Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Pelatuk Bawang jantan dan betina

gambar sepasang burung pelatuk bawang jantan dan betina
Burung Pelatuk Bawang Ombyokan
Onkicau.com – Burung Pelatuk Bawang cukup dikenal dikalangan Kicau Mania, tapi burung ini lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk melengkapi materi isian burung-burung lain.

Suara burung Pelatuk Bawang memang cocok menjadi suara isian burung-burung lomba seperti burung Murai Batu, Kacer, Cucak ijo dan burung-burung lainnya. Perawatan burung ini juga cukup mudah dan bisa cepat bunyi meskipun dipelihara dari bakalan.

Secara umum perawatan burung Pelatuk Bawang tidak jauh berbeda dengan perawatan burung-burung pemakan serangga lainnya, yang membedakkan hanya penggunaan kandang besi dan harus diberikan kayu yang cukup besar didalam kandangnya untuk dipatuki.

Burung Pelatuk Bawang merupakan spesies burung yang banyak ditemukan di Negara-Negara di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan wilayah selatan China. Dan di Indonesia, burung ini banyak dijumpai didaerah Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Di alam bebas, burung ini sering bertengger dibatang-batang pohon untuk mencari makan berupa ulat, serangga dan binatang-binatang kecil lainnya.

Perkembangbiakannya dapat terjadi sepanjang tahun. Ketika akan bertelur indukan burung Pelatuk Bawang akan melubangi batang pohon untuk bersarang.

Burung Pelatuk Bawang jantan dan betina cukup mudah untuk dibedakan karena antara burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

gambar burung pelatuk bawang jantan dan betina dewasa
Burung Pelatuk Bawang Jantan & Betina
Burung Pelatuk Bawang jantan memiliki jambul di atas kepalanya yang berwarna merah, sedangkan bulu-bulu di atas kepala burung Pelatuk Bawang betina berwarna hitam.

Jadi untuk membedakan jenis kelamin burung Pelatuk Bawang cukup dengan melihat warna bulu diatas kepalanya saja karena ciri tersebut sudah cukup akurat.

Untuk membedakan anakan burung Pelatuk Bawang jantan dan betina juga cukup dengan melihat warna bulu di atas kepalanya.

Bulu-bulu di atas kepala burung Pelatuk Bawang jantan berwarna putih dan merah, sedangkan bulu-bulu di atas kepala anakan burung Pelatuk Bawang betina berwarna hitam dan putih seperti gambar dibawah.

gambar anakan burung pelatuk bawang jantan dan betina
Anakan burung Pelatuk Bawang jantan dan betina
Pada jaman dahulu, bahkan sampai sekarang burung Pelatuk Bawang jantan sering digunakan untuk keperluan ritual atau dijadikan sebagai jimat.

Bagian-bagian tubuh burung Pelatuk Bawang dipercaya memiliki berbagai macam khasiat mistis, seperti untuk pengasihan, penglaris, tolak bala dan masih banyak lagi khasiat lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Pelatuk Bawang jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Pelatuk, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Pelatuk Bawang jantan dan betina"