Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Perbedaan Burung Tepus Leher Putih Jantan dan Betina

gambar burung tepus leher putih jantan dan betina
Burung Tepus Leher Putih Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Tepus Leher Putih atau Kopi Kalung merupakan salah satu jenis burung kicauan yang mulai banyak dipelihara oleh para Kicau Mania.

Biasanya burung Tepus Leher Putih lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran karena suara kicauan burung ini lebih didominasi suara crecetan dan tembakan-tembakan panjang.

Burung Tepus Leher Putih merupakan burung endemik yang hanya bisa dijumpai di Pulau Jawa dan biasanya habitat burung ini berada dihutan dalam yang jauh dari pemukiman penduduk.

Jika ingin memelihara burung Tepus Leher Putih sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena suara kicauannya lebih lantang dan ada variasinya.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Tepus Leher Putih memang agak susah karena burung jantan dan burung betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang nyaris serupa.

Tapi meskipun tampak sama, sebetulnya jika di amati dengan seksama ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Tepus Leher Putih / Kopi Kalung jantan dan betina.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan burung Tepus Leher Putih jantan dan betina:

1. Bulu-bulu dibagian punggung burung Tepus Leher Putih jantan berwarna coklat pekat kemerahan, sedangkan bulu-bulu dibagian punggung burung Tepus Leher Putih betina berwarna coklat pudar.

2. Bulu-bulu dibagian atas kepala burung Tepus Leher Putih jantan berwarna hitam sampai kebagian belakang lehernya. Sedangkan pada burung betina warna hitamnya hanya sedikit di atas kepala dan agak pudar.

3. Mata burung Tepus Leher Putih jantan lebih besar dengan sorot mata yang tajam. Sedangkan mata burung Tepus Leher Putih betina lebih kecil dan sorot matanya sayu.

4. Suara tembakan burung Tepus Leher Putih jantan lebih panjang dan nyaring serta ada variasinya. Sedangkan suara tembakan burung Tepus Leher Putih betina lebih pendek tanpa variasi (monoton) dan volumenya juga kurang keras.

Itulah beberapa ciri-ciri umum yang membedakan antara burung Tepus Leher Putih jantan dan betina yang bisa dijadikan panduan saat membeli burung ini agar tidak salah pilih. Karena meskipun burung Tepus Leher Putih betina juga bisa bunyi dan bisa gacor tapi suaranya tidak sebagus yang jantan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Tepus Leher Putih jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Tepus, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-Ciri Perbedaan Burung Tepus Leher Putih Jantan dan Betina"