Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Opior Paruh Tebal jantan dan betina paling akurat

gambar burung opior paruh tebal / pleci timor jantan dan betina
Ilustrasi Burung Opior Paruh Tebal Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Opior Paruh Tebal atau sering disebut Pleci Timor merupakan burung endemik dari daerah Sumbawa (NTB) dan Flores (NTT).

Tapi meskipun dinamakan Pleci Timor, burung ini sebetulnya tidak mirip sama sekali dengan burung Pleci Kacamata dan ukuran tubuhnya juga lebih besar.

Meskipun tidak sepopuler burung Pleci Kacamata tapi sebetulnya burung Opior Paruh Tebal memiliki suara kicauan yang merdu dan cukup bervariasi.

Tapi seperti halnya burung Opior jenis lainnya, burung Opior Paruh Tebal yang rajin bunyi dan memiliki suara kicauan lantang serta bervariasi adalah yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan burung Opior Paruh Tebal betina lebih sering bunyi suara panggilan yang di ulang-ulang.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Opior Paruh Tebal (Pleci Timor) memang cukup sulit karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat mirip.

Tapi meskipun terlihat serupa, sebetulnya jika diperhatikan dengan seksama ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Opior Peruh Tebal jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu maupun suara kicauannya.


Berikut ini cara paling mudah untuk membedakan burung Opior Paruh Tebal jantan dan betina:

1. Postur tubuh

Burung Opior Paruh Tebal jantan memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan ramping, sedangkan postur tubuh burung Opior Paruh Tebal betina lebih pendek dan terlihat bulat (buntet).

2. Warna bulu

Jika diperhatikan, warna bulu burung Opior Paruh Tebal jantan terlihat lebih kontras dibanding warna bulu burung Opior Paruh Tebal betina.

3. Bulu ekor

Bulu ekor burung Opior Paruh Tebal jantan sedikit lebih panjang dan mengumpul, sedangkan bulu ekor burung Opior Paruh Tebal betina lebih pendek dan sering mekar.

4. Mata

Mata burung Opior Paruh Tebal jantan berwarna oranye dengan sorot mata yang tajam, sedangkan sorot mata burung Opior Paruh Tebal betina terlihat sayu.

5. Kepala

Kepala burung Opior Paruh Tebal jantan lebih besar dan raut mukanya tampak garang (sangar). Sedangkan kepala burung Opior Paruh Tebal betina lebih kecil denagn raut muka yang sayu.

6. Suara kicauan

Burung Opior Paruh Tebal jantan memiliki suara kicauan yang lantang, merdu dan bervariasi, sedangkan suara burung Opior Paruh Tebal betina cenderung monoton dan lebih sering bersuara panggilan saja.

7. Vent

Cara paling akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Opior Paruh Tebal, terutama burung bakalan yang belum bunyi adalah dengan melihat bentuk vent / duburnya.

Bentuk vent / dubur pada burung Opior Paruh Tebal jantan terlihat lebih menonjol keluar dan biasanya terdapat banyak bulu disekitarnya.

Sedangkan bentuk vent / dubur burung Opior Paruh Tebal betina terlihat lebih datar / rata dan tidak terdapat banyak bulu disekitarnya.

Bagian perut burung Opior Paruh Tebal jantan juga terlihat ramping, sedangkan perut burung Opior Paruh Tebal betina terlihat sedikit gemuk (bulat).
gambar vent dubur burung opior paruh tebal jantan dan betina
Vent Burung Opior Paruh Tebal Jantan & Betina

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Opior Paruh Tebal (Pleci Timor) jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Opior, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Opior Paruh Tebal jantan dan betina paling akurat"