Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Derkuku Kelantan Dibanding Derkuku Lokal

gambar burung derkuku / tekukur kelantan
Burung Derkuku Kelantan
Onkicau.com – Burung Derkuku / Tekukur merupakan salah satu jenis burung anggungan yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung anggungan di Indonesia karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu.

Bagi para penggemarnya, mendengarkan suara anggungan burung Derkuku dapat membuat suasana hati menjadi tentram dan damai (adem ayem).

Selain itu, perawatan burung Derkuku / Tekukur juga sangat mudah karena burung ini tidak memerlukan perlakuan khusus yang merepotkan.

Para penggemar burung Derkuku biasanya lebih menyukai burung Derkuku / Tekukur yang memiliki suara anggungan merdu dengan volume yang besar.


Tapi sayangnya saat ini sangat jarang ada burung Derkuku / Tekukur lokal yang suaranya besar sehingga banyak para penggemar burung Derkuku yang lebih memilih untuk memelihara Derkuku Kelantan.

Hal itu tentunya menjadi peluang yang bagus bagi para pedagang dan peternak burung untuk menjual atau menangkarkan burung Derkuku asal Malaysia (Derkuku Kelantan) karena peminatnya semakin banyak dan harga jualnya lebih tinggi.

Derkuku Kelantan dikenal memiliki kelebihan pada suara anggungannya yang besar dan merdu serta menggema (memantul) sehingga banyak penggemar burung Derkuku yang lebih memilih untuk memelihara Derkuku Kelantan meskipun harganya jauh lebih mahal dibanding Derkuku lokal.

Seperti halnya Derkuku lokal, suara anggungan Derkuku Kelantan juga ada yang kuk 1, kuk 2 (Tumpang Sari) dan kuk 3 (Kuklu). Untuk Derkuku Kelantan kuk 2 dan kuk 3 harganya juga lebih mahal dibanding yang kuk 1.


Untuk membedakan Derkuku Kelantan dengan Derkuku lokal memang cukup sulit terutama bagi pemula karena keduanya memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang hampir sama. Tapi jika diperhatikan sebetulnya ada sedikit perbedaan pada postur tubuh dan warna bulunya.

Postur tubuh burung Derkuku / Tekukur Kelantan sedikit lebih besar dibanding burung Derkuku / Tekukur lokal. Selain itu, warna bulu Derkuku Kelantan sedikit lebih cerah. Tapi perbedaan yang paling mencolok dan mudah dikenali adalah pada suara anggungannya.

Jadi jika berniat membeli Derkuku / Tekukur Kelantan sebaiknya pilihlah yang sudah bunyi untuk memastikan bahwa burung tersebut adalah Derkuku Kelantan asli.

Agar lebih aman sebaiknya belilah pada penjual atau peternak yang terpercaya agar tidak salah beli karena harga Derkuku Kelantan lebih mahal dari Derkuku lokal.

Sedangkan untuk perawatannya tidak jauh beda dengan Derkuku lokal dari mulai mandi, penjemuran sampai pemberian pakan karena keduanya dari jenis burung yang sama dan jenis makanannya juga sama.


Demikian sedikit informasi tentang perbedaan Derkuku Kelantan dan Derkuku Lokal serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Derkuku dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Derkuku Kelantan Dibanding Derkuku Lokal"