Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan Cucak ijo saat musim hujan

gambar burung cucak ijo gembung
Burung Cucak ijo (CI)

Onkicau.com - Burung Cucak ijo (CI) perlu dijemur secara rutin setiap hari karena sinar matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan performanya.

Tapi saat musim hujan tentunya penjemuran tidak bisa dilakukan secara maksimal karena matahari tidak selalu muncul setiap hari.

Kondisi tersebut akan mempengaruhi performa burung Cucak ijo, terutama di arena lomba. Apalagi jika pada saat lomba berlangsung tiba-tiba turun hujan biasanya Cucak ijo tidak bisa tampil maksimal dan lebih banyak didis.

Oleh karena itu, pada saat musim hujan burung Cucak ijo membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya agar tetap fit.


Berikut ini tips perawatan untuk burung Cucak ijo saat musim hujan:

1. Mandi

Pada saat musim hujan sebaiknya kurangi frekuensi mandinya hanya pada saat matahari bersinar saja, dan jika hujan turun terus menerus sepanjang hari burung Cucak ijo tidak perlu dimandikan.

2. Umbar

Agar burung Cucak ijo tetap dalam kondisi prima sebaiknya lakukan pengumbaran secara rutin setiap hari.

3. Penjemuran

Ketika matahari muncul, usahakan segera menjemur burung Cucak ijo meskipun hanya sebentar untuk menghangatkan tubuhnya. Tapi jangan meninggalkan burung saat dijemur karena hujan bisa turun sewaktu-waktu.

Jika hujan mulai turun, segera masukkan ke dalam rumah dan dikerodong agar burung Cucak ijo tidak kedinginan.

4. Pemberian vitamin

Pada saat musim hujan, burung Cucak ijo perlu diberikan vitamin tambahan untuk menguatkan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit, karena pada saat musim hujan banyak penyakit musiman yang muncul.

5. Extra fooding (EF)

Pada saat musim hujan sebaiknya burung Cucak ijo diberikan jenis extra fooding (EF) yang bisa menghangatkan tubuhnya seperti ulat hongkong.

Jadi selain diberikan jangkrik, berikan juga ulat hongkong sebagai extra fooding (EF) tambahan sebanyak 5 - 10 ekor pada pagi dan sore hari.

6. Pakan

Pada saat musim hujan sebaiknya burung Cucak ijo hanya diberikan pisang kepok sebagai pakan utamanya. Jangan berikan jenis buah-buahan lain yang banyak mengandung air seperti buah pepaya.

Sebelum diberikan pada burung Cucak ijo, sebaiknya permukaan pisang kepok di olesi dulu dengan madu murni untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Madu murni mengandung anti oksidan, vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga sangat baik diberikan pada burung Cucak ijo pada saat musim hujan untuk menguatkan daya tahan tubuh dan menambah staminanya.

7. Kebersihan kandang

Pada saat musim hujan, kandang burung Cucak ijo harus dibersihkan setiap hari karena jika kotoran sampai menumpuk dapat menjadi sarang virus dan bakteri penyebab penyakit.

Tingkat kelembaban udara yang tinggi saat musim hujan akan membuat virus, bakteri dan parasit lebih cepat berkembang.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Cucak ijo saat musim hujan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan Cucak ijo saat musim hujan"