Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Prenjak Coki jantan dan betina paling akurat

gambar burung prenjak coki jantan dan betina
Burung Prenjak Coki Jantan dan Betina

Onkicau.com – Burung Prenjak Coki atau burung Cinenen Merah cukup digemari oleh para Kicau Mania karena burung mungil ini memiliki suara kicauan yang cukup bagus dan lantang.

Biasanya Prenjak Coki lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk menambah variasi isian burung-burung lain. Tapi ada juga yang memelihara burung ini sebagai klangenan untuk dinikmati suara kicauannya.

Jika berniat memelihara burung Prenjak Coki sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin bunyi dan suara kicauannya juga lebih bervariasi dibanding Prenjak Coki betina.

Tapi lebih bagus lagi jika memelihara burung Prenjak Coki jantan dan betina karena jika ada pasangannya burung ini akan lebih rajin bunyi dan saling bersahutan sehingga suara kicauannya akan terdengar lebih bagus.

Jika dilihat sekilas, antara burung Prenjak Coki jantan dan Prenjak Coki betina memang sangat mirip, tapi jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Prenjak Coki jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu maupun suara kicauannya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Prenjak Coki jantan dan betina:

1. Postur tubuh burung Prenjak Coki jantan lebih besar dan panjang, sedangkan postur tubuh burung Prenjak Coki betina cenderung lebih kecil dan pendek (buntet).

2. Bulu dada sampai bagian perut Prenjak Coki jantan berwarna putih bersih, sedangkan bulu dada sampai bagian perut Prenjak Coki betina berwarna putih kusam.

3. Bulu-bulu di atas kepala burung Prenjak Coki jantan berwarna merah tegas / jelas, sedangkan bulu-bulu dibagian kepala burung Prenjak Coki betina berwarna merah kusam (agak pudar).

4. Paruh burung Prenjak Coki jantan warnanya agak kemerahan, sedangkan paruh burung Prenjak Coki betina warnanya agak kehitaman.

5. Bulu hitam dibagian leher burung Prenjak Coki jantan tampak lebih jelas / lebih tebal dibanding yang betina.

5. Bulu sayap burung Prenjak Coki jantan berwarna abu-abu, sedangkan bulu sayap burung Prenjak Coki betina warnanya agak kehijauan (abu-abu semu hijau).

6. Bulu ekor burung Prenjak Coki jantan berwarna merah polos, sedangkan bulu ekor burung Prenjak Coki betina warnanya merah pudar dan pada bagian ujungnya terdapat bercak warna hitam.

7. Suara kicauan burung Prenjak Coki jantan lebih lantang dan bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Prenjak Coki betina cenderung monoton dan volumenya kurang keras.

Ciri-ciri tersebut cukup akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Prenjak Coki atau burung Cinenen Merah yang sudah dewasa.

Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin burung Prenjak Coki yang masih muda atau anakan bisa dilihat dari warna bulu dibagian atas kepalanya.

Pada usia yang sama warna bulu dibagian kepala anakan burung Prenjak Coki jantan terlihat agak kemerahan, sedangkan warna bulu dibagian kepala anakan burung Prenjak Coki betina belum terlihat kemerahan atau masih samar-samar.

Selain itu, postur tubuh anakan burung Prenjak Coki jantan juga lebih besar dibanding postur tubuh anakan Prenjak Coki betina pada usia yang sama.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Prenjak Coki / burung Cinenen Merah jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Prenjak, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Prenjak Coki jantan dan betina paling akurat"