Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal jenis-jenis Kacer Sumatera dan kualitasnya

gambar kacer sumatra
Ilustrasi Kacer Sumatera

Onkicau.com - Burung Kacer dari Sumatra dikenal memiliki suara kicauan yang melengking tajam dan keras serta banyak variasi. Selain itu, Kacer Sumatera juga terkenal memiliki mental fighter yang tangguh.

Meskipun rata-rata ukuran tubuh Kacer Sumatra lebih kecil dibanding Kacer Jawa dan Kacer Kalimantan, tapi mentalnya sangat tangguh. Habitat Kacer Sumatra tersebar mulai dari wilayah Aceh, Medan sampai Lampung.


Berikut ini beberapa jenis Kacer Sumatera menurut daerah asalnya:

1. Kacer Medan

Bentuk fisik burung Kacer Medan sama seperti burung Kacer pada umumnya, yaitu memiliki warna bulu dominan hitam pada bagian kepala, leher, dan punggunganya. Sedangkan pada bagian dada, perut, sampai bulu dibawah ekor berwarna putih, dan pada bagian sayap terdapat garis / strip berwarna putih lebar.

Suara kicauan Kacer Medan cukup bervariasi dengan volumenya keras melengking disertai gaya tarung ngotot dan agresif ketika bertemu lawan. Habitat Kacer Medan tersebar di hampir seluruh wilayah Sumatra Utara.

2. Kacer Aceh

Kacer Aceh memiliki bentuk tubuh dan karakter yang sama dengan Kacer Medan. Ada kemungkinan jika Kacer Aceh dan Kacer Medan adalah jenis burung Kacer yang sama dan saling bermigrasi antar dua wilayah tersebut.

3. Kacer Simalur

Habitat burung Kacer Simalur tersebar di wilayah pesisir barat provinsi Aceh, tepatnya di pulau Simalur.

4. Kacer Nias

Habitat Kacer Nias terdapat di pulau Nias dan Mentawai. Kualitas suara kicauannya juga termasuk bagus dan tidak kalah dengan burung Kacer dari daerah lain.


5. Kacer Mentawai

gambar burung kacer mentawai
Perbandingan postur tubuh Kacer Mentawai dan Kacer dari daerah lain

Habitat Kacer Mentawai terdapat daerah Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut dan Pulau Sipora. Kacer Mentawai memiliki penampilan yang agak berbeda dengan burung Kacer dari daerah lain kerena ukuran tubuhnya hampir dua kali lebih besar dari ukuran tubuh burung Kacer pada umumnya.

6. Kacer Padang - Jambi - Palembang

Burung Kacer yang berasal dari daerah Padang, Jambi dan Palembang merupakan jenis burung Kacer yang sama, karena letak wilayahnya yang berdekatan sehingga memungkinkan burung-burung dari daerah tersebut termasuk burung Kacer saling berpindah habitat.

Bentuk tubuh dan karakter Kacer Jambi, Kacer Palembang dan Kacer Padang tidak jauh berbeda, begitu juga dengan kualitas suara kicauannya.

7. Kacer Riau

Habitat Kacer Riau terdapat didaerah provinsi Riau. Bentuk fisik dan karakternya sama dengan burung Kacer dari Bangka Belitung.

8. Kacer Bangka Belitung

Habitat asalnya terdapat di Pulau Bangka, Pulau Belitung, bahkan sampai disepanjang pesisir pantai Timur Pulau Sumatra.

Penampilan fisik Kacer Bangka Belitung hampir sama dengan burung Kacer dari daerah lain, tapi bulu-bulunya kurang mengkilap dan mentalnya tidak setangguh Kacer Medan dan Kacer Aceh.

9. Kacer Bengkulu

Burung Kacer dari wilayah Bengkulu sangat mirip dengan Kacer Lampung, baik bentuk fisik maupun karakternya hampir tidak berbeda.

10. Kacer Lampung

Habitatnya tersebar di wilayah Lampung sampai dekat perbatasan Bengkulu - Sumatra Selatan, bahkan sampai ke wilayah Krakatau.

Kacer Lampung dan Kacer Bengkulu kenungkinan merupakan jenis burung Kacer yang sama kemudian saling bermigrasi di antara kedua wilayah tersebut.

Selain jenis-jenis burung Kacer di atas, di wilayah Sumatra ada banyak burung Kacer yang dinamakan berdasarkan nama daerah asalnya, seperti Kacer Pasaman, Kacer Bengkalis dan masih banyak lagi nama-nama lokal dari wilayah Sumatera.

Tapi sebenarnya Kacer-Kacer tersebut merupakan bagian dari salah satu jenis-jenis burung Kacer yang sudah disebutkan di atas.

Pada dasarnya rata-rata burung Kacer dari daerah Sumatera memiliki penampilan fisik yang hampir sama, yaitu memiliki warna bulu hitam-putih tapi masing-masing memiliki karakter dan kemampuan berkicau yang berbeda-beda.


Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis burung Kacer asal Sumatera yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal jenis-jenis Kacer Sumatera dan kualitasnya"