Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Puter putih jantan dan betina paling akurat

gambar burung puter putih jantan dan betina
Burung Puter Putih Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Puter putih atau Puter albino adalah salah satu jenis burung Puter yang cukup digemari. Selain dipelihara untuk dinikmati suara anggungannya, burung ini juga bisa dijadikan burung hias karena memiliki warna bulu yang indah.

Tapi jika tujuan memelihara burung Puter putih untuk dinikmati suara anggungannya, sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin manggung dan suara anggungannya juga lebih merdu.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Puter putih atau Puter albino memang agak sulit karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat mirip.

Tapi meskipun sanngat mirip, jika diperhatikan dengan seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Puter putih jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu maupun perilakunya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Puter putih jantan dan betina:
gambar burung puter putih jantan
Burung Puter Putih Jantan
1. Postur tubuh

Burung Puter putih jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan panjang serta lebih tegap sehingga terlihat gagah. Sedangkan postur tubuh burung Puter putih betina lebih kecil dan pendek.

2. Kepala

Kepala burung Puter putih jantan lebih besar, paruhnya lebih tebal dan panjang, raut mukanya terlihat garang dan sorot matanya tajam. Sedangkan kepala burung Puter putih betina lebih kecil dan bentuknya membulat, paruhnya tipis, raut muka dan sorot matanya tampak sayu.

3. Warna bulu

Bulu-bulu dibagian leher burung Puter putih atau Puter albino jantan tampak putih bersih merata dan pada bagian punggungnya berwarna agak sedikit gelap.

Sedangkan bulu-bulu dibagian leher burung Puter putih atau Puter albino betina terdapat bulu-bulu berwarna agak gelap seperti kalung.

gambar burung puter putih betina
Burung Puter putih betina
3. Tulang supit/Supit udang

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin burung Puter putih atau Puter albino adalah dengan meraba tulang supitnya yang ada dibagian perut didekat dubur.

Caranya dengan memegang tubuh burung Puter putih lalu raba bagian tulang supitnya menggunakan jari.

Jika jarak tulang supitnya sempit dan terasa keras berarti berjenis kelamin jantan, dan jika jarak tulang supitnya lebar/renggang dan agak lunak berarti berjenis kelamin betina.

4. Bekur

Ketika burung Puter putih sudah berusia dewasa (6 bulan ke atas), maka jenis kelaminnya akan lebih mudah dibedakan karena burung Puter putih jantan yang sudah dewasa dan sudah birahi akan mbekur untuk menarik perhatian burung betina dengan suara yang keras dan berulang-ulang, sedangkan burung Puter putih betina tidak mbekur meskipun sudah dewasa.

5. Bertelur

Burung Puter putih betina yang sudah dewasa akan bertelur meskipun tanpa pejantan. Hal itu menandakan jika burung tersebut sudah memasuki usia matang produksi (siap kawin).

Tapi telur tersebut tidak mengandung benih karena tidak dibuahi oleh pejantan. Jadi, walaupun di erami tidak akan bisa menetas.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Puter putih jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Puter, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Puter putih jantan dan betina paling akurat"