perkutut.

Tapi jika yang ada didalam kandang tersebut adalah ular asli yang memakan burung Perkutut pasti tidak akan pernah berubah menjadi burung lagi.
gambar burung perkutut berubah jadi ular
Ilustrasi
Tidak semua Perkutut lokal memiliki kemampuan untuk berubah menjadi ular, hanya Perkutut-Perkutut tertentu saja yang memilki kemampuan tersebut dan biasanya Perkutut yang bisa berubah menjadi ular memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh burung Perkutut pada umumnya.


Berikut ini beberapa jenis Perkutut lokal yang konon bisa berubah menjadi ular:

1. Perkutut Katuranggan Sriwiti (Leher Kobra)

Perkutut katuranggan Sriwiti memiliki ciri-ciri khusus pada lehernya yang panjang dan melengkung. Ketika bertengger badannya tampak tegak dengan kepala melengkung menyerupai ular kobra dan ekornya tegak lurus kebawah.

Perilakunya sangat tenang, suka berdiam lama di tangkringan dan sorot matanya tajam menatap kedepan. Bentuk lehernya yang mirip dengan ular kobra sehingga sering disebut Perkutut leher kobra. Konon Perkutut Sriwiti dapat berubah menjadi ular pada waktu-waktu tertentu.

2. Perkutut Katuranggan Korowelang

Ciri-ciri Perkutut Korowelang yaitu pada bagian bulu ekornya terdapat garis-garis kehitaman menyerupai ular welang. Garis-garis belang tersebut terkadang tembus sampai ke bagian bulu sayapnya.

Perkutut katuranggan Korowelang memiliki kebiasaan bersarang ditanah. Jenis Perkutut ini termasuk langka dan sulit ditemukan. Konon Perkutut Korowelang dapat berubah menjadi ular pada waktu-waktu tertentu.

3. Perkutut Mujur (Sri Gunung)

Perkutut Mujur tidak memiliki perbedaan fisik dengan Perkutut lain pada umumnya, dari warna bulu maupun luriknya sama seperti burung Perkutut pada umumnya. Yang menjadi ciri khas dari Perkutut Mujur adalah ketika tidur posisi tubuhnya sejajar dengan tangkringan.

Konon pada malam-malam tertentu Perkutut Mujur akan mengeluarkan suara desisan seperti ular dan pada saat itulah Perkutut ini akan berubah menjadi ular.

4. Perkutut Punden

Perkutut Punden adalah sebutan untuk burung Perkutut yang hidup atau mendiami Punden / tempat-tempat keramat.

Perkutut Punden sangat sulit untuk ditangkap karena ada beberapa di antaranya yang konon merupakan Perkutut ghaib atau merupakan burung peliharaan mahluk ghaib penunggu Punden.

Biasanya untuk menangkap Perkutut Punden diperlukan ritual kusus atau syarat-syarat tertentu sebagai mahar atau tebusan untuk dapat memilikinya.

Tapi jika berjodoh, terkadang Perkutut Punden akan datang sendiri kepada seseorang yang menurutnya cocok untuk menjadi pemiliknya (tuannya) karena sifatnya seperti pusaka. Konon Perkutut Punden akan berubah menjadi ular pada waktu-waktu tertentu.

5. Perkutut Katuranggan Larasati

Perkutut Larasati memiliki ciri khusus pada bulu dibagian duburnya yang berwarna kekuningan seperti burung Trucukan dan burung Kutilang. Sedangkan bentuk fisik, warna bulu dan juga luriknya sama seperti burung Perkutut pada umumnya.

Konon Perkutut katuranggan Larasati dapat berubah menjadi ular ketika tertangkap oleh Manusia dan akan berubah menjadi burung Perkutut lagi jika dilepaskan.


Demikian sedikit informasi tentang mitos dan ciri-ciri burung Perkutut yang bisa berubah menjadi ular yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Sumber: Hartalangit.com

Video YouTube - Harta Langit Channel

Post a Comment for "Menguak Mitos Burung Perkutut Berubah Jadi Ular"