Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat dan manfaat pupus daun pisang untuk ayam aduan

gambar ayam bangkok dan pupus daun pisang
Ilustrasi
Onkicau.com – Ada banyak cara yang sering dilakukan oleh para penggemar ayam aduan untuk meningkatkan performa ayam peliharaannya, mulai dari latihan fisik, latihan mental, pemberian pakan tertentu sampai pemberian suplemen atau jamu untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk meningkatkan stamina ayam aduan.

salah satunya yaitu dengan memberikan pupus daun pisang karena dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk ayam aduan. Bagi masyarakat pedesaan tentunya sudah sering melihat ayam kampung yang memakan daun pisang.

Ketika ada pohon pisang yang roboh pasti banyak ayam kampung yang akan memakan daunnya terutama pupus daunnya. Ayam kampung juga sering memakan pupus daun pohon pisang yang masih kecil jika tidak diberi pelindung.

Pupus daun pisang sudah lama dimanfaatkan oleh para pemain ayam aduan sebagai pakan tambahan, terutama saat ayam akan bertanding karena pupus daun pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ayam, seperti untuk menjaga daya tahan tubuh, menambah stamina dan melancarkan proses pencernaan.


Dari pengalaman para pemain ayam aduan yang sudah menggunakan pupus daun pisang sebagai pakan tambahan ternyata banyak sudah membuktikan manfaat pupus daun pisang untuk ayam aduannya.

Jika kita perhatikan saat di arena pertandingan sabung ayam seringkali ada pemilik ayam aduan yang memberikan irisan pupus daun pisang pada ayam andalannya ketika sedang istirahat dari pertandingan.

Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, karena menurut para botoh ayam aduan ternyata pupus daun pisang berkhasiat untuk menambah stamina ayam aduan, sehingga ayam yang diberi pakan pupus daun pisang bisa bertanding sampai beberapa ronde tanpa kendor. Selain itu, pukulannya juga menjadi lebih bertenaga.

Tapi banyak juga para pemain ayam aduan yang menganggap hal itu hanyalan mitos belaka, meskipun pada kenyataannya sudah banyak para botoh yang membuktikan khasiatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemberian pupus daun pisang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam, karena jika berlebihan juga efeknya tidak bagus. Pupus daun pisang bisa diberikan pada ayam aduan 2 kali dalam periode 5 pertandingan.


Waktu yang paling baik untuk memberikan pupus daun pisang pada ayam aduan yaitu pada saat jeda pertama dan jeda ketiga dalam 5 ronde pertarungan sabung ayam.

Berikan maksimal 2 potongan pupus daun pisang pada saat jeda tarung tersebut karena khasiatnya akan sangat cepat untuk memulihkan dan meningkatkan tenaga ayam aduan. Dengan begitu maka stamina ayam aduan akan tetap prima dan pukulan-pukulannya menjadi lebih bertenaga.

Cara pemberiannya:

- Siapkan pupus gedang / pucuk daun pisang yang masih muda dan masih segar kemudian sedikit dilumatkan terlebih dulu agar lebih mudah dicerna.

- Setelah itu lolohkan pupus daun pisang tersebut pada ayam aduan sebagai doping alami untuk meningkatkan stamina ayam aduan.

Meskipun cara ini sangat sederhana dan tanpa modal tapi hasilnya cukup memuaskan karena akan membuat ayam aduan menjadi lebih bertenaga dan nafasnya lebih panjang, bahkan mampu bertanding sampai 5 ronde tanpa kendor.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan manfaat pupus daun pisang untuk ayam laga serta cara pemberiannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ayam aduan dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan manfaat pupus daun pisang untuk ayam aduan"