Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri dan kelebihan Perkutut lokal Tuban

gambar perkutut lokal tuban ombyokan
Ilustrasi Perkutut Lokal Tuban
Onkicau.com - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki burung Perkutut lokal dengan ciri khasnya sendiri. Salah satunya yang paling terkenal adalah Perkutut Tuban yang banyak digemari oleh para Kung Mania di Indonesia untuk dipelihara sebagai burung klangenan.

Burung Perkutut yang berasal dari daerah Tuban dikenal sebagai Perkutut unggulan yang memiliki kualitas suara lebih bagus dibanding Perkutut lokal dari daerah lain.

Konon, Perkutut Tuban merupakan burung Perkutut yang pertama kali dipelihara oleh banyak orang hingga sekarang menjadi sebuah hobi.

Pada jaman dulu banyak masyarakat Tuban yang memikat Perkutut liar kemudian dibawa pulang untuk dipelihara, dan ahirnya kebiasaan tersebut di ikuti oleh banyak orang yang juga tertarik untuk memelihara burung Perkutut.

Sampai sekarang burung Perkutut lokal Tuban masih sering dicari oleh para penggemar Perkutut lokal dari seluruh wilayah Indonesia karena Perkutut Tuban di anggap sebagai salah satu burung Perkutut terbaik di Indonesia.


Berikut ini beberapa ciri-ciri Perkutut lokal Tuban:

1. Postur tubuh Perkutut Tuban termasuk cukup besar untuk ukuran rata-rata burung Perkutut lokal dari daerah lain.

2. Jika diperhatikan bagian lingkar mata Perkutut Tuban kebanyakan berwarna hijau kekuningan.

3. Ada sebagian Perkutut lokal Tuban asli yang bulu-bulunya berwarna kemerahan, terutama bulu-bulu dibagian dada dan perutnya.

4. Suara anggungan Perkutut Tuban terdengar sangat merdu dengan volume besar dan memiliki irama lagu yang bagus.

5. Perkutut Tuban juga terkenal mudah jinak, hal itu mungkin disebabkan karena habitat alaminya berada disekitar pemukiman penduduk sehingga sudah terbiasa berinteraksi dengan Manusia.

Saat ini Perkutut Tuban yang pada masa lampau sangat terkenal karena suara koongnya kini bisa dikatakan sudah tidak ada lagi.

Yang banyak dipelihara dan diperjual belikan saat ini adalah jenis Perkutut teki yang suaranya kecil dengan irama yang cepat. Tapi jika dibandingkan dengan Perkutut dari daerah lain, suara Perkutut Tuban masih lebih bagus.

Suara burung Perkutut lokal Tuban yang asli memang sangat bagus dan merdu dengan irama khas suara Perkutut Jawa. Itu sebabnya banyak sekali pencinta burung Perkutut yang memburu jenis Perkutut Tuban untuk dipelihara sebagai klangenan.

Perkutut Tuban juga mudah dirawat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga bisa cepat jinak dan cepat manggung meskipun dipelihara dari bakalan.

Perkutut Tuban juga memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik sehingga tidak mudah sakit dan tidak mudah stress walaupun kondisi cuaca sedang tidak menentu.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Perkutut Tuban yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan kelebihan Perkutut lokal Tuban"