Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Perbedaan Burung Tepus Pipi Perak Jantan dan Betina

gambar burung tepus pipi perak jantan dan betina
Burung Tepus Pipi Perak Jantan & Betina
Onkicau.com – Penampilan fisik dan warna bulu burung Tepus Pipi Perak mirip dengan burung Tepus Gelagah atau burung Kaso-Kaso. Secara keseluruhan perbeaan yang paling mencolok hanya pada warna hitam dibagian dadanya saja.

Burung Tepus Pipi Perak adalah burung endemik Pulau Jawa dan Bali. Burung ini termasuk spesies burung yang dilindungi Pemerintah sesuai dengan PP Nomor 7/1999 dan UU Nomor 5/Tahun 1990.

Perlindungan diberikan karena populasi burung Tepus Pipi Perak di alam bebas semakin langka dan juga karena daerah persebarannya yang sangat terbatas hanya dibeberapa lokasi di Jawa dan Bali saja. 

Bulu-bulu burung Tepus Pipi Perak didominasi warna coklat dengan alis berwarna putih dan pada bagian pipinya berwarna perak / abu-abu.

Bulu di atas kepala dan sayapnya berwarna coklat kemerahan, sedangkan pada bagian punggung dan ekornya berwarna coklat zaitun. Bulu-bulu dibagian tenggorokan berwarna putih dengan kombinasi batas warna hitam tidak teratur dan bulu-bulu dibagian dada sampai perut berwarna abu-abu.

Burung Tepus Pipi Perak termasuk jenis burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sama sehingga cukup sulit untuk membedakan jenis kelaminnya.

Tapi meskipun terlihat sama, sebetulnya jika di amati dengan seksama terdapat beberapa perbedaan antara burung Tepus Pipi Perak jantan dan burung Tepus Pipi Perak betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Tepus Pipi Perak jantan dan betina:

1. Jika diperhatikan warna bulu burung Tepus Pipi Perak jantan tampak lebih jelas / kontras jika dibandingkan dengan warna bulu burung Tepus Pipi Perak betina yang cenderung agak kusam.

2. Kepala burung Tepus Pipi Perak jantan lebih besar dan lonjong, sedangkan kepala burung Tepus Pipi Perak betina lebih kecil dan bentuknya membulat.

3. Alis mata burung Tepus Pipi Perak jantan lebih panjang dan warna pada bagian muka / pipinya lebih cerah, sedangkan alis mata burung Tepus Pipi Perak betina lebih pendek dan warna muka / pipinya agak kusam.

4. Mata burung Tepus Pipi Perak jantan lebih besar dengan sorot mata tajam, sedangkan mata burung Tepus Pipi Perak betina lebih kecil dengan sorot mata sayu.

5. Warna merah karat pada bagian kepala dan sayap burung Tepus Pipi Perak jantan lebih jelas / pekat, sedangkan warna merah karat pada bagian kepala dan sayap burung Tepus Pipi Perak betina kurang jelas / pudar.

6. Warna hitam dibagian leher dan dada burung Tepus Pipi Perak jantan lebih tebal dan jelas, sedangkan pada burung betina lebih tips.

7. Postur tubuh burung Tepus Pipi Perak jantan lebih besar dan panjang, sedangkan postur tubuh burung Tepus Pipi Perak betina lebih kecil dan pendek (buntet).

8. Suara kicauan burung Tepus Pipi Perak jantan lebih nyaring dan lebih bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Tepus Pipi Perak betina volumenya lebih kecil dan cenderung monoton.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Tepus Pipi Perak jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Tepus, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-Ciri Perbedaan Burung Tepus Pipi Perak Jantan dan Betina"