Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Decu Kembang jantan dan betina

gambar burung decu kembang jantan dan betina
Burung Decu Kembang Jantan & Betina
Onkicau.com – Decu Kembang termasuk jenis burung ocehan yang cukup dikenal dikalangan penggemar burung kicauan di Indonesia.

Burung ini bertubuh kecil dan memiliki penampilan yang cukup menarik dengan warna bulu perpaduan hitam dan putih yang terlihat serasi.

Selain memiliki penampilan dan warna bulu yang menarik, burung Decu Kembang juga memiliki suara kicauan yang cukup merdu jika sudah gacor.

Perawatan burung Decu Kembang juga termasuk mudah, tidak jauh berbeda dengan perawatan burung-burung pemakan serangga lainnya.

Tapi seperti kebanyakan burung kicauan jenis lainnya, burung Decu Kembang yang rajin bunyi dan memiliki suara kicauan merdu serta bervariasi adalah yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan burung Decu Kembang betina jarang bunyi dan suara kicauannya cenderung monoton.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Decu Kembang sebetulnya sangat mudah karena antara burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok, terutama pada warna bulunya.


Berikut ini ciri-ciri yang membedakan antara burung Decu Kembang jantan dan betina:
gambar burung decu kembang jantan dan betina dewasa
Burung Decu Kembang Jantan & Betina Dewasa
Ciri-ciri burung Decu Kembang jantan dewasa:

1. Burung Decu Kembang jantan memiliki bulu-bulu berwarna hitam pekat pada bagian kepala,pipi, sayap, punggung sampai pada bagian ekornya.

2. Bulu-bulu pada bagian alis, garis sayap, leher bagian depan, dada, sampai pada bagian bawah ekornya berwarna putih bersih.

3. Postur tubuhnya lebih besar dibanding yang betina.

4. Burung Decu Kembang jantan lebih rajin bunyi dan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi.

Ciri-ciri burung Decu Kembang betina dewasa:

1. Burung Decu Kembang betina memiliki warna bulu coklat pada bagian kepala, punggung sampai pada bagian ekornya.

2. Bulu-bulu pada bagian leher depan, dada, sampai bagian bawah ekornya berwarna putih kusam keabu-abuan.

3. Postur tubuhnya lebih kecil dan pendek (bulat).

4. Burung Decu Kembang Betina jarang bunyi dan suara kicauannya monoton.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Decu Kembang dewasa cukup dengan melihat warna bulunya saja karena perbedaannya sangat mencolok, jadi tidak perlu kuatir akan salah beli.

Sedangkan untuk membedakan trotolan burung Decu Kembang jantan dan betina juga bisa dilihat dari warna bulunya.


Anakan/trotolan burung Decu Kembang jantan bisa dikenali dari bulu-bulu pada bagian sayapnya yang berwarna hitam dan terdapat sedikit strip putih. Bulu-bulu pada bagian kepala dan punggungnya berwarna coklat kehitaman.

Sedangkan anakan/trotolan burung Decu Kembang betina bisa dikenali dari bulu-bulu pada bagian kepala, sayap dan punggungnya yang berwarna coklat muda keabu-abuan seperti gambar dibawah.
gambar burung decu kembang trotolan jantan dan betina
Anakan / Trotolan Burung Decu Kembang Jantan & Betina

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Decu Kembang jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Decu, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Decu Kembang jantan dan betina"