Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Burung Puter Pelung Dibanding Burung Puter Lokal

gambar burung puter pelung
Burung Puter Pelung
Onkicau.com – Burung Puter merupakan salah satu jenis burung anggungan yang cukup populer dan banyak dipelihara oleh pera penggemar burung anggungan.

Seperti halnya burung Perkutut dan burung Derkuku, burung Puter sudah menjadi klangenan masyarakat Indonesia sejak jaman dulu karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu.

Belakangan ini para penggemar burung Puter mulai banyak yang memelihara Puter Pelung karena suara anggungannya lebih merdu dan mengalun (melung) serta lebih berirama.

Berbeda dengan suara anggungan burung Puter Lokal yang temponya agak cepat, suara anggungan burung Puter Pelung lebih senggang dan mengalun sehingga terdengar seperti suara orang menangis.

Selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Puter Pelung juga mudah dipelihara karena burung ini tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan.

Burung Puter Pelung memiliki karakter yang mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga bisa cepat gacor, apalagi jika dirawat dengan baik dan benar.


Ada beberapa tipe suara anggungan burung Puter Pelung, antara lain:

1. Slendro: Suara anggungan burung Puter Pelung yang mengalun bergelombang (ngombak).

2. Sendaren: Suara burung Puter Pelung yang iramanya panjang dan datar (tidak ngombak) dan kurang bertekanan.

3. Ngelik: Suara anggungan burung Puter Pelung yang kecil tapi melengking dan bertekanan dari nada rendah ke nada tinggi lalu kembali ke nada rendah lagi atau sebaliknya.

4. Guguk: Suara anggungan burung Puter Pelung yang terdengar seperti terputus.

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, antara burung Puter Pelung dan Puter Lokal hampir tidak ada perbedaan, baik warna bulunya maupun bentuk fisiknya. Perbedaan paling mencolok dari burung Puter Pelung dan Puter Lokal adalah pada suara anggungannya.


Suara anggungan burung Puter Pelung lebih merdu dan mengalun panjang (melung) serta lebih berirama sehingga terdengar seperti suara orang menangis. Sedangkan suara anggungan burung Puter Lokal cenderung lebih kecil dan temponya agak cepat.

Itulah kelebihan burung Puter Pelung dibanding burung Puter Lokal, tapi semua tergantung selera masing-masing karena ada yang suka dengan tipe suara Puter Pelung dan ada juga yang lebih suka dengan tipe suara Puter Lokal.

Jika ingin memelihara burung Puter Pelung sebaiknya pilihlah yang sudah bunyi agar bisa mengetahui keaslian dan kualitas suaranya.

Tapi jika berniat membeli anakan Puter Pelung sebaiknya belilah pada penjual atau peternak yang terpercaya agar tidak salah beli karena harga burung Puter Pelung lebih mahal dari burung Puter Lokal.

Selain itu, jika membeli burung Puter Pelung pada peternak tentunya bisa mengetahui silsilah indukannya untuk mengetahui kualitasnya, karena biasanya anakan Puter Pelung akan mewarisi kualitas suara indukannya.


Demikian sedikit informasi tentang kelebihan dan perbedaan burung Puter Pelung dibanding burung Puter Lokal yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Puter dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Burung Puter Pelung Dibanding Burung Puter Lokal"