Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamu Tradisional Untuk Menjernihkan Suara Perkutut

gambar burung perkutut lokal
Burung Perkutut Lokal
Onkicau.com - Tipe suara burung Perkutut memang berbeda-beda, meskipun terdengar hampir sama tapi sebetulnya hampir tidak ada burung Perkutut yang suaranya benar-benar sama dengan burung Perkutut yang lain.

Jika di amati, ada burung Perkutut yang volume suaranya besar dan ada juga yang kecil, ada yang iramanya merdu dan ada juga yang cempreng, ada yang temponya senggang dan ada juga yang temponya cepat.

Meskipun tipe suara burung Perkutut tidak bisa dirubah, tapi kita bisa memaksimalkan kualitas suaranya dengan memberikan perawatan yang tepat.

Dengan perawatan tertentu suara burung Perkutut juga bisa menjadi lebih jernih / bening, salah satunya dengan diberikan jamu tradisional yang bisa diracik sendiri dengan bahan-bahan herbal.

Jamu tradisional untuk menjernihkan suara burung Perkutut bisa dibuat dari daun saga dan terasi. Daun saga sering digunakan sebagai obat sariawan untuk Manusia dan bisa juga digunakan untuk mengobati serak pada tenggorokan, batuk serta amandel.

gambar daun saga
Daun Saga
Daun saga yang masih muda juga dapat digunakan untuk menjernihkan suara burung Perkutut. Cara membuatnya yaitu dengan memulir-mulir daun saga muda yang masih segar sampai lumat dan keluar airnya, kemudian dibentuk menjadi butiran-butiran kecil sebesar biji kacang hijau.

Berikan butiran-butiran daun saga tersebut pada burung Perkutut sebanyak 5 butir untuk sekali pemberian dengan cara dilolohkan langsung kedalam paruhnya. Atau bisa juga yang diberikan adalah air perasannya dengan cara diteteskan kedalam paruh burung Perkutut sebanyak 5 tetes.

Selain diberikan jamu dari daun saga untuk menjernihkan suaranya, burung Perkutut juga perlu diberikan jamu yang terbuat dari terasi agar rajin manggung.

Setelah selama tiga hari berturut-turut diberikan jamu daun saga, pada hari keempat berikan terasi pada burung Perkutut dengan cara dibuat menjadi butiran-butiran kecil sebesar biji kacang hijau kemudian dilolohkan ke dalam paruh burung Perkutut sebanyak 3 butir untuk satu kali pemberian.

gambar terasi udang
Terasi Udang
Berikan jamu daun saga dan terasi secara rutin seminggu sekali sampai burung Perkutut rajin manggung / gacor dengan suara yang jernih / bening.


Demikian sedikit informasi tentang cara membuat jamu tradisional untuk menjernihkan suara burung Perkutut yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Jamu Tradisional Untuk Menjernihkan Suara Perkutut"

  1. Trimakasih tip nya akan saya coba untuk piaraan perkutut saya

    ReplyDelete